Judul: Moyfherna
Penulis: Enka Murasaki (enka_nknk)
Genre: Fantasi, aksi, misteri
Status: Bersambung (ongoing)
Jumlah bab: 14
Tautan Cerita: https://www.wattpad.com/story/177397781-moyfherna
Peresensi: Nazary (NazCurran)
---Cerita ini berkisah tentang Romiard Den Urf, seorang penyihir muda yang selama ini hidupnya hanya berkelana dari satu tempat ke tempat lain dan tak punya tempat tinggal. Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya dia adalah seorang pangeran yang dibuang dari negeri asalnya dan dicap sebagai penghianat. Suatu hari, Romiard bertemu dengan teman masa kecilnya yang merupakan anggota dari Asosiasi Paladin. Sebuah organisasi yang sedang menelusuri sihir terlarang yaitu Moyfherna, yang kabarnya mulai bangkit dan meresahkan kaum penyihir. Romiard merasa ada kemungkinan bahwa kejadian di masa lalunya ada kaitannya dengan sihir terlarang itu dan akhirnya ia bergabung dengan Asosiasi Paladin.
Hal pertama yang akan saya bahas adalah judulnya. Judulnya sangat singkat dan hanya mengandung satu kata yaitu Moyfherna. Sebuah penamaan judul yang membuat diri saya sebagai pembaca cerita ini menjadi penasaran tentang Moyfherna itu sendiri. Pemilihan judulnya sangat cocok untuk genre yang diangkat pada cerita ini, yaitu fantasi.
Lalu pada sampul buku, terdapat sebuah tampilan sederhana yang menampilkan sebuah hutan. Selain itu, terdapat sebuah kalimat yaitu "ketika sihir asing menampakkan wujudnya" yang membuat saya semakin penasaran tentang jalan ceritanya.
Blurb cerita yang ditampilkan dalam deskripsi sudah ditulis dengan baik. Deskripsi singkat yang ditulis sudah mampu menggambarkan garis besar cerita. Ditambah dengan kalimat "akankah Romiard dapat mengetahui kebenaran masa lalunya dan mengetahui apa itu sebenarnya sihir Moyfherna?" di akhir membuat saya semakin penasaran akan apa yang akan terjadi pada cerita ini.
Secara garis besar, cerita Moyfherna ini memiliki alur cerita maju-mundur dan menyajikan teka-teki di setiap babnya. Cerita ini juga menggunakan dua sudut pandang, yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga yang membuat cerita ini tidak monoton. Selain itu, cerita ini menyajikan aksi yang menegangkan yang ditambah dengan bumbu sihir. Juga, bab demi babnya akan menyajikan kejutan yang membuat cerita ini semakin menarik.
Penggunaan alur yang maju-mundur membuat cerita ini semakin menarik. Bab demi bab terdapat cerita yang menimbulkan teka-teki dan membuat saya selaku pembacanya menjadi penasaran. Hal ini akan membuat pembaca tidak bosan akan jalan cerita yang berlangsung.
Penggunaan kata yang digunakan penulis termasuk sederhana, namun tak sedikit juga yang menggunakan majas. Penggunaan majas pada narasi saya rasa sangat tepat dan mampu menjelaskan cerita yang terjadi.
Pada penokohan, cerita ini memiliki nama tokoh yang unik. Contohnya nama dari karakter utama yaitu Romiard Den Urf yang terdengar asing namun unik dan keren. Penamaan tokoh pada cerita ini seperti membawa penulis ke sebuah negeri fantasi. Tokoh Romiard yang dijelaskan sebagai seorang penyihir muda yang dibuang dari negerinya dan berkelana dari satu tempat ke tempat lain dan memiliki kemampuan sihir pengendalian empat elemen dasar yaitu api, angina, air dan udara. Hydian, si gadis muda dengan kemampuan sihir dan bertarung yang cukup mumpuni. Juga Hans si penyihir psikis dan Verjha si pengendali bayangan. Menurutku, penggambaran tokoh yang penulis buat sudah mampu membuat imajinasi saya bisa menggambarkannya.
Kekurangan:
- Terdapat kesalahan penulisan pada nama Hydian yang tidak menggunakan huruf kapital di Bab 7.
- Terdapat kesalahan penulisan yang harusnya 'pengendalian' menjadi 'pengndalian' pada bagian 10.
- Terdapat pengulangan kata pada kalimat "Aku menoleh ke ke belakang dan membayangkan sekaligus bertanya-tanya siapa orang yang berani menarik bajuku" yang tidak efektif.
Setelah membaca cerita ini, bagi saya Moyfherna sangat menarik untuk diikuti. Cerita fantasi yang penuh sihir sangat dianjurkan untuk para penggemar cerita fantasi. Juga, cerita ini menyajikan aksi yang menegangkan dan misteri yang membuat cerita ini semakin seru. Karena cerita ini masih berstatus ongoing, cerita ini masih meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Saya pribadi sangat menantikan kelanjutan cerita ini.
---
Nilai Akhir: 4,0/5,0
KAMU SEDANG MEMBACA
Resensi Cerita Mereka [DITUTUP]
Não FicçãoPerlahan tapi pasti, dunia aksi fiksi di Wattpad mulai memanjat naik, terima kasih pada kontribusi para penulis yang berdedikasi. Namun, kalian tahu apa yang penulis butuhkan selain voting? Feedback! Selamat datang di Resensi Cerita Mereka, sebuah b...