2. Selamat Tinggal dan Selamat Datang

1.4K 152 18
                                    

Jokowi POV

Aku hanya melihat Indonesia berjalan tepat di depanku. Ini hari dimana dia akan meninggalkan kami, tapi bukan untuk selamanya. Eh...perasaan apa ini, kok canggung ya? Walaupun aku udah jadi presiden selama 1 periode lebih tapi aku belum terlalu terbiasa dengannya.

"Jokowi..."

Aku sedikit terkejut karena ia memanggil namaku. Iriana yang ada disebelahku sedikit mendorong tubuhku, yang bisa kuartikan 'dekati Indonesia'. Aku hanya mengikuti alurnya saja. Aku mendekatinya, seketika tatapan dingin terlihat di matanya. Eh...aku tidak terbiasa dengan itu.

"In-In-do..."

Mukaku seketika memerah saat dia mengelus-elus kepalaku.

"Rasanya masih canggung ya? Maafkan aku. Aku sebenarnya ingin merasakan ketenangan akhir-akhir ini, ga tau kenapa," ucap orang yang bisa dibilang lebih tua dariku, sesuai umurnya. Ya....walaupun sifatnya kekanak-kanakan sih.

"Iy-iya, aku juga minta maaf-"

Dia langsung memotongnya dengan menempelkan telunjuknya di mulutku. Aku hanya menuruti perintahnya dan mulai berjalan lagi di belakangnya.

•••

Aku sekarang ada di depan pesawat pribadi milik Indonesia. Dia menatap kami bergantian, lalu tersenyum.

"Jaga rumah ya. Selamat tinggal."

Aku berdua mengangguk. Ia mulai berlari ke arah pesawat. Semua kru pesawat memberi hormat kepada kami yang kami balas dengan anggukan.

"Hoi, bro! Jangan bikin masalah ya!" Suara orang yang mengucapkan salam perpisahan tadi masuk ke telingaku, yang membuatku sedikit mendongak ke arah pintu masuk pesawat.

"Indo..."

Ya...tentu saja dia tidak akan pernah berubah. Indonesia adalah Indonesia, tanah airku tercinta.

"Iya!"

"Hahaha..."

Aku mendengar suaranya tertawa, sebelum ia masuk pesawat dan lepas landas.

"Sebentar lagi..." gumam Iriana, tapi terdengar olehku.

Suara mesin pesawat mulai terdengar ditelingaku. Indonesia pun melambai kepada kami berdua lewat jendela pesawat dan kami membalasnya.

Setelah itu pesawat pun lepas landas dan terbang tinggi di angkasa. Aku hanya menahan isak tangis sambil melambai-lambai kepada pesawat itu dengan Iriana.

Pesawat itu semakin pudar dipandanganku sampai benar-benar menghilang.

"Indonesia...aku akan merindukanmu"

Jokowi POV end

United States of America
•> 12.00


Pesawat Indonesia mulai mendarat di America dan ia juga disambut secara langsung oleh America sendiri saat keluar pesawat.

"Hi, sup bro," sapa America sambil melambaikan tangannya.

"Hai! sudah lama tidak bertemu," balas Indonesia sambil berlari mendekati America.

Please, Help me...|| Countryhumans Netherlands x Indonesia [Hiatus]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang