Tempat Pulang (From Satya)

13 1 0
                                    

⚠️Harsh words⚠️

Bangun, sarapan, naik KRL, duduk di kantor sampe kram, terus naik KRL lagi, dan berakhir tidur jam 1 pagi. Selesai? Engga dong, keulang terus selama lima hari. Kalau udah kerja tuh baru kerasa kalau Sabtu dan Minggu itu waktunya dirumah dan engga kemana-mana.

Udah engga keitung berapa desain yang berhasil landing selama delapan tahun gua kerja di industri kreatif. Kalau boleh diulang, gua bakal ngomong sama Satya jaman SMA jangan ambil DKV pas milih jurusan. Hah, gua versi SMA pasti kecewa banget liat gua sekarang yang kerjaannya malah hunting koyo mana yang lebih panas dan efektif sekaligus bikin melek buat kejar deadline.

Satu-satunya yang gua suka dari gedung tempat gua kerja adalah Jake. Engga nyangka juga ternyata kita bisa satu kantor. Pokoknya kalau kita bilang sebenernya kita kembar, orang-orang pasti percaya. Yang beda dari kita cuma satu sih, tapi sangat mempengaruhi hidup kita.

Nasib.

Iya nasib, disaat Bunda kasih gua kebebasan buat ambil seni, this guy named Jake engga punya itu dan dipaksa buat ambil finance service sama keluarganya. Tapi hebatnya, dia engga pernah nolak dan malah seneng karena he really loves math.

Agak sinting, tapi gaapa-apa soalnya baik.

Walaupun kita udah beda bidang, tapi kita tetep nyambung kok. Kadang kita suka taruhan nasib siapa yang paling sial karena harus terpaksa kerja setiap hari, atau obrolan receh yang engga tau kenapa jadi semacam inside jokes yang mungkin orang lain engga akan ngerti kalau kita ceritain. Gua sama Jake juga pernah mikir, kenapa ya kita bisa temenan hampir 15 taun tanpa bosen? Gua sempet ngira kita homo (i mean kita found out sama-sama nyaman kalau lagi bareng) ternyata engga, buktinya si Jake ini bisa ngalamin pesta lajang juga.

Kawin, anjing. Temen gua tinggal sama cewe terus punya anak dan jadi kepala keluarga.

Namanya Amara. Kata Jake dia juniornya di divisi, terus ternyata sama-sama suka hewan. Gua pribadi baru kenal Amara setelah dia pacaran sama Jake, terus beberapa kali hangout bareng dan gua gak heran si Jake bisa kecantol sama Amara.

She is kind, cheerful, bright, kayak matahari, dan yang paling penting adalah dia bisa kasih aura positif. Kata orang, kita akan dapetin pasangan yang setara sama kita. Awalnya gua engga percaya, tapi setelah liat Jake dan Amara, gua sekarang ngerti kalau orang baik emang akan ketemu orang yang baik.

Jake tuh energi positif buat orang sekitarnya, tapi kadang ada hari dimana energinya habis dan orang-orang sering malah tinggalin dia sendirian. Gua satu-satunya orang yang tau itu, sebelum akhirnya ada Amara dan dia bisa ajak Jake keluar dari ruangan gelap. Sempet sih gua ngerasa udah engga di butuhin lagi, tapi gua juga sadar hidup tuh masih jauh, Jake engga bisa cuma bergantung ke gua aja.

Long story short, Jake pindah kantor (sekaligus pindah apartment karena lokasi kita jauh banget sama tempat baru Jake) dan kita jarang ketemu karna sibuk. Komunikasi pun jadi minim banget, terus kita juga sama-sama engga nyariin karena yaudah balik lagi, hidup tuh masih panjang banget jadi apapun bisa terjadi.

Tapi malem itu, dua hari sebelum dia nikah, Jake tiba-tiba berdiri di depan apartment gua sambil bawa keresek penuh makanan dan you-know-adult-drinks. Setelah engga ada komunikasi hampir satu tahun, yang kita lakukan pertama kali cuma senyum bego. Gatau, kalau gua sih mikir lucu aja ini orang ngilang kayak diculik PKI tau-tau dateng buat mabok.

"Gua nikah lusa, Sat."
"Iye, gua fikir lo engga ngundang."
"Best friend mah undangannya dikirim langsung lah."

Kita ketawa. Gua kangen banget suasana ini. Tiba-tiba rasanya kayak balik lagi waktu jaman kuliah, kita duduk dibalkon kostan sambil ngerokok terus liatin bocil lemparin petasan. Terus pindah ke waktu Jake sidang, gua sidang, terus kita keterima di satu perusahaan yang sama, makan pizza di gaji pertama, upgrade kostan jadi apartment, naik jabatan, cobain mobil baru, sampai ngga sadar kalau Jake udah meluk gua dan bilang makasih karena waktu itu gua dan Jay mau ajak dia ke grup Matematika.

Kita malam itu sama-sama terimakasih sama Tuhan udah kasih kesempatan saling kenal.

Kita malam itu sama-sama nikmatin waktu yang mungkin bakalan ilang lagi besok. Lagi-lagi hidup kita masih panjang dan both of us ngga tau apa yang bakal terjadi besok.

"Sat," katanya. "Gua tuh udah ngerasa kita engga ada batasan. Sejauh apapun kita pergi ujung-ujungnya pulang gasi? Kayak sekarang, akhirnya gua pulang juga, karna ya rumah gua lo."

....

Rabu, 8 September 2033

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Rabu, 8 September 2033.
(2 hari sebelum Jake nikah)
Foto terakhir kita.

A Little Aussie Boy Named Jake Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang