Actioner • Elastic Heart: Samudera

17 3 2
                                    

Bedah Buku:

"Elastic Heart: Samudera"
Karya: HanaHaggerty

"Elastic Heart: Samudera"Karya: HanaHaggerty

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

[ Sinopsis ] •

Lepasnya ratusan peluru dan tumpahnya banyak darah mengorbankan mereka yang tidak bersalah. Banyaknya nyawa yang melayang menjadi saksi ego dan amarah yang terlahir puluhan tahun sebelum Samudra dan Valerie bertemu.

Mereka bertemu karena sebuah ketidaksengajaan. Setidaknya, itulah alasan yang  terpikirkan di awal pertemuan, tanpa tahu bahwa kejadian klise itu membantu Geraldine dalam rencananya membuat perdamaian dari permusuhan lama yang mulai teredam.

[ Review ] •

Kelebihan:
Menurut ku pribadi, ceritanya menarik dan anti mainstream, sedikit ada puisinya yang aku suka juga. Tema anak sekolahan yang biasanya alurnya mudah di tebak, tapi di cerita ini memiliki alur yang berbeda. Bagi pencinta action tapi bertema cinta dan anak remaja, mungkin ini bisa menjadi referensi yang tidak mengecewakan tentunya.

Kekurangan:
Ada beberapa adegan yang sudah biasa ditampilkan dalam cerita cerita cinta anak remaja, tapi itu tak jadi masalah besar, mungkin itu saja dari saya, sekian. Terimakasih. Semangat terus HanaHaggerty

- May Actioner, MayRodhifah

Kelebihan:
Memiliki alur yang tidak biasa, serta tidak menjelaskan jalan cerita secara langsung sehingga membuat pembaca penasaran akan kelanjutannya.

Kekurangan:
Beberapa kesalahan penulisan yang harus lebih diperhatikan dalam proses penulisan kedepannya.

-Hana Actioner, HanaHaggerty

Kelebihan :
Jadi, bisa dibilang cerita ini terbilang unik. Sebab, dari kebanyakan cerita yang berserakan di Wattpad—kebanyakan memiliki tema atau ide picisan seperti bad boy, ketua geng anak nakal di sekolah atau kota, dan intrik permasalahan cinta di masa putih abu-abu. Tapi ini justru kebalikannya. Penulis mengambil ide mafia (yang terbilang ini cukup berat dan jarang terjadi) pada cerita teenfict kebanyakan.

Namun, tentu ada sedikit kekurangannya. Sedikit.

Kekurangan :
Soal tata bahasa dan pengetikan, part-part awal agak berantakan. Tapi part-part seterusnya mulai membaik sesuai dengan PUEBI. Ada koreksi dikit buat beberapa kata yang agak  keliru. Seperti : mendengus (seharusnya mendengkus), dimana (seharusnya di mana) dll. Gak banyak kok.

Mengenai alur, mungkin karena cerita ini masih on-going, jadi saya gak bisa nilai terlalu banyak. Untuk jalan cerita dari part awal sampai yang terbaru, belum menceritakan kejadian yang berbau action secara explicit (seperti yang saya katakan, cerita ini masih on-going). So, let’s see.

-Rose Actioner, Nortonclassic

Kelebihan :
Pertama kali yang membuat saya tertarik dari cerita ini adalah covernya. Cover dari cerita “Elastic Heart : Samudra” menurut saya sangat menarik para pembaca. Pada bagian pertama atau prolog diisi dengan puisi yang menggambarkan tentang Samudra. Puisi yang singkat dengan bahasa kias membuat para pembaca tertarik juga.

Cerita ini awalnya diambil dengan latar sekolah dan menurut saya cerita seperti inilah yang banyak dicari pembaca. Bahasa yang ringan dan alur yang tidak terburu - buru menambah kesan mendalam pada cerita ini. Di 3 bab awal sendiri juga belum dijelaskan dengan gamblang tentang asal - usul maupun alur yang sepertinya akan berat dan menarik.

Kekurangan :
Pada bab “Samudra Atlhalarik”, saya menemukan sedikit kesalahan EYD yang terletak pada narasi pertama di bab tersebut. Di bagian “Itu adalah pertanyaan yang pertama kali didengar oleh Samudra Athalarik, atau yang kerap di sapa Atha…” sebaiknya tanda baca koma di depan kata “atau” dapat dihapus saja. Untuk bagian lainnya, saya rasa EYD-nya sudah bagus.

Mungkin hanya itu review singkat dari aku hehe. Seperti biasa, kalau ada kesalahan dalam saya mereview EYD atau ceritanya, saya minta maaf karena kita masih sama - sama belajar wkwk. Semangat melanjutkan ceritanya!

-Tiaraa Actioner, taranaw

Kelebihan :
Cerita ini adalah cerita teenfict yang cukup berbeda dari berbagai cerita dengan ide pasaran di wattpad. Teenfict yang berani membawa genre aksi itu cukup jarang ditemui di wattpad karena tenggelam di platform yang pasarnya rata-rata berbeda. Alurnya juga cukup unik, pembawaannya terasa cukup mulus, tata bahasa sudah cukup rapi.

Kekurangan :
Sepertinya beberapa kata-kata ada yang typo , tapi itu maklum bagi kita semua bahkan buku terbitan yang pernah saya beli, milik penulis terkenal, juga ada typo yang terlewat oleh mata penulis dan editor bersama. Aksi nya masih belum terlalu terasa, tapi saya berharap lebih karena saya merasakan potensinya.

Anyway, tetap semangat Hana! Jangan lupa revisi, siapa tahu ada beberapa bagian yang flop dan plothole. Karena aku masih baca dua bab awal, aku masih belum bisa menemukan plothole sih. Semoga sukses selalu~

-Mez Actioner, mezuuo


Salam manis,
Tim Actioner

•••

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang