Maaf ya karena ini bukan update- an cerita. Chi Cuma ingin mengutarakan keprihatinan dengan maraknya aksi plagiat dan copas, apalagi tanpa ijin dari penulis aslinya.
Chi juga minta bantuan teman2 semua untuk jangan sungkan kasih tahu Chi seandainya menemukan cerita2 Chi di sini ditemukan di media lain karena cerita2 yang Chi share di watty ya cuma Chi share di watty aja dan cuma di akun ini aja. Fb Chi (chisha cheria), cuma buat kasih info update aja. Bukan Chi ngerasa hebat, cerita2 yang Chi buat oke, bagus, luar biasa. Sama sekali nggak. Chi sendiri masih termasuk baru di watty dan juga masih amatiran, yang masih harus dan terus belajar serta berlatih, masih banyak kekurangan. Tapi, yang namanya plagiat atau copas nggak memandang itu karya amatir ato profesional, kan? Silakan kasih tahu para author lain yang mengalami hal ini- karyanya di- plagiat dan copas.
Selain itu Chi juga ingin mengajak teman2 semua merenung bersama. Sebenarnya apa sih keuntungan dari plagiat dan copas, terutama tanpa ijin pemilik karya tersebut? Malahan menurut Chi, itu malah merugikan diri kita sendiri, lho.
Saat karya plagiat ato copas kita dapat banyak respon positif bahkan luar biasa, tentu kita merasa senang. Tapi, lama nggak senangnya? Ada nggak rasa puas dan bangga? Tanyakan sama hati kecil kita, bukan otak ato pikiran kita.
Ada nggak rasa takut dan was- was perbuatan kita itu bakal ketahuan? Terus kalo udah ketahuan apa yang kita dapat? Ucapan selamat dan tepuk tangan? Ato justru hinaan dan caci maki?
Saat karya plagiat ato copas kita dapat respon positif sedangkan karya asli kita dapatnya malah kurang ato bahkan mengecewakan, sadar nggak hal itu malah akan membuat kepercayaan diri kita tenggelam ke dasar lautan? Karena sadar ato nggak kita pasti akan jadi membanding- bandingkan karya plagiat dan copas kita dengan karya asli kita.
Pemilik asli karya tersebut- dalam hal ini adalah author di wattpad- merasa kecewa, sedih, ato bisa juga marah dan mutusin untuk menghentikan ceritanya. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa juga author tersebut milih menghapus cerita2nya di watty. Kalo udah begitu, siapa yang rugi? Jawabannya: banyak orang. Mereka yang mengagumi dan menyukai cerita2 tsb bisa saja menumpahkan kekecewaan, kesedihan, dan kemarahan sama kita yang udah melakukan plagiat dan copas tanpa ijin. Hinaan dan cacian bisa makin parah. Pernah dengar kabar tentang beberapa orang yang meninggal bunuh diri karena di- bully di sosmed? Chi aja ngeri lho denger berita itu di TV.
Jadi untuk menghindari hal2 yang nggak diinginkan, yok mari, kita saling menghargai. Kita sama2 belajar di sini. Menyalurkan hobi menulis dan membaca, bisa juga sebagai hiburan terutama saat kita lagi suntuk ato bosan mengantri, dan lain sebagainya. Dengan menghargai karya orang lain, artinya kita juga menghargai karya kita sendiri, kemampuan kita sendiri, dan orang lain pun akan bisa menghargai kita.
Chi sendiri juga masih pemula, amatir, masih banyak kekurangan, bahkan sampai sekarang masih agak nggak PD tiap update cerita. Tapi, Chi selalu mencoba berpikir positif. Lebih baik dapat kritikan dan saran dengan karya sendiri daripada segudang pujian tapi karya orang lain alias plagiat ato copas.
Maaf kalo kesannya menggurui, sok pinter, sok oke, sok bijak, dan sok2 lainnya. Nggak maksud sama sekali. Beneran. Suer ewer- eweeerrrr! Chi bukan orang pintar, bukan juga orang berpendidikan tinggi, apalagi status sosial tinggi. Chi cuma orang biasa, punya banyak kekurangan, ngeyelan, yang agak aneh dan unik- menurut teman2 Chi. Ngaku lho ini, hehehe...
Kesimpulannya, nggak ada untungnya kita ngelakuin plagiat ato copas. Yang ada malah ngerugiin, bikin kita makin nggak PD, bikin kita nggak bisa maju dengan cantik. Aish! Syahrini punya ini mah! Hahaha...
Sampai di sini aja dulu. Chi nggak bisa ngemeng lebih banyak lagi. Nggak pinter nyusun kata soalnya, jadi maaf kalo belepotan bahasanya.
Makasssiiiihhhh...
See uuuu....! ^o^
KAMU SEDANG MEMBACA
My Mocha
ActionMax, pemuda jenius pewaris tahta Dirgaputra yang nyawanya diincar beberapa orang yang tidak menginginkannya menjadi pewaris selanjutnya. James- sang ayah- memutuskan untuk mencarikan bodyguard terhebat setelah "kecelakaan" yang dialami Max. Melalui...