2

1.7K 146 1
                                    

2

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

2. Si Overthinking

Hari ini jadwalnya ulangan lisan kimia, satu-satu murid di panggil kedepan untuk mengerjakan atau menjelaskan suatu soal. Yeri yang sibuk membaca ulang buku panduan kimia yang telah lusuh, ia memaksimalkan apabila masalah pelajaran, dan nilainya pun tidak pernah mengecewakan. 

Namun, ia selalu overthinking bahwa dia tidak bisa. Padahal Yeri tuh gak bego bego banget, malah dia rajin.

"Mark gue gak bisa, ini susah banget" Ujar Yeri

Mark yang dari tadi asik diam-diam bermain game melirik Yeri seraya tersenyum. "Lo udah pinter, gausah belajar!"

"PINTER MATAMUUUU!!!"

Mark terkekeh.

"Tapi gue takut remedial, trus ayah gue kecewa gimana?" 

"Lo emang pernah remed?" Tanya Mark yang barusan meletakkan ponselnya diatas meja.

Yeri menggeleng. "Elo mah enak, udah selesai tadi, jadi plong. Lah gue masih deg degan anjirr!"

"Udahlah lo pasti bisa, ulangan lisan kan udah pernah. Dan elo udah ngelewati semua itu dengan baik-baik aja kan?"

"Tapi gue takut Mark, nih tangan gue dingin,"

Mark langsung menggenggam erat tangan sahabatnya ini. Lalu mengelus punggung tangan Yeri. Mark paling bisa menenangkan sahabatnya ini.

Jelas saja Yeri takut, karena ia sudah berhasil memasuki kelas unggulan ini yang isinya anak ambis semua. Jika nilainya turun, maka dia harus dipindah kelas lagi, dan membuat Yeri susah beradaptasi dengan teman yang lainnya. 

Mark sudah biasa bersaing dengan para kaum ambis, karena memang dia bisa dibilang sangat pandai. Tanpa belajar pun ia tetap ada di kelas ini. Tidak untuk Yeri, ia harus mati-matian belajar agar bisa menyeimbangi teman-teman lainnya di kelas ini. 

"Kim-Yerim" Panggil Bu Yoona, selaku guru kimia.

Yeri memandang Mark. "Lo pasti bisa, semangat!!" Ucap Mark

Yeri berjalan menuju meja guru.

"Sudah siap? ibu bacakan soalnya" Ucap Bu Yoona.

"Senyawa organik dengan rumus molekul C5H12O jika dioksidasi akan menghasilkan senyawa dengan gugus keton. Senyawa tersebut adalah.... opsi
a. 3-metil-2-butanol,
b. 2-metil-2-butanol, 
c. 3-metil-3-butanol, 
d. 3-etil-1-propanol, dan 
e. 3-pentanol. Silahkan dijawab" Bu Yoona menyebutkan pertanyaannya.

"Dikasi 3 menit buat mikir yaa"

Yeri mengangguk, dan mulai mengingat apa yang tadi dipelajari. Ia menarik napas mulai merangkai kata-kata untuk menjawab.

"Saya jawab sekarang ya bu"

"Senyawa yang memiliki rumus molekul C5H12O, yaitu alkanol(alkohol) dan alkoksialkana(eter). Antara keduanya yang dapat mengalami oksidasi adalah alkanol/alkohol. alkanol primer bila dioksidasi akan menghasilkan senyawa aldehid dan jika dioksidasi lagi akan menghasilkan asam karboksilat sedangkan alkanol sekunder bila dioksidasi akan menghasilkan senyawa keton. Pada opsi di atas, senyawa alkohol yang dapat dengan mungkin berubah menjadi senyawa keton adalah pilihan A"

"Terimakasih bu!! Jawaban saya bener?"

"Bagus Yeri, pertahankan ya. Kamu silahkan duduk!"

Yeri berjalan menuju kursinya, memasang senyum senang untuk Mark.

"Gue bilang apa lo pasti bisa Yer!" Ucap Mark

"Hehe iyaa Mark!"

Itulah Yeri yang selalu overthinking yang menganggap bahwa dirinya tidak bisa. Untung selalu ada Mark yang senantiasa memberikan suportnya.









FRIENDZONE || Markri ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang