(Bukan) Grup Matematika (From Satya)

12 1 0
                                    

⚠️Harsh words⚠️

Dari dulu, gua benci banget Matematika. Tapi entah kenapa, nilai gua tuh tinggi terus, mungkin karna pengen cepet selesai dan males remedial jadinya ya terpaksa harus lolos di nilai pertama. Waktu itu juga, tiba-tiba guru matematika kita ngide bikin kelompok belajar tiga orang isinya dua orang bego dan satu orang yang jago. Tentu aja gua masuk ke golongan orang bego, karna walaupun engga pernah remedial tetep aja nilai gua engga bisa jadi ketua kelompok. Tapi lo tau engga apa yang menarik dari cerita hari ini?

Jake jadi ketua kelompok gua.

Jujur gua awkward banget, untung ada Jay jadi gua bisa banyak ngobrol sama dia. Abisan gua tuh kayaknya udah dua bulan lebih sebangku sama Jake tapi kerjaan dia tiap hari cuma dateng-nyimak materi-tidur pas istirahat-pulang. Waktu itu gua mikir kayaknya lebih enak duduk sendiri daripada bedua tapi saling diem-dieman gini.

19 September 2020, gua inget banget tanggalnya. Malem itu, gua lagi siap-siap tidur waktu notifikasi whatsapp Jay masuk.

Jujur gua dan Jay engga expect Jake bakal bales pesannya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Jujur gua dan Jay engga expect Jake bakal bales pesannya. Seperti yang kalian bayangkan, setelah itu kita malah pindah ke personal chat dan wondering parah sama beberapa hal : Satu, kenapa Jay bisa dapet nomernya Jake (ini penting banget). Kedua, ternyata Jake engga keberatan kita tarik ke grup chat mengingat diajak ngobrol aja susah. Ketiga, kalau sampe Jake ikut beneran terus gimana kita harus bersikap soalnya kita sama sekali engga pernah berinteraksi sama dia selain gua yang bilang 'permisi' setiap mau duduk.

Karena Jake gabisa di weekend (sebenernya kita semua gabisa), akhirnya kita pindahin jadwal ke hari Senin pulang sekolah kayak permintaan Jake. Cuma bangsatnya... Hah gua masih kesel sih sampe sekarang hahaha, si Jay ini mau anterin pacarnya pergi dan gua bakal ditinggal sama si Jake. Tentu aja gua engga semudah itu biarin si Jay pergi gitu aja.

"Oke lo boleh pergi tapi langkahin dulu mayat gua."

"Ngaco lo, buruan balikin tas guaa Andin nungguin!"

"Gacoan."

"Anjing, deal dah. Nanti gua beliin dua buat kalian."

"Susu Mbok Darmi."

"KOK LO NGELUNJAK?"

"MAU PERGI GAK?"

"IYA DAH GUA GO-FOODIN BARENG SAMA GACOAN."

Yang kita gatau waktu itu, Jake tiba-tiba badannya ngerasa gaenak

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Yang kita gatau waktu itu, Jake tiba-tiba badannya ngerasa gaenak. Kayak sinetron banget gasi? Nih coba lu pada bayangin ya adegannya. Gue sama Jay lagi tarik-tarikan di lobi perpus, terus di belakang kita Jake kesakitan. Gatau ya bego banget kenapa dia ngga bilang coba? Tapi kata Jake, "gue malu lah sialan kan kita baru kenal. Kan ga lucu gue ngeluh sakit ke kalian."

Sinting, sakit mah sakit aja yak? Ini kan gue sama Jay kayak temen brengsek keliatannya :(

"Gue pulang duluan ya." Katanya.

Jelas gua dan Jay ngga izinin karena gimana kalau dia kenapa-napa dijalan? Kita udah coba komunikasi kayak nanya apa yang sakit, rasanya gimana, sakit banget atau engga, tapi Jake keliatan udah engga bisa komunikasi dan kita cuma biarin dia sampe tenang sendiri.

"Udah?"

"Udah."

"Jadi lo kenapa nih?" Jay buka suara duluan. Gua masih shock soalnya engga pernah liat orang kesakitan kayak orang kesurupan.

"Gue kecapean aja sih kayaknya, i'm okay kok."

"Jelas you're not okay, Jake. Sorry kalau lo engga nyaman gua tanya-tanya gini but i--i mean we," kata dia sambil nunjuk gua yang masih kaget, "should ask this."

Gua diem aja soalnya engga ngerti. Maksudnya engga ngerti sama apa yang baru aja terjadi.

"Udah lama, so gaapa-apa gausah fikirin gue. Thanks anyway."

Jay keliatan kesel banget, harusnya gua juga soalnya ini orang udah saatnya minta bantuan masih aja bebel ngerasa bisa sendiri. Tapi ternyata gua malah kasian, dan gua yakin banget dia punya alasan kenapa ngga terbuka. "Kita gaakan bilang ke siapa-siapa. Your secret are safe with us, kita janji."

Jay agak kaget sama gua yang tiba-tiba janji tentang rahasia. Gua juga kaget sih, padahal gatau juga itu orang beneran malu buat ngasih tau rahasianya atau engga.

Ada hening lamaaa banget sampe Jake angkat kepalanya dan natap kita berdua. "Gue gatau ini tepat atau engga, but i think youre all good guy enough."

"Of course we are."

Anjay keren banget ngga sih gua jawabnya.

"I had a CKD since child."

Yang gua fikirin waktu itu jelas kaget dan Jake sukses ngebawa gua ke memori 8 tahun yang lalu when my Dad passed away because CKD.

"Lo," Gua nunjuk Jake dengan mantap. "Harus jadi temen gua. Kalau engga mau, rahasia lo gua bongkar ampe mas penjual batagor depan sekolah juga tau."

Gua sama Jay engga pernah menyesal pernah maksa dia untuk jadi temen kita. Awal-awalnya dia masih ngga mau kita ajak ke kantin atau pulang sekolah bareng. Ya namanya juga belum terbiasa, ahaha walaupun gua yakin banget dia mau temenan ya karena rahasianya kita pengang.

Tapi guys, semuanya tuh engga akan terbiasa kalau ngga dipaksa kan? Akhirnya makin lama dia makin sering aktif di grup, terus nanya mau makan apa di kantin, terus gua sama Jay juga kayak ooh ternyata dia orangnya asik, cuma karena terlalu tertutup aja mangkanya keliatan boring.

We decide to call us "02z gengs" soalnya semua kelahiran 2002. As expected, kita bisa bertemen deket banget (masih dengan konsep satu orang pintar dan dua bodoh), sampe kalau misalkan gua atau Jay hilang akal suka langsung disadarin sama Jake.

Anak-anak kelas juga engga ada yang nyadar tentang eksistensi 02z yang tiba-tiba kebentuk. Oiya Laura juga kaget waktu tiba-tiba gua suruh Jake buat ajak dia makan siang, soalnya kasian juga dia tiap hari denger gua ngeluh tentang Jake. Intinya semua ini emang terjadinya tiba-tiba sih, jadi ya.. bingung juga jelasinnya.

Setelah difikir-fikir, pertemuan gua juga emang absurd banget. Jake tuh ibarat dateng disaat gua emang butuh temen kayak dia. Disaat Jay tipe supportive friend, Tuhan kasih gua Jake yang ngasih tau kalau hidup gua tuh bukan Disney Land yang isinya warna-warni.

Jake, lo pasti ketawa banget gua ngomong gini, tapi gua akan terimakasih banget sama Jay dan guru matematika kita seumur hidup.

Regards,
Jakarta, 14 November (11 tahun setelah Jake pergi)

---

Jay Dirgantara (Jake's and Satya's Friend)

Jay Dirgantara (Jake's and Satya's Friend)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
A Little Aussie Boy Named Jake Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang