1

872 94 20
                                    

—Kakashi

Kuliah di teknik lingkungan itu impian gue dari dulu. Ngedenger prospek kerja yang menjanjikan setelah lulus dari fakultas ini jadi faktor utamanya.

Mungkin buat orang-orang, kuliah itu yang penting sesuai passion. Tapi buat gue yang gak punya orang tua buat nanggung biaya hidup, duit jadi pusat hidup yang harus gue prioritasin sekarang.

"Oi, Kakashi!"

Itu Obito, sahabat gue dari SMP. Kita kenal karena pernah segeng bareng. Waktu itu, gue masih rebel banget anaknya. Suka ngerokok, tawuran, pokoknya gak mau diatur.

"Buset, jadi ngambis banget ya lu sekarang. Lu nyadar gak sih kalo adek tingkat lagi digoblok-goblokin di bawah?"

Iya ya? Sekarang udah ospek. Masa horror buat maba. Gak tau ngikutin tradisi dari mana, tapi fakultas gue emang suka sok galak pas ospek. Katanya sih biar terbiasa hidup keras.

"Gak tertarik deh. Gue habis nugas ini mau ke kantin aja, laper."

Obito tertawa. "Yaelah kaku amat. Seru tau liat muka panik mereka."

Gue mendengus. Apa menariknya liat kumpulan orang sok superior beda satu tahun yang jelek-jelekin mahasiswa polos?

"Gue ke kantin. Lu mau ikut apa enggak?"

Obito menggeleng. "Ntaran deh. Gue udah janjian juga sama Rin di sini."

Rin itu pacaranya, sahabat gue juga. Kita sering kemana-mana bertiga. Kebetulan satu dosen wali juga sama pak Minato.

"Oke, duluan ya."

Gue berjalan santai ke kantin terdekat. Perut udah bunyi daritadi, gak tahan pengen makan batagor Mang Teci yang menurut gue the best batagor in teh world.

Porsinya banyak, bumbunya kagak pelit, dan tetep crispy meskipun udah lama dituang saus kacangnya. Duh, baru bayanginnya aja udah laper.

"Mang, batagor satu."

Habis pesen batagor dan sedikit sksd sama Mang Teci, gue duduk di spot ternyaman yang kenceng wifi.

Suasana kantin emang biasa kaya gini sih. Ricuh, banyak anak tongkrongan yang kalo ketawa kaya penonton acara lawak. Tapi gak tau kenapa, di tengah semua kericuhan ini, gue tetep ngerasa sepi.

Gua gak tau sejak kapan, tapi rasanya, dari dulu ada hal yang harus gue cari, gue temuin, dan gue kejar. Sayangnya, gue gak pernah tau itu apa. Dan memilih buat lanjutin hidup sampe nemu jawaban itu.

"Kak, boleh minta tanda tangannya?"

Berdiri cowo yang kayanya adek tingkat, sambil nyodorin buku tulis dan pulpen.

Itu pasti buku tanda tangan. Dulu gue juga dapet tugas gituan selama ospek. Karena gue tau seberapa susahnya buat mintain tanda tangan kating, tanpa lama gue pun mengambil buku dan pulpen terus menuliskan tanda tangan gue di sana.

"Makasih, kak!" Ujar bocah itu seneng.

Aneh. Padahal cuma dikasih tanda tangan, tapi senyumnya lebar banget udah kaya diangkat jadi hokage. Tapi gak tau kenapa, senyum itu ikut nular ke gue. Yaa, meskipun gak bisa orang lain liat juga sih karena ketutup masker.

Bocah itu pun berlari ke kumpulan temannya yang sepertinya juga kebingungan buat mintain ttd kating.

"Nih, kang, batagornya. Selamag menikmati."

Sodoran piring mengalihkan lamunan gue dari bocah tadi. "Oh iya, mang, makasih ya."

Emang dasarnya kantin rame, bocah tadi udah ilang aja. Menghela napas, gue pun memutuskan menikmati batagor hangat yang udah menuhin pikiran gue daritadi.

Kating [Kakanaru]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang