027. Alam Sementara (1.3)

670 75 0
                                    

Dia mengerutkan bibirnya dan menatapnya, tetapi tidak mengatakan apa-apa seolah-olah dia menahan diri. Dia membalikkan cermin ke arahnya dan bertanya:

"Apa yang kamu lihat?"

Mata Zheng Wan tiba-tiba melebar.

Meskipun segala macam hal dijelaskan dalam buku itu, dia masih terguncang ketika melihat item abadi untuk pertama kalinya dalam kenyataan. Cermin kecil seukuran telapak tangan itu diam-diam memantulkan ...

…cerita?

Rasanya seolah-olah dia mengintip privasi orang lain melalui cermin. Dia berkata dengan linglung:

“Upacara pernikahan.”

Pasangan di cermin sudah melakukan ritual ketiga mereka¹; mereka saling membungkuk, lalu bangkit. Zheng Wan menyadari bahwa pasangan di cermin itu sebenarnya dia dan Cui Wang!

¹Ini adalah bagian penting dari upacara pernikahan tradisional Tiongkok, yang setara dengan praktik Barat modern untuk mengatakan "aku bersedia". Ketika pengantin wanita tiba di rumah pengantin pria dan segala sesuatu untuk upacara pernikahan sudah siap, saatnya untuk  baitang. Saat upacara baitang dimulai, tuan rumah akan meminta pasangan itu untuk bersujud 3 kali: Kepada Langit dan Bumi, kepada orang tua, dan kepada satu sama lain.

Gaun pengantin merah, mangpao² merah  — pengantin tampak persis seperti dia dan Cui Wang.

²Mangpao ; (arti harfiah "jubah python") Hak untuk memakai mangpao dipandang sebagai kehormatan khusus yang diberikan kaisar kepada pejabat yang telah melakukan perbuatan besar untuk kekaisaran.

“Ini… ini adalah upacara pernikahan. Upacara pernikahan kita.”

Zheng Wan tiba-tiba mendongak, mengangkat tangannya, dan meraih lengan mangpao merahnya. "Bagaimana ini bisa bagus?"

Ketika dia melihat ke atas, dia menemukan bahwa Cui Wang sedang menatap lukisan di dinding dengan saksama. Ketika dia melihatnya, dia sangat terkejut — pengantin, yang wajahnya tidak dapat dibedakan beberapa saat yang lalu, telah benar-benar tegak dan tersenyum pada mereka dengan wajah seperti mereka!

Zheng Wan menggigil, dan secara naluriah bersembunyi di belakang Cui Wang.

“M-Mungkinkah ini semacam keterampilan iblis, dan kamu dan aku sebenarnya sudah mati?”

Meskipun dia telah berfantasi tentang kekuatan abadi, dalam menghadapi situasi yang begitu aneh, Zheng Wan tidak bisa menahan perasaan kulit kepalanya menjadi mati rasa dan darahnya menjadi dingin.

“Kita tidak mati.”

Setelah pemeriksaan yang cermat, Cui Wang akhirnya menemukan kata-kata kecil yang hampir tidak terlihat, "Cermin Boneka". Mereka terbentuk dari cabang dan daun, tersembunyi di antara alang-alang di pegangan cermin.

Zheng Wan menyaksikan alisnya berkerut dalam sekali lagi.

"Tapi ini merepotkan."

"Maksudmu apa?"

"'Cermin Boneka', artinya 'Cermin Boneka'." Jarang Cui Wang mau menjelaskan. “Apakah kamu pernah melihat wayang kulit?”

Zheng Wan mengangguk. "Sudah."

Dia suka menontonnya ketika dia masih muda.

"Kamu dan aku sekarang adalah boneka kulit.." Cui Wang memutar cermin ke arah meja dengan sepasang lilin naga dan phoenix, "..memainkan Cermin Boneka ini."

Seperti yang diharapkan, cermin mulai memainkan adegan itu lagi, dan Zheng Wan menyaksikan dirinya dan Cui Wang melakukan upacara membungkuk lagi.

“Upacara– Upacara pernikahan?”

Zheng Wang sepertinya mengerti apa yang dia maksud. "Menurut cermin?"

"Ya." Cui Wang tampaknya puas dengan kecerdasannya saat ini dan mengangguk. "Jika kita tidak menyelesaikan upacara pada saat dupa dan lilin padam, kita berdua akan terjebak di sini sebagai sepasang boneka kulit yang sebenarnya."

Baru saat itulah Zheng Wan menyadari dengan ngeri bahwa lilin, yang hanya setengah terbakar ketika dia bangun, telah terbakar setengah lagi.

“Jangan khawatir. Apa yang kita lakukan di sini hanyalah tindakan bijaksana. Setelah kita keluar, aku bersumpah untuk menjaga bibirku tetap tertutup, dan tidak pernah mengungkapkannya kepada orang lain.” Cui Wang juga tampak bermasalah.

Tanpa diduga, Zheng Wan tidak ragu-ragu bahkan untuk sesaat. Dia buru-buru pergi ke lilin phoenix dan mendesak, "Cepat, jangan biarkan dupanya padam."

Cui Wang tertegun sejenak; dia kemudian pergi ke lilin naga. Mereka berdua sudah mengenakan jubah pernikahan—semuanya sudah disiapkan. Ketika sutra putih di antara pergelangan tangan mereka menangkap pancaran cahaya lilin, itu tampak seperti berlumuran darah.

Ketika cermin mulai memainkan adegan itu lagi, pasangan itu berperilaku seperti wayang kulit, tumpang tindih dengan sosok di cermin, saat mereka menyelaraskan tindakan mereka.

Sujud pertama—ke Langit dan Bumi.

Sujud kedua—untuk orang tua.

Sujud ketiga—satu sama lain.

Ketika mereka berdiri bersama, Zheng Wan menyadari bahwa karena lilin naga dan phoenix tidak ditempatkan berjauhan, dia dan Cui Wang hampir bertatap muka. Mereka cukup dekat untuk merasakan napas satu sama lain. Ketika dia menarik napas, aroma pei-lan berputar-putar di sekelilingnya, menangkapnya dalam keadaan linglung.

Cahaya lilin terpantul di wajahnya; matanya tampak diwarnai dengan api, dan wajah esnya tampaknya juga telah mencair.

Tanpa disadari, Zheng Wan berdiri berjinjit, dan menempelkan bibirnya ke bibirnya.

Ayah selalu berkata, seseorang harus berani, hati-hati dan tegas.

"Apa yang sedang kamu lakukan?"

Cui Wang tetap tidak bergerak; sepertinya ribuan tahun es dan salju telah menumpuk di matanya, dan kelembutan tadi hanyalah ilusi sesaat. Dia tidak menghindari atau mendorongnya, seolah pertemuan bibir mereka tidak ada artinya.

Zhen Wan tersipu karena panik:

"Aku— aku juga tidak tahu."

Setelah berbicara, dia sepertinya mengumpulkan keberaniannya lagi. “Kamu dan aku telah menjalani upacara upacara, dan– dan, melakukan itu, jadi kamu harus bertanggung jawab!”

After Becoming the Hero's Ex-fiancée (Slow Update)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang