Kadang ada saja yg bikin bad mood. Masalah sama temen, masalah sama keluarga, atau bahkan masalah sama diri sendiri. Biar sedih hilang, apa saja yg jadi rekomendasi? Biasanya nih ya, makan-makanan manis bisa meningkatkan hormon bahagia, terlebih lagi kalau makannya coklat. Rela nggak nih bagi-bagi? Sedekah, mau kan ya?
Dan yg paling bisa jadi mood booster adalah doing hobby. Ada yg hobi nulis, baca buku, melukis, jalan-jalan, bisnis, shopping, hangout, atau sekedar stalking akun seseorang. Selama baik, berfaedah, bernilai, dan nggak bikin lupa sama kewajiban, it's really okay, Guys.
Mengapa dakwah harus semakin digencarkan? Sebab semakin besar ilmu yg orang-orang terima, maka semakin besar pula kesempatan membuat amalan sebanyak-banyaknya. Jadi jangan pelit berbagi apalagi soal ilmu. Sampaikanlah. Terlebih sekarang zamannya sosial media. Kita membuat amal yg seluas-luasnya karena ketika seseorang mengamalkan apa yg kita sampaikan, maka di mana pun kita berada, pahala amalan tersebut bisa kita dapatkan juga tanpa mengurangi pahala orang tersebut.
Dan janga lupa juga untuk ngumpulin ilmu sebanyak-banyaknya karena Allah sangat mencintai para penuntut ilmu. Pinter di matematika, komputer, sains, geografi, sosial dan semacamnya terus pinter juga di ilmu agama, kan itu mantul banget. Dan kalau pun nggak terlalu di ilmu dunia, yg pasti ilmu akhirat jangan sampai kalah. Nggak unggul di dunia, tapi tetep unggul di akhirat. Pokoknya harus berlomba-lomba menjadi lebih baik dan saling tarik menarik untuk bersama menuju surga.
Sekarang mau nanya nih.
Rukun iman ada berapa?
Enam!!!
Anak SD yg tau ini pasti pada rame baget jawabnya. Ya, iman pada Allah, Malaikat, Kitab Allah, Rasul Allah, Qada dan Qadar serta pada hari akhir adalah enam pilar rukun iman yg anak-anak kecil pun Insyaallah udah tau.
Buat kita yg aslinya nggak kecil lagi, pertanyaan yg cocok bukan "Masih hapal, apa udah lupa?", melainkan
"Udah diimani sedalam-dalamnya dan diamalin sebaik-baiknya?"
Macam-macam Rukun Iman:
🌷Iman kepada Allah
Yakin sepenuhnya Allah itu Ahad, cuma satu. Allah satu-satunya yg berhak ditengah. Allah benar-benar Maha Agung sampai kita nggak akan pernah berpaling dari-Nya sedikit pun.
🌷Iman kepada Malaikat
Yg wajib kita ketahui cukup 10 malaikat di antara puluhan bahkan ratusan ribu malaikat yg terus bersujud kepada Allah hingga sekarang dan masih terus berlanjut. Tiap beramal baik, malaikat di sisi kanan, Malaikat Raqib siap siaga mencatati kita. Begitu pun Malaikat Atid yg anteng tanda-tanda in perbuatan buruk kita. Yg harus disadari, digarisbawahi, bahwa kalau sedang tam melakukan kebaikan, berarti sedang melakukan keburukan. Waspadalah.
Kadang ada yg mikir, Allah Mahakuasa tapi kenapa masih ada malaikat yg dikasih tugas? Singkatnya, Allab nggak akan menciptakan manusia dan takdir hidup kita.
🌷Iman kepada Kitab Allah
Kepada Nabi Daud, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad ﷺ, Allah telah menurunkan firman-Nya untuk diimani dan dijadikan petunjuk. PETUNJUK! Berarti apa-apa yg manusia lakukan, semu harus sesuai sama isinya. Zabur diturunkan, lalu Taurat, selanjutnya Injil, sampai segalanya di sempurnakan oleh Allah dalam Al-Qur'an, yg kini adalah satu-satunya kitab yg dijadikan pedoman untuk hidup yg dicintai Allah dan mati yg terbawa pulangnya hanyalah surga.
Ada yg pernah bertanya, sekarang hanya Al-Qur'an yg dijadikan pedoman umat Islam, lalu bagaimana dengan kitab-kitab sebelumnya? Al-Qur'an telah disempurnakan oleh Allah sebagaimana Allah berfirman "Telah disempurnakan agama Islam bagimu."
🌷Iman kepada Rasul Allah
Hati juga harus mantap meyakini, bahwa ada manusia-manusia pilihan, diutus oleh Allah untuk menyampaikan tauhid dan kebenaran-Nya. Pada hakikatnya, mereka adalah hamba-hamba yg istimewa, namun dalam menyebarkan agama Allah orang-orang yg tidak ingin beriman terus menyulitkan mereka
Lihat saja kisah Rasulullah ﷺ. Beliau lahir sebagai keturunan Arab yg sangat dihormati namun sejak menyampaikan Islam, kotoran dan besi sering menghujam tubuhnya, rasa benci kaum kafir mendaging padanya. Dengan istiqamah di jalan Allah SWT, Rasulullah ﷺ menjadi sahabat, pemimpin, suami, ayah, kakek dan manusia terbaik.
🌷Iman kepada Qadha dan QadarSering nggak denger kata 'qadarullah' (ketetapan Allah)? Ketika seseorang berlapang dada menerima apapun yg menimpanya, berarti orang itu beriman kepada Qadha dan Qadar. Saat mendapar kebahagiaan, dan dia mengakui hal itu datangnya dari Allah, milik Allah, bukan sekedar ngerasa itu hasil usahanya sendiri ataupun orang lain, berarti dia Insyaallah beriman. Saat terkena masalah, dan dia yakin ujian itu dari Allah, mau bersabar, lantas dia juga memohon pertolongan kepada Allah, ngeluh-ngeluh pun cukup ke Allah, nggak nyalahin orang lain, maka dia Insyaallah beriman juga.
Semuanya memang sudah ditetapkan Allah, tinggal dijalani oleh manusia, lalu menampilkan pada Allah, baik buruknya sikap yg dilakukan dalam menghadapi ketetapan-Nya. Namun ada cara mengubah takdir, lho, yaitu dengan banyak-banyak berdoa, meminta dan berserah diri kepada Allah.
🌷Iman kepada hari akhir
Ini nih, yg harus nya juga menjadi alasan buat kita kudu banyakin ibadah, berani bertahan sama cibar-cibir-cibur orang yg bilang kita lebay beragama, dan nggak terlalu hobi beli barang-barang mahal bahkan mewah nggak penting, yg cuma bikin silau sama dunia. Apa? Kiamat.
Kita harus semakin yakin kalau dunia sudah mau berakhir. Tanda-tanda nya udah pada memperlihatkan diri. Beberapa di antara kita mungkin sering 'seketika insaf' tiap liat tayangan kejadian-kejadian alam dan isinya yg bikin miris, mengiris, dan meringis. Tapi selang beberapa waktu, balik lagi jadi manusia yg feel freeeee (soalnya aku kadang juga gitu, huh, astagfirullah). Nah, bahkan ada juga yg sampai kayak pengen ngomong 'ih, kiamat apaan sih, jangan ngomong yg enggak-enggak deh!'
Pokoknya kalau masalah tobat jangan besok-besok. Detik ini juga gimana? Seenggaknya kali ini kita ngerasa bersalah sama Allah. Kalau nanti bikin salah lagi, ya minta maaf lagi, kan. Tapu jangan main-main istighfar jugalah. Dan jangan playing-playing sm iman.
TBC Islamic
Assalamu'alaikumwarahmatullahi wabarakatuh. Kali ini aku bikin cerita tapi ceritanya non-fiksi (cerita asli, bukan cerita khayalan dari sang penulis) nah disini aku kasih motivasi buat kalian, kalau iman kalian lagi nge-down atau gak iman kalian lagi naik turun. Dan disini aku juga enggak sendirian lho, aku dibantu oleh kakak yg sangaaaaattt baik yaitu kak Husnul Raja, atau gak kalian bisa cek ignya di @husnulispedia disana dia juga punya quotes yg menarik lho buat kalian, so cuss yuk ke ig nya langsung, hehehe. Semoga tulisan bisa nge-boost iman km lagi ya. Punya kritik dan saran? Bisa DM langsung aja di wattpad ya.
Jaza Kumullahu Khairan Katsir
📒Husnul Raja // @husnulispedia
📝Loiza Adyarenza // @loizaadyarenza07Jakarta, 14 April 2021
KAMU SEDANG MEMBACA
Penguat Iman
Non-FictionHiii disini aku dan Kak Husnul akan bantu kalian agar iman kalian nggak nge-down atau naik turun lagi. Insyaallah cerita ini akan membantu kalian agar selalu dekat dengan Allah SWT dan Rasulullah ﷺ. Disini cocok banget bagi kalian yg sedang lagi tah...