Merubah sudut pandang
Masyarakat berusaha memprogram kita..
Memprogram kita sehingga kamu merasa buruk..masyarakat termasuk keluarga,teman dekat,media,radio.
semua 90% masyarakat dan orang di sekitar kamu berusaha memprogram kamu supaya kamu merasa hidup itu berat dan buruk,stres..semua memprogram kita seperti itu..Kalo kita semua melihat berita di tv..yang kita lihat itu berita yang buruk²..gk ad yg baik..jarang skali..selalu kesusahan yang di liatin gitu..kenapa gk liatin yang happy² aja..hampir setiap hari di liatin yang buruk² terus..
Semua itu memprogram kamu untuk melihat sesuatu itu buruk semua..
Tapi kamu selalu punya pilihan untuk merubah cara pandang kamu menjadi berbeda dan lebih bagus..sesuai keinginan kamu..karna kalo kamu lihat..hidup itu gak absolute..makna hidup itu sendiri tergantung interpretasi bukan absolute..jadi kalo di bilang..hidup itu gk ad maknanya..kamu yang kasih maknanya..Contoh masyarakat bilang :
"Jomblo gk baik"
Sebenarnya jomblo biasa aja sih..masih ada kok orang yg happy² aja biar gk punya pasangan..
Kan bahagia gk mesti ada cowo/cewe juga kan
Tapi karna masyarakat memprogram kamu bilang jomblo gak baik..jadi pada saat kamu jomblo..kamu ngerasa kayak stres,malu,gk bahagia..padahal itu cuma hayalan/fantasi yang di masukin ke kepala kita..
"Kalo kamu gk nikah muda kamu gk bahagia"
Hal² kayak gitu yang bikin kamu jadi bukan diri kamu..kamu pasti pernah punya sesuatu yang kamu rasa bener pada diri kamu..kamu tau ini bener dan itu adalah sesuatu yang bikin diri kamu seutuhnya tapi..gak sinkron sama yg orang² bilang..jadi kamu pendam..
Pendam yang kamu rasa benar..yang sepenuhnya dari kamu itu kamu pendam untuk ikutin kemauan masyarakat dan itu paling menyiksaItu bisa di sebut dengan.."terpenjara dalam ideologi masyarakat"..
Kamu gak bisa jadi diri kamu sendiri..justru kamu jadi orang lain..untuk membuat senang masyarakat yang masyarakat itu sendiri gak bisa senang²..kamu bikin masyarakat sensng pun..masyarakat gak bisa senang..tapi kamu berusaha bikin semua masyarakat senang.."berjuang"..nah itu BODOH..jadi yang harus kamu lakukan itu jadi diri kamu sendiri gitu..karna kalo kamu jadi diri kamu sendiri kamu itu bahagia..
Nah jadi diri sendiri bukan berarti kamu jadi anarkis,menentang yang semua orang bilang,trus bilang kayak "ah kamu salah gw bener" gk kayak gitu..itu egois itu arogan..
Menjadi diri sendiri adalah..kamu melakukan apa yang kamu rasa itu benar tapi tidak merugikan orang lain..
Yah kalo kamu misalnya mikir "oh aku suka bunuh orang" trus kamu bunuh orang..nah itu salah..kenapa?..yh karena kamu merugikan orang lain.."Beda"Kalo kamu mau jadi diri sendiri dan tidak merugikan orang lain.. misalnya orang bilang kamu harus cari cowo/cewe..trus kamu bahagia gk punya cowo/cewe..kalo kamu milih untuk tetap single..kamu kan gk salah
Gk rugiin orang lain..jadi yh "so what?" gitu..yh gpp..terserah org mau bilang apa..beda dengan egoisKalo egois kamu merugikan orang lain dan kamu pikir itu benar dan suka² kamu nah itu baru egois..
Nah trus satu lagi..ini penting luar biasa..
kita kan di program yh..sama masyarakat..sebenarnya kita tuh udah di program dari kecil..gak semua program jahat ada juga yang..cocok sama kita gitu..
Tapi rata² sih enggk..
Kita tuh udah di program dari kecil..dari SD,SMP,SMA,Kuliah kita tuh udah di program.
Dan ada satu momen pencerahan dimana kamu ingin breakout..lepasin semua program..dan pada saat kamu udah lepas dari program..kamu bebas..bebas untuk membuat pilihan yang terbaik buat diri kamu tanpa harus terpenjara dalam program yang di bawa dari kecilTapi.. pada saat kita mau lepas dari program..
Program itu sendiri yang ada dalam pikiran kita..itu udah jadi "makhluk hidup" sendiri..
Jadi dia itu hidup..program itu hidup gitu..
Jadi kita ini atau dalam kepala kita ini..ada makhluk hidup namanya program..
Dia bisa ngomong..bisa mikir..
Jadi kalo kamu sering dialog sama diri kamu..kamu dialog sama siapa kalo kamu cuma diri kamu sendiri gak ada siapa²..
Kamu gak bisa dialog..tapi ad sesuatu di dalam diri kamu sehingga kamu bisa dialog..karena dalam diri kamu ada makhluk hidup namanya program..nah program ini sebegitu hidupnya..dia bisa punya pikiran sendiri ..dia pun pintar luar biasa,dia bisa menggunakan segala macam yang ada dalam diri kamu.Nah.. pada saat diri kamu diprogram dan ada satu titik pencerahan..kayak wahh..kamu sadar gitu..ternyata saya di program..harus break free dari program gitu..nah pada saat kamu bilang gitu..si program gk bakal tinggal diam..dia langsung menggunakan berbagai macam cara atau trik untuk buat kamu tetap dalam program..nah triknya apa??
Triknya adalah dia akan menggunakan logika dan emosi yang kamu punya..contohnya gini..kamu bakal break free dari program...trus dia bilang.."yakin??..ntar gini loh gitu loh bakal jadi gini loh"..dia bakal kasi berbagai macam alasan untuk kamu tidak lari dari program..itu logika,dia bakal kasih kamu fakta.."kalo gini² begini kamu gak bisa begini" gitu..trus yang kedua dia bakal gunakan emosi..dia akan memicu rasa takut..pada saat mau break program..dia langsung bilang "jangan..lu nanti di jahuin temen² kamu"..atau "jangan nanti orang tua marah" "orang² bakal benci"..
Kenyataannya memang bener..
Pada saat kamu break program..orang² kaget dengan perubahan kamu,mereka melihat kamu sebagai orang yang salah.Manusia itu seperti ini..manusia itu tidak melihat sesuatu yang sebenar benarnya dan sesalah salahnya..enggk,manusia itu aneh..manusia ngelihatnya seperti ini.."kalo yang beda dari yang gue inginin..itu salah",jadi yang benar itu yang mereka suka bukan benar adalah bener tapi benar yang mereka suka...yang mereka gak suka itu salah padahal belum tentu..
Note :
jangan insecure..jadilah versi terbaik dirimu sendiri yang bisa berguna bagi orang lain..
-
Mohon maaf kalo ada salah kata ataupun maksud yang menyinggung siapapun..