Tongkrongan Moko

318 44 2
                                    

Pagi ini Mac siap-siap berangkat ke kampus, mau ngerjain skripsi di perpustakaan kampus aja. Setelah selesai mandi Mac jalan ke dapur, mau masak buat sarapan. Ya harap maklum bujang kalo laper ya masak sendiri. Kenapa gak beli jadi? Jadi gini, kalau bisa masak sendiri kenapa mesti beli jadi? Biar gak ribet? Selagi bisa masak sendiri kan enak, mau makan apa aja tinggal bikin lagian kalau bikin sendiri kan jadi tau bahan yang dipake bersih apa enggak. Ya bukan berarti beli di luar itu gak terjamin kebersihannya ya. Tolong jangan salah paham ya.

"Waduh, masak cuma sarapan telur doang ini?" Mac sepertinya lupa ya kalau stok bahan masakannya udah abis, tinggal telur 3 biji aja di kulkas.

Mumpung masih pagi juga biasanya ada tukang sayur yang keliling komplek sini. Siapa tau nanti pas belanja ketemu ibu-ibu yang punya anak seumuran sama Mac. Siapa tau kan bisa dikenalin gitu loh.

"Bang beli sayur sop deh bang sama ayam setengah kilo yang dada aja ada gak?" udah yang simple-simple aja cuma buat sarapan.

"Eh, ganteng kok tumben beli sayur?" Ibu Ida tetangga Mac sebrang rumah juga ikutan belanja juga, disusul sama ibu-ibu lainnya.

"Misi bang. Pesenanan mama saya kemarin dibawain gak ya?" Mac familiar banget sama suara ini, meski baru kemarin dengernya.

"Ken belanja juga?" Mac senyum-senyum sendiri. Pasalnya Ken keluar cuma pake boxer sama t-shirt putih kebesaran. Mac pengen cubit pipinya terus peluk dikit gakpapa deh.

"Kak Mac? Iya hehe, disuruh ambil pesenan mama kemarin," Ken ditambah senyum, manisnya kelewat.

Mac hanya memperhatikan gerak-gerik Ken yang padahal biasa aja, cuma di mata Mac keliatan lucu dan ngegemesin. Boleh gigit dikit gak sih? Kalau boleh Mac mau gigit dikit aja.

"Aku permisi dulu ya Kak Mac," Ken berlalu masuk ke rumahnya lagi.

Setelah ngobrol dikit sama ibu-ibu tetangga Mac kembali masuk ke rumah. Mac ini bisa dibilang idola para ibu-ibu komplek. Dipuji cakep dan mandiri Mac udah biasa mah. Mac juga orangnya ramah dan sopan, pokoknya bisa menempatkan diri.

Setelah masuk ke rumah dan berjalan ke dapur, Mac bersandar pada kulkas sambil memegang dadanya yang terasa berdetak sedikit lebih kencang dari biasanya.

"Tuhan, kenapa anak orang cakep banget sih?"

"Mac mau yang ini boleh gak sih?"

"Mac gak minta yang cantik banget yang kaya Ken aja udah cukup" terserah kamu aja deh Mac.

.
.
.
.
.

Setelah serangkaian acara sebelum berangkat ke kampus terlaksana, Mac mau berangkat ke kampus dengan motor beat kesayangannya. Tenang meski naik motor beat, Mac ini bukan playboy. Serius deh.

Kali ini kondisi jalan tidak terlalu padat, cukup setengah jam Mac sampai di kampusnya. Mac langsung cus ke perpustakaan. Mau cari tempat mojok yang asik buat bikin skripsian. Sekalian nanti siang Mac mau bimbingan sama dospem.

Gak ada yang asik hari ini. Mac cuma di perpustakaan sampe jam satu siang dilanjut bimbingan sama dospem yang berujung ada aja yang harus direvisi. Setelah selesai Mac memutuskan pulang ke rumahnya. Mau nongkrong Mac lagi males nongkrong, Yosh juga lagi di rumah Hana berkedok bikin skripsi bareng padahal mau ngebucin. Ada temen-temen yang lain cuma lagi males aja, pengen nyantai di rumah aja.

.
.
.
.

"Loh Ken kok di sini?" Mac yang baru aja sampai rumah udah ditungguin sama calon ayang.

"Iya kak. Tadi si Moko lompat lagi ke halaman rumah Kak Mac. Mau aku ambil gak bisa. Aku ketuk pintu rumah Kak Mac gak ada orang," nah pinter banget si Moko, lompatnya milih-milih. Apa karena rumah sebelah Ken dihuni sepasang suami istri yang sedang menikmati masa pensiunnya, jadinya Moko lebih milih menjatuhkan dirinya ke rumah bujang cakep sebelahnya lagi.

"Iya, kalau aku tinggal ke kampus rumah gak ada orangnya soalnya aku tinggal sendiri. Ikutan masuk aja kamu tangkep sendiri ya, aku mau cuci tangan bentar."

"Eh ini beneran gakpapa aku masuk kak?" gakpapa banget kok Ken.

"Santai aja, bisa tangkep sendiri kan? Belok kanan ya nanti ada dapur masuk aja, sebelah kiri ada pintu buat ke halaman belakang," Mac memberikan petunjuk arah sambil berlalu masuk ke kamarnya untuk cuci tangan sekalian ganti baju.

"Ini Kak Mac kemana sih?" Ken yang sudah berhasil menangkap Moko kembali ke ruang tamu tapi gak ada Mac di sana. Yaudah Ken duduk aja dulu ya.

"Ken gimana udah ketangkep belum Moko-nya? Maaf aku lama sekalian guyur badan bentar, panas banget. Mau minum dulu gak Ken? Ada jambu nih aku bikinin jus ya?" pokoknya tahan dulu jangan sampe dibiarkan pulang ya Mac.

"Udah ketangkep ini kak. Eh gak usah kak nanti ngerepotin," anggep aja rumah sendiri Ken.

"Gakpapa sih santai aja Ken. Pasti lama kan nunggu aku pulang? Cuma jus doang bentar ya?" sebisa mungkin Mac cari cara biar Ken gak cepet-cepet pulang ke rumah tahan sampe sore kalau bisa hehe...

"Nih minum dulu, pelan-pelan aja. Ngomong-ngomong Moko itu jantan apa betina?" Mac mencoba membuka obrolan diantara keduanya.

"Oh, Moko ini betina Kak Mac. Cuma ya itu ada aja kelakuannya suka ngerusuh," pantesan kalau jatuh milih-milih ya Moko ya?

"Pelihara dari umur berapa tuh?" ayo tanya-tanya aja Mac, biar gak pulang cepet.

"Dari masih tiga bulan, dulu si Moko ini kecil banget. Paling kecil diantara tiga saudaranya yang lain, eh sekarang jadi ngembang banget. Haha..." cara Ken ngejelasin soal Moko terlihat antusias banget, pasti disayang banget nih si Moko sama Ken.

"Kan Moko sama Ken dikasih makan tiap hari. Ken masih SMA ya?" Mac beneran pengen nahan si Ken biar gak pulang. Hahaha....

"Iyasih kak. Iya Ken masih kelas 12."

"Loh kok pindah ke sini? Kan masih kelas 12, emangnya sekolahnya gak pindah juga?"

"Cuma pindah rumah doang kok Kak, biar lebih deket juga sama sekolahan sekalian nanti mau kuliah di universitas deket sini cuma setengah jam kan lumayan," kok sepertinya universitas deket sini yang jaraknya cuma setengah jam ya kampusnya si Mac.

"Eh tempat kuliahku tuh cuma setengah jam dari sini," Mac jadi ikutan seneng, padahal ya pas Ken jadi Maba, Macnya udah wisuda.

"Eh seriusan kak?" ucap Ken setelah minum tetes terakhir jus jambunya.

Mac cuma mengangguk sebagai respon dari pertanyaan Ken. Mac mendekat ke arah Ken dan mengusap buih jus jambu yang ada di atas bibir Ken.

"Duh anak kecil minumnya masih belepotan," Mac tersenyum ke arah Ken yang nampaknya sedikit kaget.

"Aku udah SMA Kak Mac, bentar lagi kuliah. Terimakasih jusnya, sekalian Ken mau pamit pulang. Makasih ya Kak Mac," Ken langsung lari keluar rumah tanpa memperdulikan respon Mac yang masih terduduk sambil tersenyum.


.............................

Haloooo, gimana semalem ada yang nonton livenya Ken sampe terakhir?
Aku ketiduran di tengah live😂 ngantuk gara2 dinyanyiin sama Ken.
Terimakasih sudah mampir ya🤗

Mac & KenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang