Fantaser • Padam

39 2 0
                                    

Bedah Buku
"Padam"
Oleh
mamassome

●●●

• [ Sinopsis ] •

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

[ Sinopsis ] •

Kebebasan, cinta, kebersamaan.

Tiga hal yang tidak bisa dirasakan oleh Daniel.

Sosok manusia super yang tak dapat mati, tak dapat di sihir, dan tak dapat terkena penyakit.

Manusia dengan fisik sempurna yang amat diinginkan oleh semua orang hanya saja ia tak mempunyai emosi, tak punya rasa cinta dan hanya seorang mesin pembunuh berdarah dingin.

Hingga suatu hari, dia bertemu dengan orang orang yang menganggap dirinya sebagai manusia yang selama ini ia pertanyakan.

Sebuah keluarga kecil yang bahagia namun.

Sebuah niat jahat mulai menguji dirinya dengan kematian yang terus datang.

Akankah Daniel bisa menghukum kejahatan itu dengan kekuatannya?.

[ Resensi ] •

1. Serenade

Kesan pertama saya adalah ini akan menjadi kisah fantasi berlatar Nusantara atau melokal(?). Mulai dari penamaan karakter, latar, dan istilah lain yang rasanya begitu dekat. Namun, ternyata ketika masuk ke bab selanjutnya terdapat sebuah map yang menunjukkan dengan jelas kalau 'Padam' memiliki latar yang berbeda dari dunia nyata. Akan tetapi hal ini tidak mengurangi keunikannya. Saya yang terbiasa membaca fantasi barat dengan istilah dan penamaan ala barat juga, 'Padam' menjadi angin segar tersendiri.

Setiap akhir chapter terdapat hook yang sukses membuat saya jadi penasaran untuk terus melanjutkan. Ide cerita yang disuguhkan cukup menarik dan membuat saya penasaran apa yang terjadi pada Daniel, kegelapan seperti apa yang akan ia hadapi, dan sebagainya.

Hanya saja, ide yang menarik akan terasa kurang jika cara menyampaikannya masih belum maksimal. Ada banyak typo. Penulisan yang tidak sesuai KBBI dan PUEBI; kalimat yang tidak efektif, tanda baca yang masih belum sesuai, dan dialog tag yang juga harus diperhatikan lagi. (beberapa sudah saya ungkapkan langsung di tekape, ehe)

Untuk tokoh, saya merasa Daniel memiliki potensi yang besar untuk disukai pembaca (terutama saya), hanya saja untuk saat ini tokoh Daniel kurang digali sehingga belum bisa membuat pembaca lebih bersimpati padanya. Ini cukup disayangkan.

Oh, ada satu yg menjadi sorot utama saya. Chapter 7!

'Prince Some POV'

'Prince Some end'

Sebaiknya hindari penulisan yang seperti itu, apalagi terdapat di dalam satu bab utuh. Jika ingin mengubahnya ke POV 1, mungkin bisa dilakukan di bab tersendiri dan tidak tercampur dgn POV 3 yang menjadi POV utama di cerita.

Recensio BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang