episode 1

8 3 0
                                    

...5 tahun kemudian...

[JEFFREY'S POV]

"satu kalimat : hidup gue terlalu banyak kode."

Setiap gue ke sekolah, gue selalu dibully sama temen-temen mau itu temen sekelas kek, juga sama. Mereka selalu menertawakan gue jika gue melakukan suatu aktivitas yang mereka lakukan juga, contohnya baca buku, main game, dan lain sebagainya. Mungkin pas pertama-tamanya, gue dipuji sama temen-temen terutama cewek2, "ih dia ganteng banget" apalah segala macem, ya gue juga ngaku sih tapi diluar itu semua, mereka malah ngerendahin gue layaknya gue orang miskin.

Selama gue sekolah, gue ga pernah ngerasain punya teman tuh kayak gimana. Rasanya ditemenin pas makan tuh gimana sih? apa segala macem..

Pernah suatu hari, gue dilempar makanan sama kakak kelas di kantin B. Mereka melemparkan makanan ke gue karena mereka ga suka sama makanan yang mereka beli dan mereka juga menganggap gue tuh sampah. ya cocoklah. habis disitu gue ditertawain, dibully lagi, dll. Gue mau ngelawan mereka, nantangin mereka juga mau, tapi ada satu kalimat yang ga bisa gue lupain.

"lo anak yatim piatu, mana orangtua lo?"

rasanya gimana sih dikatain anak yatim? sakit. Sakit banget walaupun gue selalu ketemu dengan julukan seperti itu tapi tetap aja, ga akan bisa diobati. Banyak orang yang tidak bisa merasakan apa yang gue rasain saat itu. Mereka belum pernah rasain betapa sakitnya ditinggal orangtua, *klo ditinggal pacar sih gapapa* tapi kalau ortu kan beda cerita. 

Dari situlah, gue angkat kaki dari tempat gue tinggal sejak kecil yaitu tempat yatim piatu. Gue merasa harga diri gue turun dibuat sama temen-temen lainnya, gue direndahin, gue dicuekin dan ga dianggap murid di sekolah itu. 

"nah, sekarang lo tinggal dimana?"

Gw tinggal di kost-kostan yang jaraknya lumayan jauh dari sekolah. Biaya kost-kostannya juga lumayan murah dan syukurnya masih ada sisa uang untuk gue makan. Uang? ya betul. Uang itu gue dapatkan dari hasil jerih payah gue sendiri tanpa bantuan orang. Pada saat gue SD, gue dapat beasiswa full yang dulu kalau dapat beasiswa dikasih 10 juta rupiah, ditambah lagi gue ikut olimpiade-olimpiade lainnya, dan juga kerja magang. Gue udah kenal dunia kerja pada saat gue masuk SMP kelas 1. Pada saat itu, gue lagi cari lowongan kerja yang memang bisa nerima gue di umur yang sangat terbilang muda itu dan syukurnya gue dapet. Disitu, terdapat toko yang sedang berjualan kue dan tertulis butuh tenaga kerja. Banyak orang yang berlalu-lalang didepan toko tersebut tetapi tak satupun yang mau. Jadi, gue menawarkan diri untuk kerja bersama Om Ed (pemilik toko kue). Awalnya dia menolak karena masalah usia, tapi setelah gue yakini dia terus, akhirnya dia terima gue. Dulu, gue hanya bantu-bantuin dia yang berkaitan dengan masalah dagang, promosi kue tetapi karena terkadang gue suka bergadang dan lelah dan yang pasti pernah tidur dsitu, mungkin Om Ed melihat kerajinan gue jadi dia mengangkat gue jadi asisten private dia. Gue senang dan bersyukur karena masih ada yang sayang sama gue. 

"selama lu melakukan aktivitas sehari-hari lu, pernah ngalamin hal-hal yang aneh tidak?"

Aneh? tentu. Pada saat gue bantuin promosi dagangan kue Om Ed di depan toko, terdapat cowo yang usianya kisaran 30 tahun-nan. Selama gue kerja di toko Om Ed, dia selalu melihat gue dengan tatapan nya yang dalam apalagi pas Om Ed memanggil gue "Jeffrey", cowo muda tersebut rasanya seperti ada yang mau disampaikan sama gue tapi merasa terhalang gitu. Cowo muda tersebut juga selalu tersenyum sama gue walaupun gue ga kenal sama dia tapi entah kenapa setiap ia lewat ataupun melalukan interaksi bersama, gue merasakan kebahagiaan yang selama ini ga pernah gue rasain sebelumnya. Tapi, pada saat itu sedang zaman-zamannya modus jadi gue berusaha untuk tidak tergoda dengan hal yang konyol seperti itu.

hello, mTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang