Udah lama gue kaga ngeband.
"Udah jadi anak baik sekarang dia."
"Berisik anjir."
Gue ngeraih rokoknya David buat nyulut api ke rokok gue. Hari ini ada jadwal showcase di salah satu kafe daerah Kemang, Jakarta Selatan. Kaga jauh-jauh juga ngisi live music di kafe yang ada bar nya, kaga tau dah mereka yang nemu job, gue ngikut doang.
Andre nawarin sloki tequilla dia ke gue, cuma emang gue kaga pernah bener-bener minat sama minuman beralkohol karna gue pulang nyetir sendiri, masih sayang nyawa, kalo gue kaga ada ntar nyokap siapa yang belain.
"Kayak banyak beban idup lo, Cel."
"Ngeliat muka lu pada sepet jadi beban buat gue."
"Njirr."
Showcase emang udah beres dan cuma tinggal nongkrong gabut doang ngeliatin orang-orang lagi maksiat. Anak-anak band gue kecuali gue sama si David semua emang doyan banget nyewa cewek di tempat beginian. Beda sama gue yang emang kaga minat buat berurusan sama hubungan walaupun itu one night stand, David punya harga diri tinggi, selektif banget dia.
Milih drum aja dia pengen kualitas terbaik kayak Malika.
Baru gue mau nyulut batang rokok ke dua, handphone gue geter mulu dapet spam chat dari Asha dan beberapa misscall juga karna gue emang silent pas tadi manggung. Asha nanyain Arin ada di kost-an gue apa kaga soalnya katanya Arin sempet kalut karna ada masalah di rumahnya yang kaga tau apa.
"Gue balik duluan ye."
"Tumben, baru jam segini."
"Mules, dah!"
Buru-buru gue beresin bass gue ke dalem case dan beranjak keluar dari kafe. Udah gue duga kalo perkara nilai Arin emang bakal jadi masalah.
Begitu gue sampe kost-an dan naik tangga buat nyamperin, gue liat Arin sama Dilan bertengkar kaga tau kenapa. Sedenger gue, katanya Dilan kaga bisa ngerasain apa yang dirasain Arin makanya dia kaga ngerti.
"Rin!"
Arin pergi ngelewatin gue sambil kayak kesel banget mukanya. Gue langsung nitipin bass gue ke Dilan tanpa nanya dulu ada apa dan ngejar Arin ke bawah. Gue nyoba narik tangannya juga di lepasin mulu sama dia.
"Tar dulu jelasin ke gue."
"Dah ah males—Ijel!"
Gue ngegendong dia buat ke taman yang kaga jauh-jauh amat dari kost-an gue. Baru gue lepasin gendongannya setelah Arin duduk di salah satu bangku taman ini.
"Gue mau tinggal sama lo bertiga aja ya."
"Hah?"
"Gue nggak mau pulang."
Arin nyeritain gimana marahnya orang tua dia gara-gara nilai KKN nya yang turun dan malah nyalahin pertemanan dia sama Asha, Michel, Yuki, Dilan bahkan gue. Orang tua Arin bilang pertemanan dia sama sekali kaga guna dan malah bawa dampak buruk buat pendidikannya.
Arin belom siap bilang semua ini ke Asha sama Michel karna takut mereka salah paham makanya tujuan pertama yang Arin datengin ya kost-an sini. Dia udah bilang ke orang tuanya kalo nilai KKN ini kaga ada ngaruhnya sama pertemanan kita berenam, tapi tetep aja orang tuanya kaga percaya.
"Tapi kabur kayak gini bukan solusi."
"Gue capek Ijel."
"Ya tetep aja, gimanapun itu orang tua lu, mereka juga pasti mau yang terbaik buat lu—'
"Apanya yang terbaik? apanya yang pengen gue bahagia? neken gue buat jadi sempurna tanpa mau tau gimana gue berjuang, iya!"
"Arin! sadar, gue tau lu kaga terima, tapi lu kaga bisa lari dari masalah kayak gitu."
"Tau apa lo tentang masalah gue?!"
Arin ngebentak gue, suaranya udah bener-bener geter. Gue kaga pernah liat Arin nunjukin sisi rapuhnya kayak gini ke gue secara langsung. Air mata Arin mulai ngalir di pipinya. Gue kaga tega sebenernya, tapi gimanapun dia cewek, dia butuh orang tua buat dampingin hidupnya sampe emang dia siap buat memulai hidup sama seseorang yang dia pilih.
Gimanapun Arin bukan gue yang bisa hidup bebas semau apa kata gue. Gue cowok, gue masih bisa jaga diri gue sendiri dari sekejam apapun dunia nimpa gue.
"Arin dengerin gue."
"Nggak! lo sama aja kayak mereka."
Gue nengkup kedua pipi Arin supaya dia mau natap mata gue. Gue bisa liat luka tersirat yang Arin simpen selama ini sekarang bener-bener ngeluap. Gue bisa paham sekarang kalo emang ternyata Arin hidup dalam tuntutan sempurna, ekspektasi tinggi orang tuanya yang ingin terus Arin jadi yang terbaik.
"Gue juga mau dihargain mereka, Ijel. Gue cuma mau denger kata sayang dari Papa yang sekarang rasanya udah nggak mungkin gue denger lagi."
Belum juga gue ngejelasin, isi hatinya Arin akhirnya kebuka juga, gue bisa ngerasain air matanya ngebasahin perban di tangan gue, ngebasahin luka gue bekas yang kemarin. Rasa perihnya mungkin kaga sebanding sama luka terpendamnya Arin yang rindu kasih sayang orang tuanya.
Gue paham gimana rasanya kehilangan sosok yang paling diharapkan, gimana rindunya ngejalanin hari-hari yang udah beda sendirian.
"Gue mau kayak orang lain yang dapet sambutan hangat dari orang tuanya walaupun cuma ngelakuin pencapaian kecil. Gue mau di peluk Papa, ngeliat Papa senyum karna gue berhasil ngelakuin sesuatu..."
"Gue tau. untuk segala luka yang lu hadepin sendiri, gue minta maaf. Untuk segala air mata yang udah lu tahan dan menjadikan lu kuat, gue bangga sama lu. Makasih Arin, makasih karna udah bertahan sampe hari ini. Makasih udah selalu berusaha ngasih yang terbaik, untuk diri lu, dan orang-orang yang lu sayang."
"Gue—'
"Lu kaga usah khawatir, mulai sekarang kita hadepin sama-sama ya? Gue bantu lu sampe orang tua lu bisa ngeliat kalo mereka punya putri yang hebat dan membanggakan kayak lu."
Gue ngasih Arin seulas senyum, ngusap air mata yang ngalir di pipi Arin pake ibu jari tangan gue sembari nepuk-nepuk pelan pipinya.
Tanpa sadar, gue narik Arin ke pelukan, ngebiarin Arin numpahin semua air matanya di sana, semua rasa lelah, semua rasa sakitnya. Meskipun gue tau kaga akan ngebantu apa-apa.
Tapi tiba-tiba dia ngelepas paksa pelukan gue. Gue bisa liat dia ngehindarin tatapan gue dan tangannya juga kerasa gemeteran pas ngecengkram bahu gue.
"Ken—Arin!"
Gue ditinggalin.
Gue mau ngejar juga Arin udah keburu ngilang di belokan blok sebelah, gue panggilin namanya juga kaga nyaut. Mana udah malem juga gue khawatir dia kenapa-kenapa. Serius gue cariin dia kaga ada, cuma liat ada motor ojek online yang keluar dari tempat mangkal mereka yang emang ada di deket komplek karna ini masih kaga begitu jauh dari area kampus.
Anjir kayaknya gue lancang banget kali ya meluk Arin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Trio Ghaib: The Other Side
RomantiekOrang ganteng juga punya masalah idup, sial. ------- Another diary of Trio Ghaib. Warn: Timeline dan alur cerita berbeda dengan series originalnya. Sincerelly Love, Lylac.