Kekuatan di Balik Tokoh yang Lemah - Rada Agustin

8 2 0
                                    

Tema: Kekuatan di Balik Tokoh yang Lemah
Pemateri: Rada Agustin Rada21_myg
Hari/Tanggal: Jumat/9 April 2021
Acara: Grand Opening Solis Publisher dan Seminar

Tema: Kekuatan di Balik Tokoh yang LemahPemateri: Rada Agustin Rada21_mygHari/Tanggal: Jumat/9 April 2021Acara: Grand Opening Solis Publisher dan Seminar

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

[—Kekuatan di Balik Tokoh yang Lemah—]

Kenapa tuan rumah memilih judul ini untuk kita kupas? Awalnya saya juga bingung, tapi beliau mengatakan bahwa ciri khas seorang Rada Agustin itu adalah menciptakan tokoh yang lemah. Adegan menye dan nggak jauh-jauh dari scene sakit. Em ... setelah merenung beberapa detik, bener sih. 😂

Jadi, saya seorang penulis teenfiction yang suka mengupas seluk-beluk kehidupan remaja. Kisah yang saya kupas ndak pernah jauh dari konflik keluarga. Kalau pun ada konflik cinta, hanya sedikit. Sebagai bumbu penyedap saja. Bukan konflik utama. Nah, dalam menciptakan tokoh remaja di cerita pula, saya selalu menyelipkan 'penyakit' sebagai konflik pengiring. Atau kasarnya, sebagai ujian untuk si tokoh utama. Baik sakit asma, leukimia, kanker darah, dan banyak macam penyakit lainnya.

Pasti banyak yang nanya, kenapa?

Ada beberapa alasan. Untuk yang paling utama, karena saya suka. Aneh, tapi ya memang seperti itu. Entah datang dari mana kelainan ini, tapi yang jelas saya suka melihat cowok sakit. Terlebih, cogan. Jadi karena saya suka, ya saya tulis.

Alasan kedua, untuk menarik simpati pembaca. Saya suka membaca komentar pembaca yang bilang mereka menangis karena membaca cerita saya. Saya suka saat mereka mengumpat, menasehati, menyemangati seakan-akan tokoh utama lemah saya ini benar-benar hidup.

Alasan ketiga, saya tidak sendiri. Dengan ramainya cerita saya, saya semakin mengerti bahwa yang menyukai cogan sakit bukan hanya saya. Haha. Aneh, tapi beruntungnya ini membuka peluang saya untuk berkreatifitas. Selain suka menulis adegan cowok sakit sembari memberi sedikit pelajaran hidup, saya juga bisa meraup pundi-pundi rupiah.

Nah, kita sudah banyak berbicara tentang tokoh yang lemah seperti judul materi. Jika diteliti lebih dalam, sebenernya kita ini berbicara tentang penokohan. Jadi sebenernya, apa sih penokohan itu?

Penokohan adalah proses, cara, perbuatan menokohkan.

Penokohan ini bisa kalian jabarkan secara rinci karakternya.

Mulai dari segi fisik, psikis, sifat, hubungan dengan orang lain. Buatlah sedetail mungkin untuk memudahkan kalian nanti.

Jika kalian visual dan mudah lupa, kalian bisa merujuk pada tokoh atau selebgram, untuk membantumu menggambarkan karakter tokohmu.

Saya kasih contoh penokohan salah satu karakter cerita saya, ya.

1. Aska (visual Chimon)
Jenis kelamin : Laki-laki
Tinggi : 172 cm.
Sifat : Pembangkang
Profesi : Pelajar
Ciri fisik : Rambut hitam, alis tebal, mata bulat, hidung mancung, bibir tipis pucat.
Ciri psikis : Mudah stres

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 22, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Gain Knowledge TogetherTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang