Hari ini udah masuk masa jatuh tempo pembayaran rumah sakitnya nyokap. Gue belum tau harus dapet duit dari mana, karna fee dari ngeband juga kaga seberapa, kaga ada festival, juga gue bahkan bakal ujian praktek susulan karna administrasinya belum lunas.
Kayaknya bokap hari ini lagi ke luar kota, soalnya Mbak Tara bikin snap di sosmednya dia lagi liburan gitu di hotel.
Gue bangun dari kasur ke meja belajar, ngeliat kotak yang isinya kunci yang pernah nyokap kasih ke gue sebelum sakit. Kunci mobil yang di Jakarta waktu itu nyokap sediain buat gue kalo udah mulai kuliah, kunci rumah Bandung, juga rumah di Jakarta yang lagi bokap tempatin. Gue baru inget sebenernya sama ini semua.
Semua barang nyokap yang kaga boleh gue pake gara-gara bokap.
Persetan, gue ngeraih kunci mobil juga kunci rumah yang di Jakarta. Sengaja juga gue ke sana pake ojek online karna ada yang mau gue bawa pulang ke sini. Mumpung di rumah kosong, gue bisa bawa semua yang nyokap butuhin dari sana.
Di jalan, Arin ngechat nanyain gue di mana, dia niatnya mau nyamperin ke kost-an, tapi gue larang karna emang gue kaga ada di rumah, gue bilang ada urusan dan minta ketemuan sama Arin di taman nanti sore.
Untungnya dia nurut. Gue kaga mau Arin kebawa-bawa masalah kaga guna yang didramain bokap.
Nyampe sana, begitu gue mau buka gembok pager, tetangga gue nyapa. Dia keliatan kayak seneng liat gue pulang soalnya tau kalo semenjak nyokap sakit, gue kaga pernah ke sini. Dia juga kayaknya kaga tau kalo gue pernah bikin ribut di ini rumah belum lama ini.
"Bapak kemarin kayaknya nggak ada di rumah, Cel."
"Oh, iya. Marcel emang di suruh Papa buat ambil mobil."
Tetangga gue ngangguk-angguk aja sebelum pamitan buat balik ke rumahnya. Gimanapun kaga akan ada yang curiga gue keluar-masuk, ataupun ngambil apa aja karna status gue emang anak kandung nyokap sama bokap.
Nothing's suspicious.
Bersyukur gue pintu depan juga kaga di ganti kuncinya sama bokap. Gue ngelirik kalo di garasi sekarang ada CCTV. Seringai gue muncul dan gue ngadep ke sana buat dadah-dadah ke kameranya, baru abis itu masuk ke dalem rumah.
Ngeliat rumah sepi gini, bayangan-bayangan memori masa kecil gue malah jadi bermunculan. Ngeliat ke arah dapur, biasanya nyokap masak banyak makanan yang gue suka, rumah ini cuma di pake setiap jalan-jalan ke Jakarta kalo gue liburan sekolah.
Gue jadi makin kangen nyokap, makin kangen suara lembut nyokap kalo ngomelin gue yang bandel banget. Sering juga sengaja ngebandel karna emang pengen nyokap merhatiin gue. Masa-masa yang kaga akan pernah bisa keulang lagi.
Sadar kalo gue kaga punya banyak waktu, akhirnya langsung jalan ke kamar utama, tempat semua barang berharga nyokap di simpen, termasuk berangkas yang waktu itu gue rusakin. Ternyata udah di ganti baru.
Gue ngambil beberapa benda yang ada di rumah buat gue pake ngebuka paksa berangkasnya karna gue kaga tau pin yang di pasang mereka berdua apaan. Ternyata surat menyurat aset dan harta nyokap juga mereka simpen di ini berangkas.
Sebelum gue masukin duit ke dalem ransel, gue juga ngebuka beberapa map yang isinya sertifikat rumah ini. Gue kaget karna ternyata sertifikat yang masih atas nama nyokap pun masih Bokap simpen, padahal harusnya kalo emang udah kaga berlaku, kaga guna juga di keep gini.
"Gue jadi curiga."
Kaga ambil pusing, gue masukin aja itu sertifikat ke dalem ransel, dan setelahnya gue ngeraih BPKB sama STNK mobil yang ada di garasi. Mobil suv putih dari nyokap yang kaga pernah sempet bokap pake.
Karna itu harusnya punya gue.
"Arganda Marcelio Gunawan. Anjirrrr."
Dan beneran punya gue. Ternyata nyokap beli mobil ini tanggal suratnya tepat pas gue ulang tahun ke 17, bertepatan sama gue punya KTP. Surat menyurat mobil semua atas nama gue. Pantesan bokap marah banget setiap gue nanyain ini mobil.
Tapi gue jadi mikir harus di simpen di mana ini mobil karna kost-an garasinya udah penuh sama motor. Nitip ke mana ye?
"Kalo kaga salah kost-an duo lampir parkirannya luas dah. Ntar gue bicarain dah."
Setelah masukin duit dan surat-surat penting, gue tinggalin itu kamar. Tapi sebelum turun tangga, gue mampir ke kamar lama gue yang kaga pernah ditempatin. Begitu masuk suasananya dingin banget. Gue liat meja belajar bocil yang penuh sama tempelan stiker.
Juga figura-figura foto gue, nyokap, sama bokap pas semua belum kayak gini.
Gue ngeraih satu foto gue berdua nyokap lagi main di ayunan gitu, gue duduk di lahunan nyokap dan bokap yang fotoin. Gue kaga tau itu di mana, tapi fotonya bikin gue kangen senyum nyokap.
"Bunda, Marcel kangen..."
Gue ngeraih figura itu buat gue bawa pulang. Jadi keinget, gue juga sempet nyimpen tabungan di kamar ini, celengan bentuk berangkas yang isinya duit dari THR setiap tahun, ataupun hasil duit jajan liburan yang jarang gue pake karna emang pengen gue kumpulin supaya pas gede gue banyak duit.
Bener.
Gue ngegeser lemari baju, yang dulu gue masuk ke pinggirannya bisa tinggal nyelip doang. Ternata emang masih ada di sana. Berangkasnya udah berat banget karna pas kecil duit ratusan ribu dari THR doang pun udah banyak.
"Satu, tiga, nol, enam. Mantep kebuka, wuihh."
Seriusan dah, kecil sultan, gedenya gembel, sial.
Gue berasa ngerampok di sini, tapi apa yang salah dengan ngambil sesuatu dari rumah gue sendiri? Toh sampe kapanpun bokap kaga akan bisa ngilangin fakta kalo gue anak kandungnya. Mau tes DNA di manipulasi juga tetep aja, dia ngebagi darah kampretnya ke gue, dan kaga akan ada yang bisa ngubah itu.
Jangan salahin gue kalo sekarang dia kena karma, ngerampok nyokap, gue rampok balik. Toh gen jahat kayak gini bukan nyokap yang nurunin ke gue, tapi dia sendiri.
Dahlah, lama-lama di sini juga mau ngapain. Gue langsung turun buat ambil mobil di garasi, kaga lupa gue nyembul dari jendela mobil dan ngedadahin lagi ke kamera CCTV nya bokap. Biar dia tau kalo anak kesayangannya mampir buat berkunjung.
Mau dia laporin gue ke kantor polisi atas tindakan perampokan juga kaga guna, gue ngambil barang dari rumah gue sendiri, dan yang gue ambil semua atas nama gue dan nyokap. Mobil ini juga surat menyuratnya atas nama gue? What's the point?
Yang ada bisa gue laporin dia balik. Eh tunggu.
Gue harus meriksa validasi sertifikat rumah ini secepatnya. Karna kalo emang semua surat yang gue bawa ini terbukti masih berlaku di BPN, besar kemungkinan semua aset yang bokap alih nama juga sebenernya masih atas nama Nyokap.
Dengan kata lain, bokap udah ngelakuin pemalsuan akta tanah dan surat-surat berharga secara besar-besaran.
KAMU SEDANG MEMBACA
Trio Ghaib: The Other Side
RomanceOrang ganteng juga punya masalah idup, sial. ------- Another diary of Trio Ghaib. Warn: Timeline dan alur cerita berbeda dengan series originalnya. Sincerelly Love, Lylac.