Judul : Kelana : Lelaki Seribu Cerita
Author : Ary Nilandari
Genre : Aksi, Young Adult, Misteri
Jumlah Halaman : 332
Status : Completed
- - - - - - - - - - - - - - -
Review :
Seruni Nismara, mahasiswi kaya tapi miskin yang harus bekerja keras demi studinya.
Kembara "Ibay", anak kecil genius, yang suka mengarang cerita-cerita superhero dan mafia.
Kael, si superhero imajiner, ataukah sungguhan ada?
Kelana, penipu ulung yang menyasar mama-mama muda dan janda-janda kaya.
Karuna Sanskara, adik sepupu Seruni yang siap memperumit segalanya demi cinta pada Seruni.
Saat Ibay hilang, mampukah Seruni menemukannya berbekal cerita?
Saat Ibay terbukti dalam bahaya, mampukah Seruni menyatukan semua orang untuk berperan menyelamatkannya?
Gimana nih sama blurbnya? Menarik bukan? Selanjutnya aku akan membahas beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam mengkritik suatu karya ini.
1. Cover dan Blurb
Memang benar ada yang mengatakan jangan melihat sebuah buku dari sampulnya, tetapi untuk memikat pembaca, tentu saja cover menjadi salah satu bahan pertimbangan. Cover buku ini sangat sederhana. Hanya menempatkan satu orang karakter dengan memegang pensil pada wajahnya. Namun, sebenarnya ini mengungkap sosok Kelana ini. Seorang laki-laki yang sering berganti wajah.
Blurb dalam cerita Ary Nilandari memang selalu unik dan membuat penasaran. Setelah sebelumnya Bunda menghadirkan cerita Clair, sekarang Kelana, Kael dan Ibay muncul dan membuat pembaca penasaran.
2. Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan penulis ini adalah POV 3 di mana tokoh utama menjalani kehidupannya dan dengan pandangannya sendiri.
3. Tokoh dan Karakter
Tokoh Utama dalam cerita ini adalah seorang mahasiswi bernama Seruni Nismara yang memiliki masalah finansial karena ibunya tidak mau membiayai hidup dirinya. Nismara juga digambarkan sebagai sosok yang pintar tapi ceroboh.
Sedangkan ada juga karakter lain seperti Ibay, Kael, Kelana, dan lain sebagainya yang memiliki keunikan. Meski banyak tokoh di dalam cerita, tetapi penulis berhasil memunculkan keunikan dari tiap tokoh.
4. Deskripsi dan Dialog
Deskripsi dalam cerita ini tergambar dengan jelas, dan penggunaan komposisi antara narasi dengan dialog sangat tepat.
5. Konflik dan Resolusi
Konflik cerita dari Kelana sangat rumit. Selain masalah pribadi tokoh utama yang membuatnya terseret dalam masalah tokoh lainnya. Namun, konflik dan resolusi dari cerita ini sangat memuaskan dan dapat membawa emosi pembaca.
6. Alur
Alur cerita ini maju, tetapi kita diberikan gambaran masa lalu pada bab awal. Ini awalnya akan membuat pembaca bingung karena perbedaan tokoh yang muncul di sana. Namun seiringnya cerita, pembaca akan memahami isi cerita tersebut.
7. Penutup
Penutup cerita Kelana ini berakhir dengan bahagia untuk para tokoh utama.
Sekian kritik mengenai Kelana ini. Sebenarnya cerita ini sangat menarik. Jika kalian tertarik untuk membaca, kalian bisa membaca secara digital di platform Storial. J
KAMU SEDANG MEMBACA
Review To The Bone
Non-FictionKamu tahu apa saja cerita yang kubaca? Mungkin salah satunya akan menarik perhatianmu!