Anxiety.
Aku adalah Lunaris, apapun yang kalian ketahui tentang kami tidaklah nyata.
****
Bumi, 2168.
Bumi berkembang dengan cukup pesat. Kami bukan lagi bumi yang tertulis pada naskah-naskah kuno dimana mengatakan masa depan bumi sangatlah buruk. Hutan-hutan kini tidak dipenuhi pohon yang hijau lagi. Pohon Kristal lah kehidupan kami sekarang. Pohon-pohon ini dibentuk oleh pengkristalan sejumlah oksigen dalam jumlah yang besar sehingga mereka membeku dan membentuk sebuah pohon. Di setiap ujung Kristal-Kristal yang membeku ini bekerja seperti klorofil, bahkan mereka menghasilkan oksigen kapanpun mereka mau.
Kami sudah bergerak cukup jauh tentang kehidupan. Kami sudah berada pada tingkat tertinggi dalam peradaban manusia. Segala hal yang kami impikan sudah tercapai. Impian-impian yang dulu hanya tertulis buku-buku kuno sebagai sebuah hal yang fiksional, kini sudah menjadi realitas kami.
Ya, semua karena Lunar.
****
Aku berlari menjauh dari tengah kota.
Lunar Project ke-68 dilangsungkan esok hari. Namun, para Lunaris harus segera dikumpulkan dan dimasukan ke dalam Sanatorium hari ini. Lunaris adalah sebutan bagi mereka yang harus mendapatkan sebuah Brain reconditioning untuk memunculkan Alter-Ego mereka, untuk memunculkan suatu realitas baru pada diri mereka. Mengubur realitas lama yang telah mereka miliki dari lahir hingga mereka mendapat giliran menjadi seorang Lunaris.
Kau tahu kenapa Bumi berkembang begitu cepat? ya, semua karena Lunar.
Semua orang yang menginjak usia ke-17nya harus mengalami proses ini. Ya, karena sepanjang bayi hingga menginjak usia ke-17 manusia pada dasarnya hanya dikendalikan oleh natural drive-nya, jadi realitas yang mereka yakini dan miliki hanya berdasar pada natural drive mereka. Para ilmuwan meyakini natural drive adalah kumpulan insting-insting negatif manusia. jadi dengan Lunar , mereka bisa menghapus semua insting-insting kemanusian yang ada di alam bawah sadar manusia.
Itulah Lunar. Mungkin hanya Aku yang menolak hal seperti ini. Alasanku kuat. Karena Lunar lah aku kehilangan teman-temanku, termasuk Tersia. Ya, setiap manusia setelah mengalami Lunar akan kehilangan sebuah realitas yang mereka miliki sebelumnya. Mereka akan menjadi orang yang baru, mereka akan kehilangan insting-insting sebagai manusia yang diantaranya hidup bersosial dan lain-lain. Mereka akan seperti robot, dimana fungsi kognitif mereka sudah dimanipulasi.
Lunar adalah sebuah bio-teknologi yang ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan terhebat negeri ini puluhan tahun lalu. Setidaknya itu yang kudapat dari kelas bio-kimia yang ku ikuti dulu. Mereka-para Lunaris-yang akan mengikuti program Lunar akan ditempatkan di suatu Sanatorium. Dimana para Lunaris dibiarkan tertidur-tentunya dengan sudah dilakukan pengkondisian. Mereka dipaksa mencapai titik Rapid Eye Movement pada tidur mereka, agar mereka bisa bermimpi dan mencapai titik terjauh dalam mimpi itu.
Karena sebuah mimpi tepat berada di alam bawah sadar tempat dari Natural drive manusia berada.