Berdasarkan judul sub-bab diatas saya akan memberi sedikit tips-tips untuk kalian, agar apa saja langkah yang di ambil sesudah lulus sekolah.
Sebelumnya, kalian harus tau tujuan sekolah kamu itu untuk apa dan setelah lulus nanti kalian akan kemana. Itu adalah point yang penting untuk kalian terapkan.
Karena memiliki tujuan adalah pondasi terpenting, sehingga menumbuhkan semangat terutama dalam mengemban pendidikan.
Jika kalian memiliki Tujuan, dari sekarang saya harap kalian sudah berproses untuk mencapainya.
Contoh hal nya jika kalian memiliki tujuan ingin kuliah, dari sekarang kalian harus mencari-cari Universitas mana yang akan kalian tuju, bahkan jika ada yang ingin kuliah mendapat beasiswa, kalian harus lebih ekstra dalam belajarnya. Karena kalian harus menerapkan pola pikir, berjuang terus tanpa menyerah, karena kalian akan bersaing 1:10000 orang-orang yang berburu beasiswa.
Mendapat beasiswa dengan teknologi canggih dan mutakhir zaman sekarang adalah hal mudah untuk mencari berbagai sumber informasi.
Karena, kalian dapat mencari imformasi beasiswa melalui akses internet.
Beasiswa dapat kalian pilih seperti melalui jalur Akademik dan non-akademik.
Jadi, aktif lah kalian dalam kegiatan sekolah seperti organisasi dan ekstrakurikuler. Seperti hal nya jalur non-akademik, kalian jika pernah menjuarai suatu perlombaan, maka dengan piagam atau medali yang kalian punya dapat mengantarkan kalian pada beasiswa, ada berbagai macam potongan harga yang ditawarkan, bahkan ada juga yang memberi beasiswa full 100%, itu sendiri sesuai dengan juara keberapa dan tingkat perlombaan yang diikuti.
Jika kalian memiliki tujuan untuk menjadi abdi negara, kalian harus bergerak dan berproses dari jauh-jauh hari.
Karena proses nya tidak lah mudah, apalagi akan mengemban pendidikan di dunia militer. Mereka para pelatih mendidik dengan sangat matang dan keras, karena dengan tujuan 'lebih baik mandi air keringat, dari pada mandi air darah' dan seperti cuplikan lirik lagu 'Lebih baik gagal di medan latihan dari pada gagal di medan pertempuran, mari kita berlatih bersama, kalau tidak mau pulang nama'.
Oleh karenaitu pembentukan fisik terutama sangat penting di siapkan dari jauh-jauh hari. Karena push up, pull-up, lari, shuttle run, berenang dengan gerakan yang benar serta psikotes adalah suatu hal yang harus dipelajari dengan rajin dan konsisten.
Sebab semua itu tidak dapat di lakukan secara mendadak. Prepare adalah hal terpenting dari jauh-jauh hari.
Serta kesehatan mata, gigi, dan lain lain, adalah hal yang harus kalian jaga dari sekarang, seperti kesehatan mata, kalian jangan bermain ponsel terlalu lama karena menjadi abdi negara di negara indonesia tidak bisa memakai kacamata. Dan jika giginya bolong lebih baik ditambal dulu, serta jika tidak rapih lebih baik rapihkan dulu. Intinya persiapkan dengan matang.
Dan satu hal lagi, untuk menjadi Abdi negara, persiapkan kelengkapan berkas dari sekarang, seperti kartu keluarga, akte, bpjs aktif, ijazah sd-Smp-Sma/k, dan masih banyak lagi berkas yang harus disiapkan.
Jangan sampai pada saat nanti validasi berkas-berkas kalian tidak lengkap, sehingga kalian gugur dalam tahapan administrasi.
Seperti pengalaman saya, yang bercita-cita ingin menjadi Tentara Nasional negara indonesia, namun kurang lengkapnya administrasi membuat saya tidak melanjutkan tes tersebut. Bukan gagal dalam administrasi, namun saya lebih memilih tidak melanjutkan.
Dan oleh karena itu dari sekarang saya harap, untuk kalian yang sedang membaca ini, jika kalian punya tujuan kalian harus berusaha meraihnya serta persiapkan semua dengan matang dan terstruktur, jangan takut untuk mencoba, jangan takut gagal, takutlah jika kalian tidak sama sekali mencoba.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kehidupan Setelah Masa Putih Abu | ON GOING
General FictionLulus sekolah mau jadi apa? Kuliah? Kerja? Wirausaha? Atau Menikah? | | | Ini adalah cerita tentang sebuah masa dimana yang akan di alami setelah masa Sekolah menengah atas/Kejuruan. Dimana tumbuh menjadi dewas...