PART 14 | TEMAN

157 13 7
                                    

WHITE ROOM•

•TEMAN•

Maaf ya telat

"Bapak sama ibu bisa coba liburan ya biar si ibu bisa lebih rileks saat melahirkan bulan depan."

"Saya sarankan liburan ke tempat yang kalian berdua sukai, saling menikmati kasih sayang satu sama lain. Ini juga untuk membuat si ibu biar gak terlalu stress dengan melahirkan bulan depan."

"Apalagi ibunya punya maaf ya, gangguan kesehatan mental. Jadi biar istirahat sejenak dari pikiran yang menggangu." Kata eunwoo lembut dan ramah pada hyunjae dan juyeon.

Hyunjae merasa cocok dengan eunwoo jadi ia meminta suaminya untuk konsultasi di sini lagi dan rencananya hyunjae juga ingin melahirkan dibantu oleh eunwoo. Dan juyeon sebagai suami yang sayang dengan hyunjae sekaligus bucin akhirnya ngangguk aja.

"Iya dokter makasih sarannya." Kata juyeon ramah. Menurutnya apa yang dikatakan Eunwoo ada benarnya juga.

"Untuk anti-depresannya saya sarankan bapak sama ibu konsultasi sama psikiater yang ngasih obatnya." Kata eunwoo sambil memberikan medical record milik hyunjae pada juyeon dan hyunjae.

"Bapak sama ibu bisa konsultasikan apakah anti-depresan yang sedang dipakai sekarang. Berpengaruh atau tidak saat melahirkan dan kalau di stop sementara,efeknya bakal seperti apa." Kata eunwoo menyarankan juyeon dan hyunjae untuk konsultasi terkait anti depresan yang dipakai hyunjae. Eunwoo sendiri sudah tahu kalau hyunjae sedang dalam treatment anti-depresan untuk mengatasi GAD* dan PTSD** karena penjara dan pemerkosaan. Ia mengetahuinya di pemeriksaan sebelumnya dimana hyunjae atas izin juyeon bercerita sedikit akan pengalaman buruknya,ia salut sekali dengan pasangan juyeon dan hyunjae yang tetap mempertahankan bayi tersebut.

(*GAD singkatan dari Generalized Anxiety Disorders dalam bahasa Indonesia adalah Gangguan Kecemasan Umum merupakan salah satu jenis gangguan kecemasan yang paling banyak ditemui diantara semua jenis gangguan kecemasan. Gangguan ini menyebabkan seseorang sulit tidur,merasa terus waspada, terkadang uring-uringan karena lelah juga mungkin disertai gejala fisik seperti berkeringat dingin atau tangan gemetar dan gigi bergemeretak.)

(** PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder merupakan salah satu jenis dari gangguan kecemasan namun sekarang telah berpindah rumpun ke dalam rumpun penyakit yang terkait stress dan trauma. PTSD timbul karena mengalami atau melihat sesuatu yang bagi penderita merupakan hal traumatis seperti pemerkosaan, bullying, pembunuhan,KDRT,perang,dll. Gangguan ini terkadang muncul seketika dan terkadang baru muncul setelah waktu yang cukup lama dari terpaparnya penderita dengan kejadian traumatis. Gangguan ini punya gejala yang mirip dengan GAD dan serangan panik namun yang membedakan adalah,bagi penderita PTSD mereka akan mengalami flashback dan atau mimpi buruk yang terus berulang terkait kejadian traumatis tersebut.)

"Ini nanti dibawa ya pak bu." Eunwoo mengemasi salinan medical record milik hyunjae.

"Kalau begitu kita permisi ya dokter." Kata juyeon sambil menggandeng istrinya, berpamitan pada Eunwoo.

"Iya, terima kasih ya." Kata eunwoo sambil tersenyum dan akhirnya pasangan tersebut pergi meninggalkan ruangannya.

"Kasihan mereka." Kata eunwoo pada suster di sebelahnya.

"Iya dokter. Saya panggilkan pasien selanjutnya ya?"

"Iya tolong."

WHITE ROOM | JUJAE [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang