PART 17 : Egois

26 18 4
                                    

-

"Kenapa lagi lo?"

Egi mendorong tubuh Regan yang berdiri di depan pintu kamarnya.

Ya, siang tadi Egi memilih untuk pulang ke rumah karena jika berada di kosan terus rasanya ia semakin mengingat tentang Rino dan juga merasa bersalah pada lelaki itu.

Selama seminggu belakangan, Egi memilih untuk mendiamkan Rino. Ah, sebenarnya Egi juga pusing dengan dirinya sendiri.

Ia hanya berpikir bahwa ini adalah jalan yang terbaik bagi mereka sebab tampaknya tak ada pilihan lain.

Ia akan menjauh secara perlahan agar Rino terbiasa melakukan aktifitas tanpa dirinya, begitu pun sebaliknya.

Ini semua sudah ia rencanakan sejak hari dimana ia bertemu dengan keluarga Rino.

Egi menggelengkan kepalanya guna mengusir segala perasaan kalutnya jika kembali mengingat hari itu.

"Minggir." Bukannya minggir, Regan malah masuk dan segera mendudukkan dirinya di ranjang Egi. "Keluar, gue lagi gak mood gelut sama lo."

"Dih, yang ngajak lo gelut siape? Gue cuma mau nanya lo kenapa? Tumben banget pulang tanpa disuruh." Ujar Regan dengan wajah sengaknya.

"Pulang salah, gak pulang makin salah. Mau lo tu apa sih? Serba salah gue."

"Cuma nanya, Gi. Mami aja sampe heran lo pulang tanpa disuruh dulu, mana gak ngabarin mau pulang." Egi hanya diam sambil memejamkan matanya, sedangkan Regan hanya bisa menghela napas lelah melihat kelakuan menyebalkan adiknya itu.

"Bang, lo pernah gak bingung soal perasaan lo sendiri?" Regan mengerutkan keningnya ketika mendengar pertanyaan yang Egi lontarkan.

"Ada masalah sama si Ino? Kenapa? Lo cemburu gak jelas lagi? Yaelah, Gi. Cowok lo itu gak bakalan kaya begitu, keliatan dari mukanya. Gak pernah gue liat cowok sesayang itu sama cewek, gue aja gak sebegitunya."

Egi menatap malas Regan. "Jawab aja pertanyaan gue, susah amat."

Regan berdecak malas dan memilih untuk ikut merebahkan tubuhnya di samping Egi. Jarang-jarang mereka bisa bicara dari hati ke hati seperti ini.

Dan untuk itu Regan tak akan membuang kesempatan ini, bagaimana pun juga, Egi tetaplah adik kesayangannya dan ia ingin yang terbaik untuk gadis itu.

"Pernah, Gi. Lo gak lupakan soal gue ama Lala?"

Egi tersenyum tipis dan melirik Regan dari samping. "Terus gimana cara lo yakinin diri soal pilihan yang udah lo pilih?"

Regan menghela napas dengan pandangan menerawang. "Gue cuma punya dua pilihan, Gi. Tetep lanjut atau berhenti. Dan kenyataannya kaya nunjukin gue kalo bertahan bukan pilihan bagus, gue juga sadar kalo pertahanin hubungan itu lebih lama, cuma buat gue ama Lala nyakitin diri satu sama lain aja, Gi."

"Lo nyesel gak, Bang?" Tanya Egi pelan.

Regan tersenyum kecil. "Dibilang nyesel sih enggak, cuma masih sering kangen mungkin? Padahal pacaran juga gak sampe setahun. Ya membekas aja gitu."

"Lo beneran gak nyesel?"

Regan mengangguk yakin. "Dia gak bakal seneng sama gue, jadi yaudah. Eh? Tapi lo jangan mikir hubungan lo ama Rino bakal sama kaya gue, yang ada elo nyesel secara udah lima tahun kan bareng-bareng, kalo gue mah gak masuk itungan bentaran doang soalnya. Gue gak kaya Rino yang total sayang sama lo, Gi."

Egi terdiam dan menghela napas secara perlahan. "Seminggu yang lalu gue minta putus sama Rino."

Regan membelalakkan matanya.

"Hah?! Serius?! Bodoh banget sih lo?! Astaga, terus gimana?! Beneran putus?!"

Egi menggeleng pelan. "Enggak, dianya gak mau."

Regan menatap Egi tak menyangka. "Kenapa lo sampe mikir kaya begitu sih? Gak sayang udah lima tahun? Jangan ikutin jejak gue dong!"

"Ya tapi keadaanya sama kaya lo, kenyataan nunjukin gue gak bakal sama dia. Gue bukan orang yang tepat buat dia, gue juga bukan kriteria yang keluarganya cari."

Regan berdecak kesal. "Lo tuh egois tau gak? Kalo dipikir-pikir perjuangan lo tuh gak sebesar Rino, tapi lo malah mudah banget bilang udahan gitu aja. Kalo dia se-egois elo, Gi. Dia mungkin udah nyerah dari awal, kaya yang lo bilang tadi, kenyataan nunjukin dengan jelas kalo lo berdua gak bakal mungkin sama-sama, tapi apa? Dia gak pernah nyerah gitu aja sama lo.

Belom lagi bokap ama nyokap yang kaya gitu ke dia. Dia punya banyak alasan buat ngelepas lo gitu aja, Gi. Sangking banyaknya kalo dia ninggalin lo sekarang juga, dia bisa. Apalagi lo udah minta putus dari dia kan?"

Egi terdiam dan menatap kosong udara di depannya. "Kita gak tau kedepan bakal kaya mana kan? Gue tau persis gimana rasanya jadi dia, Gi. Lo gak tau kan tu anak sering kesini, ketemu sama bonyok tapi gak pernah digubris sama sekali? Tu anak berjuang buat lo, Regita. Sekarang gue tanya sama lo, pernah gak lo sekali aja yakinin bonyok tentang Rino?

Jangan jauh-jauh deh ngomong ke orang tuanya Rino, ke orang tua sendiri aja lo selalu menghindar kan? Lo gak pernah seberjuang itu buat Rino, tapi milih nyerah gitu aja? Gue yakin yang lo pikirin sekaramg itu cuma diri lo sendiri, lo gak mau makin sakit kalo sama Rino lebih lama kan? Lo gak mikirin perasan dia pas lo ngomong gitu disaat dia udah sebegitunya sama lo?"

Egi terdiam dengan dada yang semakin sesak. Ia baru tau soal itu.

"Terus sekarang hubungan lo sama dia gimana?"

"Gak tau. Dia ngasih gue waktu buat mikir sama nenangin diri."

Regan terdiam dan tersenyum kecil ketika menatap wajah nelangsa Egi. "Jangan buang waktu buat mikir apa yang belom kejadian, takdir gak ada yang tau, masih ada kemungkinan cerita lo beda sama gue. Mending jalanin apa yang ada aja dulu, benerin juga tuh pikiran jelek lo."

"Adek gue bukan anak SD lagi, udah tau apa yang mesti lo pilih buat diri lo sendiri dan apapun pilihan lo, gue bakal dukung lo. Udah jangan mewek lagi, sekarang fokus aja dulu sama skripsi, plus tenangin diri lo, setelah itu lo temuin dia terus ngomong baiknya gimana. Dah ah, gue mau nge-game dulu, bye bucin."

Setelah itu Regan pun beranjak meninggalkan Egi yang terdiam dengan segala carut-marut pikirannya.

Terus berjuang? Egi tau, tak pernah ada harapan. Jika terus memaksa berjalan hanya akan berbuah sia-sia.
Melepaskan? Egi belum siap untuk itu. Jadi untuk kali ini, bisa kah Egi memilih untuk sedikit egois.

Atau mungkinkah jika membiarkan Rino disampingnya dengan jarak yang ada, hingga nanti ia siap untuk melepaskan?

Sekali ini aja gue mau egois.

-


Jujur, gak tega ama Inoooo~~~

Garis KesanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang