Fanfice • THE FIGHT SERIES | #1 ROOFTOP FIGHT

22 3 0
                                    

Bedah Buku
"THE FIGHT SERIES | #1 ROOFTOP FIGHT"
Karya q1dzncvt

Bedah Buku"THE FIGHT SERIES | #1 ROOFTOP FIGHT"Karya q1dzncvt

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Sinopsis

Ini bukan tentang kisah royal charming yang mampu membuatmu jatuh cinta pada pandang pertama. Bukan pula tentang bad person yang dingin nan ditakuti seantero sekolah. Ini juga bukan tentang nerd dengan hidup monotonnya.

Ini tentang ketidaksempurnaan.

Ini kisah tentang mahasiswa teladan yang harus bersedia mengorbankan apa pun demi keselamatan tujuh milliar lebih penduduk bumi.

Ini tentang persahabatan, cinta, dan pertarungan.

Kritik

a) Menurutku pribadi, gaya bahasanya sebenernya bagus. Tapi pas awal awal masih agak kaku, tapi engga jelek kok. Kulihat semakin ke chapter selanjutnya sampai chapter 21-an udah mulai agak smooth gaya bahasanya.
b) Yap, sama seperti pendapat di atas, menurutku gaya tulidan masih terpaku pada metode deskriptif dalam bercerita, sehingga kesannya kaku.
c) Penjelasan per kalimat mungkin bisa lebih diperpanjang(?) atau diberi bumbu lagi atau malah mungkin dijadikan satu saja sekalian, supaya tidak terjeda. Contohnya seperti pada narasi:

"Kepalaku terjulur ke dalam. Aku tersenyum. Ini adalah ruangan yang aku cari." Alih-alih begitu, mungkin bisa diubah seperti ini:

"Aku menjulurkan kepalaku ke dalam, tak sadar sudah melukiskan senyum lebar ketika berhasil menemukan ruangan yang aku cari-cari."
T-tapi semua kembali pada senyamanmu menulis!
d) Pembagian isi cerita per-chapter mungkin bisa dibuat lebih bervariasi. ada yang isi ceritanya panjang, pendek, atau sedang.

Saran

a) Gaya bahasa kadang emang tergantung ciri khas kan ya. Jadi pesanku, semoga tulisanmu makin "smooth" dengan tidak melupakan ciri khasmu sendiri
b) Lebih santai lagi! Perbanyak membaca buku translasi internasional dan temukan gaya yang cocok buat kamu. Cobalah memperbayak narasi alih-alih deskripsi. Semangat!

Kesan

a) Topiknya menarik
b) Ceritanya bagus. Aku kagum pas adegan Kakek menjelaskan trik yang Jen lakukan—saat masih kecil—ketika tidak sengaja memecahkan lilin aroma punya Ibunya. Sumpah! Aku kagum banget pas bacanya, kayak: "Bagaimana bisa Kak Ferne membuat adegan sehebat itu?" pokoknya, aku benar-benar terkesan sama cerita Kakak. Good job👍🏻
c) Imajinasimu luar biasa. Penggambaran ide di kepalamu sangatlah luas. Jika boleh jujur, aku bahkan tidak sanggup membuat denah sebuah benteng/markas rahasia dalam kepalaku dan menjabarkannya kepada pembaca.
d) Penambahan ilustrasi merupakan pilihan yang sangat cerdas, juga dapat membantu pembaca masuk dalam suasana  cerita.
e) Tulisannya rapi sehingga enak dibaca dan ide cerita secara garis besar sangat menarik.
f) Konsepnya menarik, ngingetin sama film mata-mata kayak kingsman.

Salam manis,
Tim Fanfice

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang