Nama Penulis : Mikuyama Mirai
Akun WP : mikuyama_mirai
Jenis Karya : Oneshot.
Judul : Cat In The Moonlight
Pairing : Hinata Shoyo x fem! Readers
Fandom : Haikyuu!!
Genre : Fanfiction & Fantasi.REVIEW
1. Ketepatan dialog tag & aksi.
:: Masih terdapat banyak kekeliruan & dialog tag yang diulang-ulang.
Kuperhatikan banyak banget di dialog aksinya kesalahannya. Mirai sering pake huruf kecil di akhir tanda petik, itu salah ya.
Dan Mirai kudu banyak nyimpan stok dialog tag lagi biar bervariasi. Kuperhatiin cuma ucap, ujar & tanya.
:: Sudah bagus di beberapa versi. Cuma perlu dilatih kembali dialog tag di antara dialog aksi.
:: Untuk yang satu ini sepertinya tidak ada masalah fatal. Meray sudah punya dasar dan pemakaian yang sudah cukup tepat. But, kalo ada opini lain, douzo. Pertahankan yang sudah benar, tingkatkan lagi kemampuanmu dalam diksi, itu akan menambah minat pembaca, dan juga biar dialog tagnya gak itu-itu aja. >v<~!
:: Idk, tapi menurutku udah bener ... ya gatau deh, gak terlalu paham bagian ini, hehe
:: Menurut aku sih, bagian ini bagus bagus aja
:: Menurutku udah bagus. Tapi mungkin, pas di dialog aksi, perbanyak hal menarik dan diksi biar enggak bosan bacanya. But, itu udah bagus.
:: Untuk yang ini udah bagus, kokk. Udah rapi dialog tag dan aksinya~! Pertahankan!2. POV.
:: Pov tiganya menurutku udah tepat, gak ada kebocoran.
:: Setiap POV sudah tepat. Mirai sudah bagus memainkan POV 3-nya.
:: There's no problem in this point, lanjutkan! >v<~!
:: Untuk di point of view-nya gak ada masalah. Udah bagus.
:: Udah bagus. Pake POV tiga ye kan? Aku bisa paham gimana alur ceritanya 👍3. Ketepatan tanda baca
:: Masih kurang. Harus lebih teliti lagi.
:: Diteliti lagi, ya!4. Penyusunan kalimat.
:: Sederhana & lumayan bagus👍
Tapi sayang, aku sempat nemuin terlalu banyak kata yang boros di satu paragraf.
:: Lumayan bagus cuma perlu dikembangkan lagi kalimat2 dalam narasinya biar kerasa feelnya. Ndak perlu diksi muluk2 yang penting pembaca "tahu" rasanya.
:: mudah ditangkap pembaca, lanjutkan! >v<~!
:: Udah bagus kok.
:: mudah ditangkap pembaca dan simpel
:: Mudah dimengerti.
:: BAGUSSS. Gak ada kata-kata yang bikin pusing "ini artinya apa?" Gitu😂👍5. Gaya bahasa.
:: Ringan, remaja banget & mudah dipahami.
:: semi-baku sudah sangat bagus. Pun semi-baku-nya ngga kerasa g kerasa baku2 amat dan gak terlalu non-baku amat.
:: sederhana dan mudah dimengerti, lanjutkan! >v<~!
:: Sederhana, enak di baca.
:: sederhana dan mudah dimengerti
:: Sederhana, tapi menarik.
:: Good 👍 just, yah, sepanjang perjalanan kamu nulis pasti bakalan berubah-ubah 'kan? Bisa dibuat lebih baik lagi>~<6. Konflik
:: Konflik remaja banget yang suka julid hidup orang padahal gatau apa-apa.
Tapi, entah kenapa bagiku bumbu gregetnya itu kurang.
:: Cukup mengesankan, tapi keren, kok.
:: hm... konflik itu ide dasar ceritanya, jujur saja saya sudah pernah baca belasan karya dengan tema yang sama. Jadi maaf, kalo dari saya, konfliknya kurang 'mak jleb' gitu, karena bahasa klise menurut saya terlalu kasar. Biar tambah sedep, berilah sedikit bumbu di psychology characternya. I mean, [Name] dibully, dan menurut saya itu kurang greget.
:: apa ya, aku juga bingung ngejelasinnya kayak apa. Mungkin waktu (name) dibully menurutku kurang greget?d
:: Ini agak kurang greget, tapi sudah cukup bagus.
:: Untuk ini ... jujur konflik tentang bully udah banyak yang make, but kalo kamu buat yang lebih nges feel lagi, lebih mendeskripsikan perasaan [Name], mungkin bakalan keliatan deh perbedaanya, yaa~Kelebihan ::
• Konfliknya realita remaja banget hehe.
• Tulisannya mudah dipahami.
• Scene Hinata ngesupport mbak Nem bikin baper ueueue.
• Secara pribadi, membuat saya makin berani berimajinasi, karena cerita Mirai banyak mengandung hal-hal yang fantastis (bagi saya, ya). Dan sedikit pelajaran bahwa segala sesuatu tak butuh lebih asal ada sosok yang kita sayang atau cintai.
• Bahasa sederhana
• Mudah dipahami
• Storyline rapi
• Konflik yang sederhana (biasanya ditemui di oneshot/cerpen)
• POKOKNYA BAGUS, GAK BISA SY JELASKAN DENGAN KETIKAN
• Bahasa sederhana
• Mudah dipahami
• Bahasanya sederhana
• Rapi juga.
• Alurnya bagus, jujur, apalagi ini tentang fantasi😭❤️ dan juga mudah dipahami maksudnya.Kekurangan ::
• Dialog aksi kurang tepat.
• Banyak penggunaan huruf kecil dan kapital yang keliru.
• Ada pemborosan kata.
• Tanda baca dan dialog tag aja.
• Masih ada beberapa penggunaan huruf kapital yang perlu dibenahi. Seperti pengunaan nama; 'Hinata', bukan 'hinata'. Lalu, penggunaan huruf kapital pada awal dialog; "Kamu gak cengeng kok..." (yang bagian itu)
• Typonya diperhatiin lagi ya 〒▽〒
• Penggunaan huruf kapital yang perlu di perbaiki. Seperti pengunaan nama Hinata
• Sama kayak kata Cece, masih ada huruf kapital yang harus diperhatikan.
• kurang greget
• Kalo menurutku ... typo, masih sedikit berantakan juga, maksudnya perhatikan lagi huruf kapitalnya, yaa. Aku dapat beberapa dari kalimat dan ada huruf besar di awal kata di tengah kalimat.Kritik ::
• Kalau mau bikin cerita2 sejenis kayak gini, pokoknya kamu harus buat lebih greget lagi. Ini bagiku kurang greget.
• Lebih teliti lagi untuk penggunaan tanda baca, ya.
• Bukan bermaksud menggurui atau bagaimana, toh saya juga masih belajar nulis genre fantasy, but, tambahkan bumbu dramatis sedikit, kamu bisa pakai itu di kondisi mental [Name] akibat pembullyan itu. Perbaiki kapital, yazz! Ini memang hal kecil, namun kesalahan sedikit saja akan mempengaruhi kenyamanan reader untuk membaca, apalagi bagi seorang perfeksionis. Semangat! >v<~!
• untuk konfliknya, mungkin bisa ditambah lagi biar nge-feel ke si pembacanya.
• Banyakin revisi, yaa, huruf kapital dan typo nya diperhatikan baik² lagi~Saran ::
• KAMU HARUS SEMANGAT BELAJAR ILMU KEPENULISAN💪💪 Aku tahu Mirai orangnya pasti mau belajar dari kesalahan.
• Perbanyak kosakata dan coba mainkan setiap kosakatanya agar jadi diksi yang indah dan sederhana.
• Revisi lagi sebelum publish, dan perhatikan pula typo tak disengaja dari jempol" besar kita :v. Di sini kamu punya beta reader, ga usah sungkan buat ngirimin naskah kamu ke kami/saya sendiri. Dan saya harap, kamu bisa ningkatin skill kamu lewat opini" ini. Terimakasih, dan maaf kalau ada yang tidak setuju. 🙏🏻
• perhatikan lagi kalau ada typo yang tidak disengaja.
• perhatikan huruf kapital-nya, jangan lupa di revisi sebelum di publish. Jadi, biar meminimalisir kesalahan.
• Yokk belajar lagi! Cari materi, referensi, buka KBBI dll biar cerita kamu lebih baik lagi dari ini🔥🔥Rating karya : 8.2
KAMU SEDANG MEMBACA
★ | Bedah Karya Warga :: Nakano District
Non-FictionBedah karya warga adalah agenda rutin yang diadakan tiap hari Rabu. Di sini seluruh warga akan mereview karya teman mereka dengan sejujurnya. Pembawa acara : Nakano Nisha ( @BluviBerry ) @NakanoDistrict