Tanpa sadar, gue berdecak kagum begitu liat bulu jembut mencuat liar dari balik sisi kancut bang rasyid kala gue buka ritsleting celana dia.
Tapi ketika gue hendak angkat ban karet kancut itu rada ke atas dengan tujuan biar bisa mengintip ke bagian dalam.
Eh, tangan bang rasyid malah tetiba bergerak dan muka gue nyaris kena geplakan dia kalo gue nggak gesit menghindar.
Karena kaget, gue kurang perhatikan letak tiap perabotan di kamar tidur itu.
Alhasil, pinggul gue pun nggak sengaja senggol meja rias di samping ranjang bikin peralatan kosmetik bergoyang pelan sebelom jatuh ke lantai dengan bunyi gaduh.
Sesaat gue pikir, bang rasyid bakalan kebangun karena keganggu suara berisik itu.
Tapi nggak, tuh. Bang rasyid cuman mengigau gaje sambil garuk kontol yang masih kebungkus sepotong kancut.
Meski cuman sekilas, tapi gue sempet tangkap sekelebat siluet palkon mengintip dari rerimbun bulu jembut yang tumbuh merambat sampe ke pusar saat tangan bang rasyid sibuk menggaruk tadi.
Tapi sayang, momen itu terjadi dalam sekejap sampe gue nggak sempat simpan gambaran palkon itu dalam memori jangka panjang.
Debaran jantung gue berangsur melamban begitu dengkuran berat bang rasyid kembali menggema ke setiap sudut kamar.
Oke, keadaan mulai kembali normal.
Tapi gue nggak yakin masih punya cukup nyali untuk melanjutkan misi yang sempat ketunda tadi.
Mungkin lebih baik kalo gue segera kabur selagi ada kesempatan.
Tapi sebelom gue sempat beranjak barang sejengkal pun dari posisi gue berdiri, badan gue seketika membeku begitu dengar tapakan kaki berderap mendekat.
Mata gue berasa mau loncat keluar ketika liat sepasang kaki dari balik celah di bagian bawah kelambu pintu kamar tidur itu.
"Mas, bunyi gaduh apaan sih itu?" sungut riska sambil sibak kelambu bebarengan sama badan gue yang refleks berguling ke kolong ranjang.
"Astagfirullah. Kok bisa peralatan kosmetik mama pada jatoh semua ke lantai?" pekik riska kaget begitu liat tumpahan bedak beramburan di lantai kamar tidur. "Kelakuan siapa, nih?"
"Kucing kali."
"Mana ada kucing doyan ngemil bedak, pa. Udah ngaku aja."
"Sumpah bukan papa, ma. Orang papa lagi tidur juga."
"Lha kalo bukan papa, trus siapa?"
"Mana papa tau."
"Ya ampun, papa. Kalo udah sange, nggak inget lagi deh sama puasa."
"Apaan sange? Orang cuman ketiduran doang tadi pas lagi enak rebahan."
"Trus kenapa pake buka celana segala? Kalo ada mak-emak liat kelakuan nggak senonoh papa, mama bisa jadi bahan gosip warga sekampung sebagai istri yang nggak becus melayani suami di ranjang."
"Astagfirullah. Celana papa kok bisa kebuka, ma?"
Padahal gue penasaran betul pengin liat raut muka kaget bin bingung bang rasyid, tapi gue nggak mau ambil resiko kepergok mereka kalo nekat coba melongok dari kolong ranjang.
"Lha, malah balik tanya ke mama pula. Emang dari tadi papa ngapain aja di kamar?"
"Sumpah demi allah, papa tadi cuman ketiduran aja di kamar karena badan berasa capek bener sepulang dari kantor kelurahan."
"Udah, cukup. Mending papa buruan mandi gih biar badan lebih segeran dan nggak bau kecut."
"Masih gerah, ma. Nanti aja."
"Sekarang."
Sayup gue denger suara gerutuan bang rasyid saat riska seret badan dia turun dari ranjang.
Keheningan melanda setelah bang rasyid keluar dari kamar.
Debaran jantung gue kembali bertalu ketika liat kaki riska tetiba jongkok hendak pungut sebatang lipstik yang gelinding masuk ke kolong ranjang.
Bersambung pantulan bayangan kepala riska di lantai kamar yang bergerak hendak melongok ke kolong ranjang.
Oh, sialan. Mampus dah gue kali ini.
To be continue >>>