Judul: Avenir
Nama penulis: NatWinchesterrr
Jumlah chapter: 64
Status: Tamat
Peresensi: zuraida27thamrin
Tautan Cerita: https://www.wattpad.com/story/203150721-avenir-completed
---
Vortex Laboratory, laboratorium besar di kota Moorevale meledak secara tiba-tiba. Bangunan besar itu hancur beserta hampir seluruh isinya, kecuali Dylan Grayson, seorang cowok remaja yang merupakan anak dari salah satu ilmuwan yang bekerja di sana. Dylan selamat karena memasuki portal yang ditemukannya di laboratorium sang ayah.
Ajaibnya, hal yang sama juga dialami oleh Chloe Wilder, gadis remaja 16 tahun yang berada di sekitar lokasi dan secara kebetulan melihat ledakan dengan mata kepalanya sendiri. Gadis itu pun selamat dari kematian.
Setelah selamat dari ledakan itu, hidup Dylan dan Chloe berubah. Mereka sama-sama memiliki kekuatan ajaib akibat partikel yang berasal dari Cortez Laboratory. Hidup mereka pun berubah saat keduanya bertemu dan berusaha mencari tahu tentang kekuatan yang mereka miliki.
Bersama dengan Quentin alias Q, remaja laki-laki misterius, salah satu anak ilmuwan lainnya yang diduga menghilang saat ledakan Vortex Laboratory terjadi, Chloe dan Dylan memulai petualangan untuk memecahkan misteri mengenai partikel yang memberi kekuatan pada mereka, sekaligus mencari tahu mengenai orang tua Q dan Dylan.
Ada sebuah plot twist tak terduga di bagian akhir cerita yang bakal bikin pembaca geleng-geleng kepala. Selama petualangan ketiga remaja itu kita juga akan disuguhkan dengan interaksi menggemaskan di antara Chloe, Dylan, dan Quentin yang bikin pembaca bingung mau nge-ship yang mana.
Membaca Avenir, saya disuguhkan pada sebuah cerita sci-fi yang menyenangkan dengan balutan YA yang kental. Gaya penceritaan ini mengingatkanku pada novel-novel terjemahan luar negeri. Informasi-informasi 'berat' yang khas sci-fi disampaikan secara mengalir melalui dialog-dialog dan penjelasan yang sangat membantu pemahaman, terutama bagi pembaca seperti saya yang awan akan istilah-istilah science tertentu. Sudut pandang penceritaan yang digunakan oleh penulis juga terasa pas yaitu POV 3 serba tahu sehingga penulis dapat menjelaskan berbagai aspek dalam kisahnya secara mendetail. Hal ini juga berpengaruh pada terbangunnya plot twist yang tak terduga.
Bagi saya pribadi 3 chapter pertama dalam cerita sangat menentukan daya tariknya. Dan Avenir sukses memantik rasa penasaran saya dari chapter pertama. Penulis sangat piawai dalam membuat cliff hanger pada setiap akhir chapter hingga berhasil mempertahankan minat untuk membaca dan mengikuti kisah tiga sekawan dalam Avenir. Selanjutnya, kisah dituliskan mengalir dengan alur maju mundur. Penulis mencantumkan keterangan tanggal dan tahun pada setiap awal chapter yang sebaiknya diperhatikan oleh pembaca.
Satu hal yang membuat saya bertanya-tanya adalah mengapa penulis lebih memilih menggunakan kota rekaan Moorevale ketimbang memilih salah satu kota di Amerika. Karena menurut saya pribadi, penggambaran setting tempat dan budayanya sudah sangat kental Amerika, begitu pula dialog serta ungkapan yang digunakan para tokoh. Mulanya saya bahkan sempat percaya jika Moorevale adalah sebuah kota yang benar-benar ada di Amerika. Meski demikian, hal ini tak mengubah keindahan kisah Avenir secara keseluruhan.
Untuk tokoh/ karakter sendiri, awalnya saya sangat sebal dengan tokoh Dylan, tetapi seiring berjalannya waktu karakter ini justru berhasil berkembang dengan baik. Selanjutnya ada tokoh Chloe yang menurut saya terbilang unik karena merupakan anak orang kaya yang tidak sombong dan suka pamer. Kemudian juga ada Quentin yang misterius dan tidak tertebat. Secara keseluruhan, interaksi ketiga tokoh dengan karakter berbeda ini menampilkan harmoni yang seru. Karakter tokoh juga tersampaikan dengan baik dalam dialog-dialog mereka.
Saya pribadi sangat merekomendasikan cerita ini. Ada 3 keunggulan dalam cerita ini, yaitu dialog-dialog ringan antar tokoh yang mencerminkan karakter masing-masing, sci-fi yang dikemas dengan gaya penceritaan yang tidak berat dan mudah untuk dipahami, dan alur yang seru perpaduan antara petualangan dan upaya pemecahan misteri. Avenir itu benar-benar paket complete!
---
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi Cerita Mereka [DITUTUP]
Non-FictionPerlahan tapi pasti, dunia aksi fiksi di Wattpad mulai memanjat naik, terima kasih pada kontribusi para penulis yang berdedikasi. Namun, kalian tahu apa yang penulis butuhkan selain voting? Feedback! Selamat datang di Resensi Cerita Mereka, sebuah b...