Bedah Buku
META KARYA
Karya: RamsxesAuthor Commentary
Apakah cerita ini sudah layak untuk dibaca? Entahlah ... hahaha. Work ini sebenarnya masih bersatus draft pertama, namun karena urgensi kegiatan Bulan Literasi di komunitas kami, saya bersedia mempublikasikannya. Jadi sekiranya, mohon dimaklumi jika masih terapat banyak kekurangan, yang mana saya sendiri pun masih belum berpuas hati karenanya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan teman-teman dari Asrama Scifer di bawah ini. Mereka adalah rekan seperjuangan sejati yang memang sudah di tugaskan untuk “menampar-nampar” tulisan nekad yang masih butuh kritik dan masukan ini.
Pada awal-awal cerita, saya kesulitan untuk menjaga pacing sekaligus membangun konflik dan latar belakang secara bersamaan. Itu dapat terlihat dari betapa kakunya gaya bahasa yang saya tuangkan dalam narasi dan dialog. Yeah, saya tidak punya pilihan kecuali menjejali pembaca dengan jargon-jargon yang mungkin tidak semua orang dapat mencernanya. Begitulah cara terbaik yang bisa saya lakukan untuk menyampaikan ide, dan saya masih harus banyak belajar tentang itu. Tapi percayalah tidak satupun dari kata-kata tersebut ditulis dengan sia-sia, kesemuanya sangat padat informasi yang dibutuhkan di depan cerita nanti.
SEA
Bab 1-4
SUMPAH! GILA! Gak tau mau milih kata apa lagi buat ungkapin rasa kaget, serius, selama aku baca setiap tulisannya Kak Rama itu beneran kayak sihir. Dari segi gaya tulisannya aku suka, formal cuma pembaca masih bisa paham apa yang lagi terjadi, tanda-tanda bacanya juga udah rapih, dan yang paling aku suka itu ... cerita kak Rama ini detail! penuh dengan ilmu! walau aku jadi ngerasa orang bodoh yang gak tahu apa-apa setidaknya aku dapet ilmu baru dengan modal rebahan, kan? saat ini aku gak ngasih saran ataupun kritik, karena cerita Kak Rama udah memenuhi standarku banget!
Jujur emang agak pusing dengan fakta, teori, politik dan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya, tapi gara-gara itu juga ngebuat pembaca jadi tercengang dan bisa panen ilmu.
Semangat nulisnya buat Kak Rama!
Gilang Gazi
Bab 1
Pembukaan cerita yang sangat baik. To the point dan ngga bertele-tele. Cara bang Rama membawakan cerita lewat rangkaian diksi yang indah sekaligus berbobot patut menuai apresiasi. Pengenalan Satria -selaku karakter utama dibawakan dengan bagus walau tidak secara langsung menarik minat pembaca. Penuturan konflik internal dan eksternal karakter ditampilkan dengan perlahan namun mudah dipahami.
Bab 2
World building yang begitu baik. Nuansa Sains fiksi dan politik yang begitu kental. Terutama terkait pemakaian istilah astronomi dan unsur geopolitik. Penulis benar-benar menyeret isi kepala saya dengan serangkaian informasi penting yang sejatinya berat, tapi ringan untuk dikonsumsi. Untunglah, penulis ringan hati memberikan ilustrasi dan penjelasan istilah ilmiah untuk memudahkan menangkap isi cerita. Serius, bagi penggemar scifi, narasi yang dibawakan begitu bikin nagih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
RandomKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...