Halo guys, balik lagi nih nulis jurnal, cuman disini mau coba fokus ke menceritakan pengalaman Luthfi selama mendalami dunia foto dan videografi. Banyak sih hal-hal yang terlewatkan untuk dituliskan karena rasa males yang masih tinggi. Di hari senin ini Luthfi mau coba kembali menuliskan apa yang ada di dalam pikiran ini.
Pagi tadi, Luthfi ngeliput kegiatan Dinas, Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Pasar Ciwastra. Tidak beda jauh dengan suasana liputan pada umumnya. Venue padat penuh dengan orang. Banyak tantangan dalam mendokumentasikan acara tersebut. Karena masih dalam kondisi pandemi, tentunya kita tidak disarankan memotret kerumunan dan orang yang tidak memakai masker. Sedangkan pada saat itu kondisinya seperti itu, banyak kerumunan dan orang-orang ada yang tidak memakai masker. Belum lagi ruang gerak yang tidak leluasa karena tempat yang sempit dan diisi banyak orang.
Ditambah dengan ada pimpinan yang datang, pada saat itu Ketua DPRD Kota Bandung, Bapak Tedy dan Sekda Kota Bandung, Pak Ema yang hadir. Tentunya mereka menjadi point of interest di setiap foto dan video. Hal itu ditambah dengan tuntutan kantor yang harus merangkap tugas, jadi fotografer, videografer plus harus langsung mengirimkan hasil dokumentasinya untuk diolah langsung oleh tim humas lainnya.
Pengalaman satu tahun dalam memegang kamera, tentunya masih jauh dikatakan profesional. Kadang Luthfi masih agak kesulitan dalam menentukan posisi dalam mengambil gambar, pengoperasian segitiga exposure masih belum terlalu cepat juga.
Hal yang nyebelin tapi seru juga, disaat berburu gambar yang bagus dengan fotografer lain atau dengan wartawan yang datang ke tempat. saling menginjak kaki karena tidak sempat melihat ke belakang, saling sikut sudah menjadi hal yang biasa. Pagi itu menjadi sangat melelahkan karena harus menanggung beban tas ransel dan tas kamera yang menggelantung di badan.
Satu hal yang harus Luthfi coba explore kembali saat ngeliput, coba minta testimoni dan mengarahkan objek yang sekiranya bisa kita arahkan. Dah ah segitu dulu yaa, bye-bye