Materi Ke-limapuluhtujuh
: 26 Oktober 2021
¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤~¤
A. Pembukaan
Ekhem
Assalamualaikum, saatnya materi!MEMPROMOSIKAN CERITA
Sebelum itu kita bahas terlebih dahulu, apa itu promosi?
Promosi adalah cara memperkenalkan sesuatu yang bernilai jual pada seseorang. Konsep promosi kita gunakan untuk memperkenalkan karya yang kita miliki untuk semakin banyak pembacanya.
Promosi biasanya dilakukan setelah cerita dalam status Tamat dan tak jarang juga dalam status On Going
Biasanya pembaca akan menyukai cerita yang tamat, maka dari itu promosikan ceritamu secara besar-besaran saat ceritanya telah tamat. Percayalah, banyak yang akan menerima ceritamu dengan tangan terbuka
Kita lanjut yawww
1. Perhatikan Judul, cover dan deskripsi cerita
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum promosi adalah tiga hal yang pada dasarnya menjadi poin penting untuk menarik ketertarikan pembaca.
Lihatlah 3 komponen yang telah disebutkan, apakah kamu merasa ketiganya telah menarik? Jika belum, coba tanya orang lain. Barangkali pendapatmu berbeda dengan apa yang menjadi pendapat mereka.
Setelah dirasa yakin, maka kamu bisa mulai promosi.
2. Gunakan Teknik Pasar
Karena market di Wattpad kebanyakan diisi demand buat cerita bad boy, from rags to rich, modern Cinderella, dan juga fanfiksi, jadi salah satu cara ya dengan menulis cerita dengan mengikuti keinginan pasar. Bikin cerita yang disukai banyak orang dan diminati pasar. Intinya, ikuti kemauan mayoritas pembaca. Tentu saja promosi kita akan disambut oleh baik.
Kalau idealis dan nggak suka tema-tema pasaran begitu, coba utak-atik kata kunci/tagar di ceritanya. Isi sedetail mungkin. Pikirkan sebanyak mungkin variasi kata kunci yang mewakili cerita kita. Sebisa mungkin sisipkan kata kunci yang trend dan banyak dicari orang. Kalau di cerita itu ada tokoh dengan karakter nyerempet-nyerempet bad boy walaupun bukan tokoh utama, tambahkan aja kata kunci [bad boy]. Nggak usah sungkan.
3. Rajin update bab cerita
Kalau ceritanya mulai dikunjungi orang, jangan lupa untuk terus update cerita. Ini bisa meningkatkan peringkat cerita di kata kunci tertentu. Misal, di minggu lalu cerita A berada di peringkat #30 di kata kunci [bad girl].
Nah kalau cerita A ini nggak di-update lagi dalam waktu cukup lama, maka peringkat cerita akan turun, digantikan oleh cerita-cerita dengan kata kunci [bad girl] yang baru dan rajin update.
Gunanya peringkat kata kunci ini penting loh, soalnya ketika pembaca mencari kata kunci tertentu dan diurutkan berdasarkan urutan yang lagi hot atau trending bahkan terbaru, cerita-cerita dengan peringkat ataslah yang bakal lebih dulu dilihat pembaca. Jadi, konsisten untuk update itu penting.
4. Give and take
Jangan cuma mau cerita kita banyak yang baca tanpa mau membaca karya orang lain. Ya nggak harus semua orang yang promosi di wall wajib kita baca sih.
Baca aja cerita-cerita yang disukai, jangan lupa kasih bintang dan tulis komentar.
Tentu itu akan membuat penulis merasa seneng banget karena tulisannya banyak direspon, apalagi dalam bentuk komentar. Kalau para pembaca ikutan gregetan sama salah satu tokoh, misalnya, terus nulis komentar. Atau jawab receh-receh di bagian a/n atau author's note.
5. Ramah Lingkungan
Selalu menyapa para pembaca walaupun mungkin pembaca maunya baca cerita aja, tapi kasih note dikit-dikit biar membangun chemistry gitu sama pembaca haha. Jadi lebih bisa tahu apa maunya mereka, kritik atau saran.
6. Promosi di Sosial Media
Zaman sekarang sosial media bisa menghubungkan antara dua pulau, tiga bahkan empat. Maka gunakan kesempatan itu untuk berteman dengan banyak orang di sosial media.
Promosi bisa dilakukan di FB, WhatsApp, Instagram dan Twitter.
Untuk FB, Instagram dan Twitter sendiri perlu diberikan tagar-tagar yang seusai agar pembaca bisa menemukan karya kita.
7. Minta dukungan teman dan keluarga
Kita makhluk sosial, tidak mungkin bisa lepas dari keduanya.
Dukungan dari mereka tanpa kalian ketahui bisa berupa vote, komen ataupun membantu mempromosikan karya kalian pada kenalan mereka.
Oleh karena itu jangan sungkan untuk meminta dukungan. Percaya atau tidak mereka pasti akan ikut membantu mempromosikan ceritamu tanpa kamu minta.
Dikutip dari laman.
Bagaimana caranya tulisan kita di wattpad menjadi terkenal?
Sering-sering erinteraksi dengan nitizen wattpad, karena, engga bisa dielakkan lagi kalau semakin banyak kita muncul di profil orang, semakin besar pula kesempatan karya kita muncul di beranda orang tersebut sebagai rekomendasi.
Cara berinteraksi macam2, bisa dengan komen dan vote di cerita penulis lain atau sekedar kirim pesan secara personal atau di wall.
Kalau mau komen, jangan komen yang isinya membujuk penulis untuk baca karya kamu, apalagi kalau kamu komen begitu di karya orang. komenlah secara tulus, tunjukkan kalau kamu benar2 suka dengan ceritanya, atau komen tentang eyd juga boleh. kalau aku pribadi suka dikomenin eyd yang salah, asalkan yang komen tidak menulis dengan nada menggurui dan sok.
Perlu diingat, promosilah dengan sopan, jangan promosi ke orang yang memajang kata2 bernada "aku cuma baca yang aku pengen", atau "jangan promosi di wall aku ya" karena percuma, karya kamu gak bakal dibaca.
Saran aku, pilihlah user yang posisinya hanya reader saja, yang tidak punya karya, karena biasanya orang2 seperti itu memakai wattpad fokus untuk membaca saja. ketahui pula kesukaan orang, misalnya kalau kamu penulis teen fiction, hindari promosi ke wall orang yang sukanya baca horror.
Cara promosi bisa lewat pesan personal atau di wall. ingat, jangan promosi di cerita orang.
Berlatihlah membuat karya yang bagus dari hari ke hari. ini benar-benar penting untuk menjaga kualitas tulisan kamu. biasanya pembaca akan menemukan impresi mereka ke dalam suatu karya setelah membaca satu atau dua chap. kalau cerita kamu bagus, yakin deh, pembaca yang budiman pasti rela ngeshare cerita kamu, vomment cerita kamu, sehingga, sekali lagi, cerita kamu akan muncul lebih banyak sebagai rekomendasi di akun wattpad orang lain.
Ketahui selera pasar. karya yang terkenal adalah karya yang dibaca banyak orang, jadi kalau mau terkenal, kamu harus tahu bacaan seperti apa yang orang-orang suka. sebagai contoh, kalau yang terkenal adalah cerita tentang badboy, buatlah cerita sedemikian rupa tetapi dengan bumbu khas milik kamu.
Walaupun topik sama, kalau pengemasan berbeda, pasti readers akan menemukan keunikan dari karya kamu. selera pasar gak sesuai sama passion kamu?
Gampang. buat saja karya yang kamu suka, tekuni diiringi dengan kerja keras dan kesabaran, pasti akan berbuah manis.
Materi dikutip dari beberapa sumber.
***
Semoga bermanfaat^-^
KAMU SEDANG MEMBACA
Yuk, Berbagi Ilmu! [SELESAI]
SonstigesTentang kami yang memiliki satu tujuan. Namun, berbeda-beda tempat tinggal, ras, agama, budaya, adat istiadat, bahasa dan rupa. Facebook menjadi awal pertemuan, hingga pada akhirnya bersatu dalam grup WhatsApp. 13 Desember 2020. Satu tahun telah be...