[3.1] Saka

1.4K 197 110
                                    

Nikah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nikah.

Diusia gue yang menginjak dua puluh tujuh tahun rasa-rasanya udah jadi makanan sehari-hari perkara ditanya kapan nikah sama emak, bapak, adek, kakak, om, tante, kakek, nenek, sampe tetangga-tetangga julid yang mulutnya selicin kepala botak om-om burung perkutut tetangganya Ethan.

Kayanya sekarang makanan pokok gue bukan lagi nasi, melainkan pertanyaan 'kapan nikah?' dan pengikut-pengikut setianya macam siapa pacarnya dan rencana mau berumah tangga umur berapa.

Salahin stigma orang Indonesia yang menganggap orang yang menikah di usia lebih dari 25 itu nggak laku. Padahal mah mereka nggak tau kalo usia 25 itu adalah fase-fase bagus buat membangun stabilitas finansial supaya bisa menunjang kehidupan setelah pernikahan. Seenggaknya itu anggapan gue.

Hampir tiap kali keluarga besar ngadain acara, gue selalu ditanya pertanyaan yang sama, 'Pacarnya mana?', 'Mas Saka sendirian?', 'Gandengan sekarang orang mana, Mas?'. Mereka nggak tau aja kalo tiap hari gue ngedatenya sama dokumen, atau kalo lagi free ya mantau kegoblokan anak-anak biar tetep istiqomah dijalan setan.

Kalo udah gitu, gimana caranya gue punya pacar?

Buat gue, stigma yang dibangun demikian membuat gerak-gerik orang terbatas untuk mengeksplorasi bakat dan takut buat sekedar melangkah maju ke depan atau paling parahnya, terjebak hubungan pernikahan yang toxic dan abusive karena kurangnya penyuluhan sebelum pernikahan.

Sorry, gue nggak maksud nyinggung atau ngedoain jelek kalian-kalian yang berniat dan udah nikah di usia muda. Selama finansial lo stabil dan mental lo udah siap buat mengarungi bahtera rumah tangga yang kalo kata bapak gue asin asem sepet dikasih gula dikit, ya silakan buat menikah. Gue turut berbahagia dan mendoakan semoga langgeng sampe maut memisahkan. Aamiin.

Yang gue pointkan disini adalah, gimana stigma nikah muda tuh berpengaruh besar buat seseorang. Ya nanya juga manusia ya kan, gabisa ngontrol mulut orang. Kalo mental lo kuat, alhamdulillah. Lah kalo nggak? Bisa bayangin nggak gimana kehidupan orang yang salah milih pasangan cuma karena didesak sama usia dan omongan orang?

Lo kalo mau jalan-jalan ama gebetan aja milih bajunya kadang bisa sehari sebelum janjian. Milih buat menu makan aja kadang bisa lo planning dari hari-hari ke belakang. Padahal itu kegiatan yang cepet selesai. Nggak makan waktu berbulan-bulan tapi persiapan lo bener-bener matang supaya lo nggak menyesal.

Apalagi milih pasangan yang seumur hidup bakal lo liat setiap hari sampe lo apal ini orang kalo ngupil jam berapaan.

Pandangan orang yang mengharuskan lo untuk menikah di usia 25 membatasi itu. Lo jadi nggak punya waktu lebih untuk menilai dan mengobservasi kecocokan pasangan lo di masa depan nanti karena terdesak tuntutan sana-sini. Padahal yang ngejalanin hidup kita, tapi kenapa mereka yang susah.

Padahal kalo gue nikah juga mereka nggak ikut andil bayar seserahan sama nyewa gedung tuh.

Apalagi yang laki-laki nih. Awas ya lo pada ngajak nikah anak orang tapi finansial masih goyang-goyang kaya balon letoy depan toko cat. Bikin malu kaum lelaki aja lo kalo cuma berani nikahin tapi nggak bisa ngehidupin. Gue telepon orang dukcapil buat ganti jenis kelamin lo jadi tidak terdefinisi.

Start Up!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang