Ujian Sekolah vs Ujian Hidup

3 0 0
                                    

Setiap orang pasti menghadapi ujian dalam hidupnya. Apa pun bentuknya, kita pun pasti mengalaminya. Manusia secara umum menghadapi ujian hidup berupa kemiskinan, musibah, penderitan, penyakit, dan sebagainya.

Dalam pendidikan, siswa pun menghadapi ujian. Namun ujian yang dihadapinya adalah berupa ujian tengah semester, akhir semester, dan akhir tahun. Berbagai bentuk ujian tadi dapat dikatakan sebagai latihan bagi mereka dalam menghadapi ujian kehidupan. Ujian yang akan mereka rasakan kelak di masa mendatang.

Di antara hikmah ujian sekolah bagi siswa dalam menjalankan kehidupan adalah yang pertama, Ujian itu selalu ada. Ujian sekolah mengajarkan siswa bahwa dalam hidup akan selalu menghadapi ujian. Hidup di dunia tidak akan selalu lurus-lurus saja tanpa ada tantangannya. Tidak selamanya senang dan bahagia tapi akan menghadapi kesukaran dan kesempitan.

Roda kehidupan akan selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah. Siswa yang masih dalam naungan orang tuanya belum merasakan ujian yang sesungguhnya. Kebutuhannya pun masih dipenuhi oleh keduanya. Ujian di sekolah secara tidak langsung mengajarkan kepada mereka bahwa mereka akan menghadapi ujian hidup yang sesungguhnya.

Kedua, biasa menghadapi ujian. Dengan ujian di sekolah para siswa sesungguhnya belajar membiasakan diri dalam menghadapi ujian hidup. Ujian hidup akan selalu hadir dalam setiap waktu dan berbagai kesempatan. Tidak ada manusia yang luput darinya. Sebelum terjun dalam kehidupan sesungguhnya sekolah merupakan miniatur dunia yang penuh dengan ujian.

Ketiga, usaha mempersiapkan. Siswa belajar usaha saat hendak menghadapi ujian sekolah dengan belajar. Mengulang pelajaran, membedah kisi-kisi, mengerjakan soal-soal, dan sebagainya. Intinya adalah siswa melatih dirinya dalam rangka menghadapi ujian sekolah.

Saat mereka nanti hidup di luar sekolah mereka sudah mempersiapkan dirinya dalam menghadapi ujian hidupnya. Ketika sudah siap dan berusaha maksimal maka akan menemukan solusi agar keluar dari segala bentuk ujian hidupnya.

Keempat, naik level. Ketahuilah bahwa setiap ujian menandakan akan naik ke tingkat berikutnya. Sama halnya seperti ujian sekolah, siswa berarti akan naik ke kelas berikutnya. Sekolah ingin membuktikan apakah siswa layak naik kelas atau tidak dengan ujian itu.

Ujian dalam hidup pun demikian, manusia yang sedang menghadapi ujian sesungguhnya akan naik level dalam hidupnya. Allah sedang menguji apakah orang itu akan sabar dan kuat menghadapinya? Jika iya maka Allah akan memberikan kabar gembiranya dengan kesuksesan atau dalam bentuk lain.

Demikian, setidaknya ada empat hikmah ujian sekolah yang dapat di ambil pelajarannya oleh para siswa sebagai sarana melatih diri sebelum menghadapi ujian hidup sebenarnya.

Guru di Antara Putih BiruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang