“Sejak zaman kuno, kecantikan layak menjadi pahlawan. Jika Wan'niang menyukainya, kamu harus meminta Sekretaris Agung Senior untuk memberi tahu Yang Mulia sesegera mungkin. Yang Mulia pasti akan mengabulkan pertunangan antara kamu dan pria ini, dan memberimu akhir yang bahagia. Ini juga akan menghilangkan kritik orang-orang terhadap keluarga kerajaanku——Saudara Putra Mahkota, tidakkah kamu setuju?”
Sebelum Putra Mahkota bisa menjawab, wanita berbaju merah di sebelahnya mengambil alih.
"Itu tidak benar, Yang Mulia."
"Kalau begitu katakan padaku, Kakak Kedua Liu, apa yang salah?"
"Semuanya."
“Pertama, keluarga Zheng memutuskan pertunangan, lalu mereka mencambuknya. Ini benar-benar tidak adil—ini adalah pelanggaran pertama mereka. Kemudian, mereka menyembunyikan fakta pertunangan yang rusak, dan mencoba menikahkan putri mereka untuk kedua kalinya ke dalam keluarga kekaisaran, sehingga melakukan kejahatan menipu Kaisar—ini adalah pelanggaran kedua mereka.”
“Jika Yang Mulia tidak mengejar masalah ini, itu karena dia murah hati dan baik hati. Jika dia melakukannya, itu untuk menunjukkan bahwa hukum kekaisaran itu jelas dan adil, dan berfungsi sebagai peringatan bagi semua orang.” Nona Kedua Liu melengkungkan tangannya ke arah kota kekaisaran. "Apakah itu hukuman atau hadiah, itu adalah berkah yang diberikan kepada kita oleh Yang Mulia, bukan wewenang kita, bawahan, untuk mengomentarinya."
Rahang ketat sang pangeran sedikit rileks. Dia mengirim pandangan setuju ke arah Nona Kedua Liu, dan berkata dengan ringan, “Ah Qin, minum jus. Buah beri adalah penghargaan dari orang asing. Dibutuhkan banyak usaha untuk menumbuknya menjadi jus, dan rasanya sangat manis dan menyegarkan.”
Rong Qin hampir tertipu; dia memutar matanya ke dalam. Keduanya sangat cocok; yang satu berpura-pura menjadi sarjana, dan yang lain berpura-pura penuh kasih sayang—ketika sebagian besar waktu mereka hanya mengintimidasi orang lain dengan kedok "menjadi benar".
Meskipun mereka semua mengutuk keluarganya, Zheng Wan tetap tegak dan diam.
Cui Wang meliriknya, lalu berbalik tanpa ekspresi.
Melihat Zheng Wan bertingkah tidak berbeda dengan pria kayu tanpa emosi, Rong Qin merasa bosan lagi. Dia mengalihkan pandangannya, dan sebuah rencana baru segera muncul di benaknya.
“Duduk dan minum seperti ini sangat membosankan. Aku juga bosan melihat para penari. Mengapa kita tidak naik panggung sendiri?”
"Oh, Ah Qin, kamu tahu cara menari?"
Putra Mahkota terkejut.
"Saudara Putra Mahkota, jangan mengeksposku seperti itu." Rong Qin memelototinya, lalu berbalik ke arah Zheng Wan sambil menyeringai, “Jika aku tidak menari, tentu saja orang lain yang akan menari. Bukankah begitu, Wan'niang?”
"Ya." Zheng Wan mengangguk.
“Bagaimana dengan… menari atas namaku, Wan'niang?”
Tatapan semua orang di ruangan itu serentak menyapu sudut tempat Zheng Wan berada.
Nona muda dari keluarga Zheng terkenal di seluruh ibukota, pertama karena kecantikannya, dan kedua karena latar belakang keluarganya. Adapun bakat, jelas dari puisi yang dia tulis bahwa dia memiliki bakat sastra yang sangat baik.
Dalam hal seni feminin, dia telah mendapatkan penghargaan dari berbagai masternya dalam berkuda, memanah, kaligrafi, dan etiket. Namun, tidak ada yang pernah mendengar pencapaiannya di luar bidang ini.
Meskipun, seorang kenalan mengungkapkan bahwa Zheng Wan pernah berkata, "Menari dan sejenisnya, hanyalah keterampilan untuk menyanjung penonton, dan tidak cocok untuk bangsawan yang halus."
Saran publik Rong Qin hanyalah untuk mempermalukan Zheng Wan yang perkasa dengan membuatnya melakukan sesuatu yang biasa dia cemooh.
Adapun yang lain, mereka tidak membantu berbicara, mereka juga tidak berpikir bahwa Zheng Wan akan benar-benar mempelajari keterampilan yang dia rasa 'tidak cocok untuk bangsawan yang halus'.
"Ah Qin, berhenti main-main."
Pangeran melemparkan cangkir porselen di tangannya, "Lakukan sesuatu yang lain."
Amarah Rong Qin berkobar; dia kaku dan menolak. “Wan'niang, apakah kamu tidak ingin menari karena kamu memandang rendah menari? Selir Rong adalah penari hebat pada masanya; sepuluh tahun yang lalu, tarian Luyao¹- nya mengejutkan semua orang. Itu juga karena tarian itulah dia dianugerahi gelarnya, dan telah berada di sisi Yang Mulia sejak saat itu. Apakah kamu menyiratkan bahwa Selir Rong 'tidak cocok' untuk menjadi bagian dari 'bangsawan yang halus'?”
¹Tarian Luyao : 绿腰舞; Secara harfiah diterjemahkan sebagai "tarian Pinggang Hijau". Ini adalah tarian lembut tradisional dari Dinasti Tang. Iramanya dari lambat ke cepat, dan tariannya ringan dan lembut.
Perahu marmer itu sunyi senyap—semua orang menahan napas untuk melihat bagaimana Zheng Wan akan merespons.
Tanpa diduga, Nona Kedua Liu yang menghela nafas pelan.
“Yang Mulia, semua orang tahu bahwa Wan'niang tidak tahu cara menari, kamu harus… bersikap santai padanya.”
“Jika Wan'niang benar-benar tidak mau, mengapa aku tidak menari atas namanya?”
Zheng Wan terkekeh; Nona Kedua Liu ini persis seperti yang dijelaskan dalam buku.
KAMU SEDANG MEMBACA
After Becoming the Hero's Ex-fiancée (Slow Update)
RomanceZheng Wan, kecantikan terkemuka di ibu kota, memiliki ayah yang kuat yang menjabat di pengadilan sebagai Sekretaris Agung Senior dan ibu bangsawan dari klan kerajaan Langya Wang; dia adalah wanita bangsawan manja yang telah hidup selama enam belas t...