S a t u

248 14 1
                                    

Waktu itu hari minggu, kamu yang tadinya pengen males-malesan di kasur terpaksa harus nganterin mamamu ke pasar.

Anak berbakti? Nggak juga. Jadi sebenernya kamu udah nolak dengan alasan mau ngerjain tugas yang tentunya hanyalah kebohongan semata, tapi tetep aja kamu diseret buat nganterin beliau.

Padahal ya, pasarnya tuh nggak jauh, cuma beda tiga blok dari rumahmu, tapi tetep aja meski pun kamu lawan mamamu itu pasti akan selalu menang. Salah satu hukum mutlak yang ada di galaksi ini.

“Pasarnya deket loh ma, jalan kaki aja kenapa sih? Olahraga tau.”

“Oh kalo gitu kamu aja nih yang belanja.”

“Ish gamau.”

“Ya udah makanya. Nganterin mamanya ke pasar sebentar nggak mau, masuk neraka selamanya mau?”

Tuh kan, males ah udah kalo mainnya neraka-nerakaan. Gini-gini kan kamu juga pengen masuk surga.

Hal yang bikin kamu sebel kalo nganterin mamamu ke pasar tuh karena dia bisa ngabisin waktu satu jam lebih buat keliling-keliling. Dan karena kamu nggak mau kakimu pegel akhirnya cuma nunggu di parkiran, tapi nunggu juga kan capek, sama capeknya kayak nunggu dinotice mas crush, walaupun kamu nggak punya crush sih.

Kamu berkali-kali ngebuka tutup ponselmu, tapi nggak ada satupun notifikasi yang masuk mengingat kamu lagi agak slek sama temenmu. Nasib punya temen deket cuma satu ya gitu, pas marahan kamu langsung jadi orang paling kesepian sedunia.

Pas lagi gabut-gabutnya sampe kamu tadi ada rencana buat ngajak ngobrol abang-abang tukang parkir, tiba-tiba kamu ngeliat seorang anak kecil yang gelagatnya agak aneh.

Kamu jadi merhatiin anak kecil berbaju kuning itu, makin diperhatiin kamu makin yakin kalo sekarang ini dia lagi nahan pipis. Aduh, kamu meringis kecil, pasti nggak enak. Dan akhirnya kamu mutusin buat nyamperin dia.

“Adek mau pipis ya?”

Si bocil natap kamu takut, mungkin karena nggak biasa diajak ngomong sama orang asing. Tapi dia ngangguk kecil.

Kamu mikir sebentar, kayaknya di pasar nggak ada kamar mandi deh, kalo pun ada kamu nggak mau nganterin adek ini ke sana, soalnya biasanya kamar mandi pasar tuh you know lah, kacau.

Tapi untungnya waktu lagi celangak-celinguk sebuah ide yang entah dari mana melayang masuk ke kepalamu.

“Dek, ayo ikut kakak.” kamu ngulurin tangan yang cuma diliatin aja sama adeknya.

Mukanya keliatan banget mau nolak. Takut diculik sih kayaknya, soalnya mukamu itu emang agak-agak nyeremin dan terlalu beringas buat anak kecil.

“Nggak apa-apa, dek. Ayo. Dari pada kamu pipis di sini, nanti dimarahin orang-orang lho.” bujuk kamu sambil berusaha buat masang muka seramah mungkin. Untungnya berhasil, anak kecil baju kuning itu akhirnya mau digandeng.

Kamu keluar dari area pasar buat nyari rumah. Iya rumah. Jadi ide brilianmu adalah untuk mengetuk pintu salah satu rumah yang beruntung untuk ditumpangin pipis sama si adek.

Tapi ya nggak mudah tentunya, kamu udah ngetuk sekitar tiga rumah tapi nggak ada yang bukain pintu. So sad.

“Pada kenapa sih orang-orang?” kamu ngedumel sambil ngajak anak kecil itu beralih ke rumah keempat.

Kebetulan, ada orang yang keluar dari sana berdua sama motor scoopy-nya. Kamu buru-buru nyamperin orang yang posisinya ngebelakangin kamu itu.

“Misi, pak.”

Orang itu nengok dan kamu auto kaget, bukan bapak-bapak ternyata.

“Saya masih muda kali, mbak.” katanya sambil ngasih kamu tatapan sewot. Kamu yang panik langsung minta maaf, takut kalo dia nggak mau minjemin kamar mandinya karena kesel.

Tapi kamu salah, dia ternyata fine-fine aja waktu kamu dengan sedikit harapan nanya apakah boleh minjem kamar mandi karena si adek ini udah kebelet. Malah, dia dengan senang hati nganterin si adek masuk.

Kamu nunggu di luar sambil ngelirik-lirik ke rumah si cowok. Di depannya ada pohon bunga yang kamu nggak tau jenisnya, di garasi rumah itu ada dua mobil dan satu motor. Wah udah kayak mau maling aja pake ngitungin kendaraan orang segala.

“Nanti aku main lagi deh ke sini, Takeru.”

“Beneran ya? Eh, itu kakakmu?”

Kamu natap bingung ke si adek yang keluar dari rumah itu berdua sama anak seumuran dia, mana tampaknya saling kenal gitu.

“Bukan kok. Eh, aku harus pergi, takutnya mamaku nyariin. Makasih Takeru!”

“Oke deh, bye Ichiro!”

Ichiro, adek baju kuning itu lari keluar buat nyamperin kamu.

“Ayo kak!” dia narik tanganmu dan lari-lari sampe bikin kamu hampir kesandung. Untung aja gravitasi lagi memihakmu jadinya nggak jadi jatuh deh.







 Untung aja gravitasi lagi memihakmu jadinya nggak jadi jatuh deh

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Waktu Yang Salah; Oikawa TooruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang