Historicus • Ackerley Case

8 2 0
                                    

Bedah Buku
"Ackerley Case"
Oleh
meynadd

●●●

• [ Sinopsis ] •

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

[ Sinopsis ] •

Sebuah penyerangan besar secara diam-diam terjadi di istana kerajaan Ackerley. Menewaskan beberapa anggota kerajaan terutama tewasnya Raja Darwin dan putra semata wayang, Pangeran Charles, dalam waktu semalam. Hal itu membuat Ratu Virginia yang baru saja pulang dari perjamuan teh terpaksa mengambil alih kekuasaan dan memecahkan misteri di balik penyerangan tersebut bersama para anggota kerajaan yang tersisa.

Begitu Ratu Virginia bersama para anggota kerajaan berhasil mengumpulkan berbagai macam petunjuk dan kemungkinan terjadinya penyerangan saat itu. Sang ratu lantas tak menyangka bahwa kasus tersebut ternyata ada kaitannya dengan kasus yang pernah terjadi di kerajaan berpuluh-puluh tahun silam sampai akhirnya rahasia suram di balik kerajaan Ackerley terungkap.

[ Kelebihan ] •

1. Pertama-tama, ide ceritanya berani beda karena menceritakan tentang kasus pembunuhan di salah satu kalangan kerajaan Britania Raya di abad ke-19. Harus diakui untuk mengeksekusi ide ini perlu persiapan yang banyak dan merepotkan.

2. Latar belakang cerita seperti geografi dan diplomasi Kerajaan Ackerley terasa dipersiapkan dengan cukup matang. Itu terlihat dari ulasan dalam narasi maupun latar pendukung yang disampaikan dalam cerita.

3. Tokoh Ratu Virginia mendominasi cerita dan benar-benar menunjukkan kesan heroine. Selain itu, diusung juga tentang tema feminisme di mana Ratu Virginia mengangkat posisi para wanita di dalam Kerajaan Ackerley, walaupun terkesan cukup terburu-buru.

4. Sampai sejauh ini, alur tentang penyelidikan pembunuhan dan pengenalan pihak-pihak yang menjadi antagonis mudah diikuti oleh berbagai kalangan. Maksudnya adalah penceritaannya serius, tetapi disampaikan dengan sederhana.

5. Kalo soal penulisannya sih rapi, pemilihan katanya gampang dipahami. Misterinya dapet juga, ala-ala konspirasi pembunuhan tokoh berpengaruh yang emang bakal sampe mana-mana pasti penyelidikannya.

6. Ceritanya menarik, aku baru baca 1 chapter dan mungkin bakal lanjut. Bahasanya juga gak berbelit, jadi bisa diimajinasikan dan bisa dicerna pembaca, gaya bahasanya juga bisa menggambarkan emosi penulis. (・∀・)

[ Kekurangan ] •

1. Banyak terdapat kalimat tidak efektif, terutama di mana tidak ditemukan subjek kalimat. Misalnya adalah "(1) Itu sudah jadi alasan mengapa Raja Darwin ... sebagai pendampingnya. (2) Untuk berjaga-jaga kalau dia sulit mendengarkan lagi." Kalimat (2) tidak mempunyai subjek dan bisa digabung dengan kalimat (1) menggunakan koma.

2. Beberapa pilihan kata tidak tepat, misalnya "... sang raja memberitahu tabiatnya mengundang para bangsawan ke istana ..." di mana tabiat berarti perangai atau kebiasaan. Oleh karena itu, kata tersebut tidak sesuai untuk menggantikan tujuan, niat, maksud, dan sebagainya.

3. Berhubungan dengan latar cerita, karena Kerajaan Ackerley berada dekat dengan Inggris maka aku berasumsi kalau mereka juga mengambil pengaruh dari kerajaan-kerajaan di Britania Raya. Hal ini berhubungan dengan prosesi pemakaman Raja Darwin dan Pangeran Charles. Royal tomb, khususnya bagi raja dan ratu terdahulu, tidak berada di tempat terbuka. Umumnya makam anggota kerajaan yang sangat berpengaruh berada di bawah suatu kapel, gereja, katedral, atau mausoleum.

4. Pertama karena ini fiksi sejarah berlatar sejarah Inggris pertama yang w baca jadi agak-agak bingung sama tokohnya apalagi ada kek gelar-gelar juga.

5. Lebih teliti aja, hanya beberapa kesalahan tanda baca, namun gak teralu mengganggu

[Saran]•

1. Penulis lumayan bereksplorasi dengan pilihan kata dan struktur kalimat yang disampaikan sehingga terkesan tidak monoton. Itu poin yang baik. Walaupun begitu, sebaiknya tetap mengacu ke KBBI dan PUEBI.

2. Karena menulis juga proses belajar, silakan dinikmati setiap prosesnya untuk menyampaikan sesuatu sekaligus belajar hal yang baru.

3. Mungkin bisa dikasih silsilah atau diagram singkat buat hubungan tokoh-tokohnya.

Salam Manis,

Tim Historicus

●●●

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang