— Berhentilah Merasa Kesepian
Kesepian bisa dikategorikan sebagai sebuah penyakit. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan bisa menjadi kronis. Karena itu jangan biarkan diri kita digerogoti sepi. Saat kesepian melanda, coba lakukan 5 hal yang diungkap oleh psychologytoday.com ini untuk mengatasi rasa sepi itu:
01. Jangan pernah salahkan diri sendiri
Percayalah, tidak ada seorang pun yang menginginkan dirinya mengalami kesepian. Kesepian bukan berarti sendiri, tapi bisa juga ditandai dengan perasaan penat, lelah, jenuh, dan hampa. Jangan pernah salahkan diri sendiri, sebab hal itu hanya akan memperburuk keadaan kita.
02. Memelihara hewan
Memiliki hewan peliharaan bisa membuat Anda merasa memiliki teman dekat yang asyik. Selain sebagai teman, hewan peliharaan juga bisa dijadikan terapi untuk meningkatkan kesehatan mental.
03. Pergi ke tempat yang disukai
Jalan-jalan atau pergi ke tempat yang disukai juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari perasaan kesepian. Pilihlah tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya.
Bila memungkinkan, bergabunglah dengan para pelancong _(traveler)_ yang juga sedang berkunjung ke tempat tersebut. Bertemu dengan orang baru akan membuat kamu tidak lagi merasa sendiri.
Yang perlu kamu ingat jika ingin jalan-jalan saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini adalah selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun secara rutin, dan menghindari kontak dengan orang sakit.
Namun, alangkah baiknya untuk menunda dulu rencana kami untuk jalan-jalan, karena berpergian dapat meningkatkan risiko kamu terinfeksi virus Corona. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba cara lainnya untuk mengusir rasa kesepian kamu.
Contoh lain nya, kamu bisa ngelakuin hal yang kamu suka ya. Kalau aku sendiri pasti langsung dengerin musik.
04. Berdamai dengan rasa sepi
Ketika kamu merasa sendiri, jangan ingkari perasaan tersebut. Sadarilah kehadiran perasaan ini seperti hadirnya perasaan senang. Biarkan rasa sepi masuk ke hati kamu dan berdamailah dengan perasaan tersebut. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mengusir rasa kesepian yang kamu alami.
05. Buat rencana untuk melawan kesepian
Setelah kamu menerima dan menyadari segala hal tentang kesepian yang kamu alami, sekarang saatnya membuat rencana untuk melawan dan mengatasi kesepian tersebut.
Kadang, obat untuk mengatasi kesepian itu sederhana. Misalnya duduk santai bersama ibu kamu sambil minum teh dan mengobrol soal kekhawatiran dan kegalauan kamu saat ini. Meskipun setiap hari kamu bertemu dengan anggota keluarga, mungkin yang kamu butuhkan adalah waktu berkualitas bersama, tanpa gangguan sama sekali, untuk bisa mengusir kesepian.
Jika orang-orang terdekat kamu tidak mendukung, cobalah untuk “melebarkan sayap”. Misalnya dengan bergabung di sebuah komunitas baru, ikut kursus keterampilan supaya bisa bertemu dengan orang-orang baru, atau curhat dengan terapis.
Nahh kira" begitu yang bisa kita lakuin saat rasa kesepian menyerang kita.
Tapiii
Ngomongin soal kesepian,kamu tau ga sih secara umum kesepian diartikan sebagai suatu respons.
Hah, kok respons?
Menurut peneliti Tilmann von Soest dari Oslo University, respons yang dimaksud merupakan respons diri terhadap perbedaan yang kita rasain antara kuantitas dan kualitas kehidupan sosial yang diinginkan dalam hubungan sosial yang sebenarnya.
Gampangnya, kesepian merupakan suatu reaksi dari diri kamu karena apa yang kamu inginkan dari kehidupan sosial gak sesuai sama harapan. Misalnya, kamu pengen teman-teman kamu selalu ada pas kamu lagi galau butuh tempat cerita. Eh, ternyata mereka lagi ada kesibukan masing-masing yang gak bisa ditinggalin.
Nah, di situ mungkin kamu bakal merasa kesepian karena kehidupan sosial kamu gak sesuai sama harapan.
Dalam memahami arti kesepian, setiap orang mungkin punya pemaknaannya tersendiri. Seperti kesepian karena gak ada teman buat ngobrol, merasa terasingkan, ditinggalkan orang yang ia sayang, sampai ditinggal untuk selamanya.
Jadi, sudah sepantasnya buat kita gak langsung nge judge orang yang kesepian bukan? Karena setiap orang punya masa lalunya masing-masing, guys. Ringkasnya, menurut saya, obat ampuh saat merasa kesepian adalah berbicara. Ya, walaupun gak harus selalu bicara. Kadang dengan kamu lakuin hal-hal baru itu juga bagus, kok. Jadi, ini kembali ke dirinya masing-masing, ya.
Cinta diri sendiri, ubah mindset buruk, dan lalukan sebanyak apapun kegiatan yang kamu inginkan 💗💪🏻
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Psychology ✔
Non-FictionHallo! Sudah sejauh manakah teman-teman belajar tentang Psychology? Teman-teman tau gak, kenapa kita perlu belajar Psychology? Jawabannya karna Psikology membantu kalian mengetahui sikap manusia sebagai upaya menyesuaikan diri serta berhubungan den...