Marcel: Rada Edan

20 2 65
                                    

Udah yang ke tiga kalinya gue nanya ginian ke Dilan.

"Lu 'kan sodaranya, masa gitu doang kaga tau."

"Kenapa gue harus tau?"

Dilan noleh ke gue juga nanya katanya kenapa gue kepo banget sama hubungannya Arin. Padahal biasanya juga mau trio lampir kayang juga gue kaga peduli. Bahkan mempertanyakan status uwuphobia akut gue.

"Ya cuma kepo, kok bisa itu cowok demen sama Arin."

"Apa iya?"

Sekarang gue yang natap sebel ke Dilan gara-gara mukanya ngajak gelut banget. Dia bilang Arin udah gede bukan bocil lagi yang apa-apa harus diawasin. Dan dia malah nge-suspect gue yang padahal gue sendiri kaga tau kenapa kepo banget sama hubungan Arin.

"Jadi si Rio cowoknya bu—'

"Yo!"

Dilan malah manggil orangnya sial, gue 'kan cuma nanya doang kenapa harus orang yang bikin gue kepo malah di panggil ngedeket. Ntar dia mikir gue yang kaga-kaga, berabe di gue. Parah emang Dilan, kaga ada solidaritasnya sebagai kawan.

"Noh tanya orangnya langsung."

"Kenapa, Cel?"

"Kaga papa yo, santai."

"Itu, si Marcel kepo katanya lu sama—'

"Duluan Yo, gue ada urusan sama curut satu, dah!"

Gue langsung narik tangan Dilan buat ngejauh. Sumpah dah ini orang ngajak gelud banget. Rio keliatan kayak yang bingung dan nerusin perjalanan dia yang emang mau berangkat ngerjain proker divisinya hari ini.

Kayaknya emang harus gue cari tau sendiri. 

Udah pisah sama si Dilan, gue mulai lagi program mediasi tanah wakaf kemarin. Sebenernya gue udah ngejelasin mending kalo gini urusin langsung aja ke yang lebih tau, semisal ke notaris atau mau disengketain ke pengadilan sekalian. Tapi keluarga almarhum kaga mau keluar biaya buat ngurusin gini.

Dan lebih milih numbalin gue? kampret.

Belum ada titik terang sebenernya, gue udah minta izin ketua buat ngobrol sama orang kantor desa buat nyelesein ini sengketa. Minta informasi juga buat Lembaga Bantuan Hukum terdekat di sini. Kalo kaga salah, LBH itu layanan gratis buat yang membutuhkan, kayak misalnya si orang yang ketitipan tanah wakaf kan posisinya terus dipojokin sama keluarga mendiang pemilik tanah.

Kalo orang LBH biasanya punya strategi yang lebih mateng buat akurin orang kayak gini, gue seenggaknya bisa diskusi sama mereka buat langkah apa yang harus di ambil, syukur-syukur kalo emang mau ngebantuin juga.

"Nih buat kamu."

Gue noleh liat Ivana berdiri di samping bangku taman yang gue dudukin. Taman kecil gitu yang biasanya di pake ibu-ibu ngerumpi kalo sore, deket lapangan. Sepi sih sekarang karna masih agak siang.

Perasaan ini taman sama puskesmas jauh dah, dia ngapain keliaran di sini pas jam kerja?

"Lu ngapain mabal jam kerja?"

Pertanyaan gue bikin Ivana diem sejenak sebelum cengengesan kaga jelas dan bilang katanya dia tadinya mau ke RT yang kebetulan lagi imunisasi tapi malah nyasar, liat gue jadi nyamperin. Karna di sini juga ada warung jadi sekalian beliin gue minuman.

Katanya.

"Posyandu di RT berapa emang minggu ini?"

"Di RT 11 makanya gue ke sini."

"Posyandu hari ini di RT 3, RT nya posko. Posko cuma 100 meter dari puskesmas."

Gue senyum ke Ivana yang keliatannya mendadak diem dan gugup kayak berasa kegap karna mungkin mikirnya gue kaga tau. Walaupun gue bagian hubungan masyarakat, tetep aja divisi gue masih bagian dari Tata Tertib, yang mana gue di kasih rundown jadwal semua anak-anak di divisinya masing-masing juga.

"Oh gue keliru ya, gue nggak hapal jalan makanya nyasar ke sini."

"Bangunan puskesmas keliatan dari posko, lu juga tiap hari ke sana."

Gue beranjak dari bangku yang gue dudukin dan emang karna kebetulan mediasi hari ini udah kelar, gue juga gabut kaga tau mau ke mana, akhirnya nganterin Ivana buat ke puskesmas. Baik banget banyak warga yang mau sewain motornya ke mahasiswa buat mobilitas, salah satunya gue, dipinjemin ibu-ibu yang waktu itu gue bantuin pasang gas sama ngangkatin galon.

Nyampe parkiran puskesmas, Arin ngeliatin gue dari meja yang biasa dia pake buat ngasih nomor urut. Dia cuma sendirian kaga tau tumbenan kaga bareng si Rio. Ivana langsung jalan nyamperin Arin dan gue ngikut dibelakangnya buat ngecek.

Entah kenapa dah gue ngerasain suasana yang agak kurang menyenangkan.

"Lo nyulik Ivana ke mana?"

"Dih kaga."

Ivana juga watados banget kaga mau nerangin yang sebenernya dan cuma milih buat buka buku pasien yang dateng terus nyatet berasa kayak kaga ada apa-apa. Arin ngehela napas, tatapan dia ke gue agak beda dari biasanya kerasa kayak kesel, mungkin dia mikirnya gue nyulik partner kerjanya makanya dia jadi capek sendiri kali ya.

"Parfum lo nempel di bajunya Ivana. Abis ngapain?"

"Parfum gue..., kok lu hapal?"

"Abis ngapain?"

"Tapi kok lu...?

"Abis ngapain?"

"Kaga ngapa-ngapain dia kan gue anterin ke sini biar lu kaga repot sendiri. Makasih kek."

"Nye-nye-nye."

Arin cuma ngeledekin sambil setelahnya balik ke buku yang lagi dia rekap. Karna gue gabut jadi ya udah gue narik bangku kayu, kayak bangku plastik gitu dan duduk di sisi luar mejanya, ngeliatin sambil nanya ini itu ke Arin sampe dia kesel.

Ehe.

Eh tapi kok Arin hapal parfum gue dah?

Trio Ghaib: The Other SideTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang