Trio Kacang Buncis

506 70 4
                                    

Sesuai namanya, trio kacang buncis kesayangan kos-kosan depan rumah pak RT. Jika ditanya mengapa harus kacang buncis? Jawabannya karena filosofi buncis yang murah, enak dan gurih.

Murah, bukan berarti murahan. Tapi mereka mau diajak kemanapun, makan apapun dan dimanapun walaupun harganya murah. Tapi rasanya harus enak, gitu kata mereka. Apalagi new yang dasarnya pemakan segala, krist yang bukan picky eater, dan gun yang oke oke aja, komplit mereka bisa diajak merakyat.

Enak, enak diajak ngobrol maksutnya. Alias jadi temen curhat oke, jadi temen sleepcall bisa banget, sampe diajak nggosip mbak-mbak ART rumah sebelah bareng gunsmile juga hayuuuk, cuma ngomongin masa depan bersama aja yang belum jiaaakh.

Gurih, sebenernya ini akal-akalan gun aja sih nambahin gurih di filosofi trio kacang buncis. Menurut gun gurih tuh yang dicari orang-orang. Masakan tanpa rasa gurih ga mantep, hambar, ga nendang dan ga endul surendul. Trus abis itu dijawab sama krist "bukannya masakan tanpa garam ya yang hambar"
Dan selanjutnya krist ditampol oleh gun.

Tapi arti sebenernya dari asal-usul trio kacang buncis adalah celetukan gunsmile. Gunsmile yang seperti biasa lagi ngelap motor kesayangan ditemani bright yang lagi ngegenjreng gitar sambil godain ART sebelah yang lagi jemur pakaian.

"Duh mbak sari makin cakep deh"
Ini suara genit gunsmile

"Mas mail bisa aja" Seperti biasa mbak sari langsung mesem-mesem digodain kayak gitu, mana bright ikut-ikutan senyum. Makin-makin deh mbak sari merasa jadi ART paling cantik sekecamatan.

"Hai mbak sari"
Mbak sari menoleh pada anak sd yang lagi naik sepeda mini sambil minum es jasjus.

"Prom mau berangkat sekolah ya?"
Prom anak pak RT yang disapa balik menghentikan sepedanya.

"Pantesan mbak sari dari dulu jadi ART pak podd terus, ga pinter-pinter sih. It's sunday mbak sundayyyyyy"
Gunsmile dan bright menyemburkan tawanya, geleng-geleng sama kelakuan ajaibnya prom, si bocah nakal.

"Heh, kamu tuh anak pak RT, ndak boleh gitu prom! Anak RT kok ndablek. Yang sopan sama orang yang lebih tua"
Mbak sari berkacak pinggang sambil ngomelin prom.

"Yang pak RT kan ayahku, aku akan anak kecil, ga papa aku nakal, soalnya masih sekolah. Kalo aku udah lulus baru aku ga nakal, soalnya udah selesai belajarnya"
Prom mencebikkan bibirnya lalu melanjutkan mengayuh sepedanya.

Mbak sari, gunsmile dan bright dibuat menganga. Emang ada aja tingkah anak pak RT itu. Lalu gunsmile kembali menoleh pada mbak sari.

"Mbak sari hari ini masak apa?"
"Masak tumis kacang buncis mas mail, mas mail mau? Saya masak banyak biar bisa ngasih mas mail"
"Kacang buncis-"

Bersamaan dengan itu krist, new dan gun membuka gerbang dengan tertawa riang. Dan saat itulah, tanpa hujan tanpa angin tanpa permisi gunsmile memberi nama mereka bertiga trio kacang buncis.
Cerita selesai.

(enggak kok, yang selesai cerita asal-usul trio kacang buncis)

*
Setelah acara makan di pujasera, akhirnya trio kacang buncis memutuskan untuk balik ke kosan, hari ini cukup satu matkul, jadi nyantai. Lagipula new dan gun juga masih mau nagih cerita abang singto, soalnya pas di pujasera ga jadi ngomongin abang, malah gibahin kak lee dan ceweknya kak off yang kebetulan lewat dan sukses buat gun galau sementara.

Ketika sampai didepan kosan, ketiganya menghela nafas lega. Maklum dari kampus ke kosan ditempuh dengan jalan kaki, biar sehat katanya. Tapi ini cuma alibi, soalnya mereka masih mau jalan sambil beli makanan dipinggir jalan gitu.

Origami | TayNewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang