Bedah Buku
"Inside the Cage"
Karya IchiHikaru●●●
• [ Rangkuman singkat ] •
Novel ini bercerita tentang seorang siswa SMA cerdas bernama Kaito Ishida. Sayangnya, dia adalah seorang otaku yang malas melakukan hal menantang, dan lebih memilih menekuni hobinya.
Suatu hari, salah seorang temannya yang bernama Ichiro mengajak Kaito untuk menyelidiki rumor tentang sebuah jalan dijuluki sebagai "Akai Michi" (Jalan Merah).
Kaito terpaksa menerima ajakan tersebut lantaran ingin melindungi Honoka, seorang gadis penggemar cerita misteri yang memutuskan untuk melakukan investigasi bersama Ichiro.
• [ Kelebihan ] •
Cerita ini memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya penulisan yang rapi dan sesuai dengan kaidah PUEBI. Cara penulis menggabungkan unsur thriller dengan tema urban legend Jepang sangat menarik sehingga membuat pembaca merasakan ketegangan dari sejak bab pertama. Di samping itu, terdapat kamus kecil di bagian author note yang sangat membantu pembaca dalam memahami makna beberapa kata.
• [ Kekurangan ] •
Layaknya setiap karya yang tidak sempurna, cerita “Inside the Cage” ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bagian awal cerita yang merupakan flashback terkesan terlalu lambat dan membuat pembaca bosan. Di beberapa tempat, terdapat beberapa kesalahan penulisan seperti kata "lagipula" yang seharusnya ditulis "lagi pula." Selain itu, judul chapter yang menggunakan bahasa Jepang juga membuat pembaca kebingungan.
• [ Kesimpulan dan Saran ] •Cerita ini sudah cukup bagus. Namun, alangkah baiknya jika kekurangan yang kami sebutkan di atas diperbaiki dan disempurnakan sehingga lebih layak dibaca. Beberapa saran kami kepada penulis di antaranya:
1. Menceritakan kilas balik dengan lebih ringkas, hanya yang merupakan inti dari peristiwa tersebut. Sehingga, konflik utama dapat segera dimulai agar pembaca tidak merasa bosan dengan bagian pembuka yang bertele-tele.
2. Melakukan sedikit revisi untuk memperbaiki kata-kata yang masih salah dan tidak sesuai dengan KBBI.
3. Mengganti judul bab dengan angka agar lebih mudah dimengerti pembaca.
Salam Manis,
Tim Thrillero●●●
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
DiversosKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...