Teks Berita

40 3 1
                                    

🌼Ciri - Ciri Teks Berita🌼

• Teks diberitakan merupakan sesuatu yang benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis.

• Merupakan peristiwa yang jarak terjadi, bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari.

• Aktual, yaitu peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi, bukan peristiwa lampau.

• Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa.

• Bahasa yang disajikan menarik dan dapat memikat minat pembaca.

• Data yang diberitakan lengkap, khususnya data penting.

• Waktu dan tempat peristiwa yang jelas.

• Bahasa mudah dipahami.

• Bersifat objektif.

• Alur peristiwa berurutan.

• Kalimat yang digunakan singkat, padat, jelas.

• Sumber valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

• Judul berita bisa mewakili isi berita.

🌼Pengertian Teks Berita🌼

Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

🌼Struktur Teks Berita🌼

1️⃣ Judul (head)
Setiap tulisan pasti mempunyai judul, begitu pula dengan teks berita. Judul mewakili inti dan isi dari tulisan yang dibahas. Biasanya judul di letakkan di bagian atas tengah tulisan.

2️⃣ Teras berita (Lead)
Lead adalah pembuka. Lead terletak di awal paragraf saat reporter hendak memulai tulisan. Biasanya lead berisi perkenalan atau bridging di awal sebelum masuk ke inti tulisan.

3️⃣ Isi berita (Body)
Selanjutnya adalah isi berita. Di sinilah, letak 5W + 1H diterapkan. Reporter akan menjelaskan secara lengkap tulisan yang menjawab keenam pertanyaan tersebut.

4️⃣ Keterangan Penulis / Editor / Reporter
Pada bagian akhir, biasanya ditulis penulis, editor, atau reporter yang membuat tulisan tersebut. Hal ini dilakukan agar pembaca mengetahui identitas si penulis.

🌼Kaidah Kebahasaan🌼

A. Penggunaan bahasa baku yaitu bahasa yang memenuhi standar sebagai bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah.

B. Pemilihan kata (diksi) yang tepat

C. Penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung

D. Penggunaan konjungsi atau kata sambung

E. Penggunaan kata kerja atau verba ( kata yang berisi aktivitas Atau melakukan sesuatu.) Kata kerja yang menunjukkan pada aktivitas fisik disebut Verba material yang tidak menunjuk pada aktivitas fisik disebut Verba mental dan kata kerja yang berfungsi menghubungkan antara subjek dan pelengkap misalnya merupakan adalah disebut Verba relasional

F. Menggunakan keterangan waktu dan tempat

🌼Unsur-unsur Teks Berita🌼

1️⃣ Unsur Aktual
Mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

2️⃣ Unsur Faktual
Dalam unsur faktual, kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.

Kelas 8Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang