sebenernya ini udah ada di draft sejak bulan lalu, tapi baru up sekarang anggap aja masih nuansa puasa.
membuat nastar nggak bakal absen dari tiap lebaran ala gunandar family. nastar isi selai nanas yang selainya dibikin sendiri sama mama winda adalah hal yang paling ditunggu. "ma, keknya bikin permen gummy sendiri lebih enak ya kan?," tanya dikta yang lagi duduk sambil marut nanas dan pepaya buat bikin selai.
"emang abang bisa?,"
"gampil kok!, ita tuh liat di gugelkan, jadi pengen bikin sendiri," mama winda sih ngangguk aja, lagian yang request kue kue-an itu anak anaknya. ya siapa lagi?, tamu mah paling ngicip sebuah dua buah, yang makan sampe abis juga pasti dikta, wian, rendi, dan anaknya yang paling bontot, si yusril. jangan lupa sama suaminya, pak chandra kan suka banget sama nastar bikinan istrinya.
eh ngomong-ngomong yusril kemana deh kok nggak kelihatan sedari tadi. bikin bu winda celingukan. "ta, adek kamu mana ya?,"
"wian tadi di depan kok ma, bantu papa panen buah rambutan, kalau rendi tadi di kamar lagi rebahan,"
"kalau itu mama tau!, si ucil, dari tadi kayanya pamit main kok nggak pulang pulang, nanti pulang pulang haus," yusril mah gitu, pas main lari larian, main engklek, main kotak pos, atau main semprengan (lompat tali), bahkan nyeser ikan kuning di kali. pas pulang ngerengek pengen cepet adzan. bu winda mah nyebut doang kalau menghadapi anaknya yang paling bontot itu.
"ADUH IYAN GATEL BANGET KENA INI PAH!," keluh wian yang digigitin sama semut rangrang, wian masuk sambil bawa satu keranjang rambutan. jadi emang wian tuh dulu pas masih SMP, iseng lempar biji rambutan ke teras, eh sekarang malah jadi pohon dan berbuah lebat.
sedangkan rendi, dia bener bener niat menanam kurma, mulai SD sampe dia SMP juga yang tumbuh malah rumput gajah. rendi mengsedih. untung aja papa chandra jelasin kalau kurma itu gak bisa di tanam di tanah kaya gini, karena terlalu adem kalau kata papa chandra. lain sama yusril yang padahal nemu telur cicak, malah di tanam sama dia, dikira itu biji tanaman langka, karena sebelum itu dia sempat denger kakak kakaknya ngomongin raflesia arnoldi.
"lepas kek itu bajunya yaan," usul dikta.
"ih malu tau!, ya masa lepas disini!," protes wian, dia tuh dapet tiga keranjang rambutan, setelah ini harus bantu papanya nyapu nyapu halaman depan yang kena rontokan daun, ya masa iya dia tuh telanjang dada gitu. bisa bisa mbak sri warung depan klepek klepek. wian mah ga doyan tante.
***
lain sama yusril dan kawan kawan yang saat ini lagi main di pos kamling ditemani beberapa helai tanaman talas.
yang kaya gini.
"besok kan lebaran, kita bikin terompet aja," usul jujun. biasanya kan terompet identik dengan tahun baru. tapi yaudahlah ya terserah mereka.
"emang bisa?," tanya yusril nggak yakin, ya ini kan batang dan daunnya kaya gini, mana ada menghasilkan bunyi kaya terompet.
"bisa kok, dari batang ini nih!," ujar jujun lagi. dia tuh tau dari kakak sepupunya yang punya terompet sekali pakai, dulu pas dia tahun baru-an dirumah om nya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Suket Teki - wenyeol ft. Dy,rj,Ww,Yuan
Fiksi PenggemarKenapa suket teki? Walaupun kecil tapi ada manfaatnya berisi tentang cerita keluarga bapak Chandra Gunandar dan ibu Winda Arum Kinanti.