Kesan :
Sejujurnya pada awalnya saya merasa overthinking dan nervous saat hari-hari mendekati pkkp 2022 yang sebagian akan dilaksanakan secara offline, karena sudah lama menjalankan masa-masa ppkm dan sudah sangat jarang bertatap muka dan bertemu dengan banyak orang hal itu menjadi kendala tersendiri bagi saya. Dengan persiapan dan persyaratan pkkp yang cukup banyak, saya membagi waktu untuk menyiapkan semuanya di hari-hari sebelum pkkp dimulai. Hari ke-0 pkkp bertepat pada tanggal 31 Agustus 2022 dilangsungkan secara online, saya merasa masih menjadi hari yang biasa-biasa saja, begitu juga hari berikutnya karena pelaksanaannya masih secara online. Pada tanggal 2 September menjadi hari pertama saya untuk bertemu kembali dengan banyak orang. Dan ternyata itu menjadi hari yang menyenangkan, bertemu banyak teman baru, berkenalan dan berbincang-bincang seru. Hari itu pembagian kelompok berdasarkan gugus, dimana dalam satu gugus terdiri dari beberapa anggota dari tiap jurusan. Bagi saya ini adalah suatu hal yang adaptif sekaligus menyenangkan setelah 2 tahun lamanya masa ppkm akhirnya bisa bertemu kembali dengan banyak orang. Di hari berikutnya tanggal 3 September pun pkkp dilaksanakan secara offline. Disitu kita dikelompokkan berdasarkan jurusan. Kita menjadi semakin dekat dengan satu sama lain, dengan dibaginya grup per jurusan, per gugus, dan per prodi, menjadi salah satu cara untuk kita bisa lebih mengenal dan dekat dengan banyak teman.
Bertepat tanggal 5-7 Sepetember adalah kegiatan di Rindam Jaya. Pertama kali dateng kesana kita semua diberitahu untuk datang jam 5 pagi dan itu sangat pagi, tapi kita semua bisa menyesuaikan dan sampai tepat waktu. Kegiatan-kegiatan disana cukup padat hingga malam hari. Kita semua disana diajarkan untuk disiplin, bertanggung jawab, solid dan kompak satu sama lain dengan kelompoknya, mengenal lebih banyak teman karena dipecahnya masing-masing gugus menjadi kompi dan pleton, belajar untuk menghargai waktu, menghargai dan mensyukuri makanan yang ada di depan kita, belajar bersikap sopan dan menghormati senior atau orang yang lebih tua dan kita juga diajarkan untuk berani dan percaya diri. Pengalaman itu tentunya tidak terlupakan karena kita semua merasakan sebagian pengalaman yang dijalanakan TNI-TNI Indonesia tentunya bagian dari pelatihan bela negara.
Pesan :
Semoga PKKP tahun ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk bisa menjadi orang yang lebih teratur, disiplin, bertanggung jawab, teliti, rapih, berani, solid dan aktif nantinya. Sebagai bekal kita kedepannya untuk menjalankan masa perkuliahan baik kegiatan di dalam ataupun di luar kampus. Menjadi mahasiswa aktif yang unggul dalam akademik maupun non akademin, dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Tazkiya Aulia Zahra
tazkiya.aulia.zahra.ak22mhsw.pnj.ac.id
https://pnj.ac.id/
YOU ARE READING
Kesan dan Pesan PKKP PNJ 2022
Cerita Pendekkesan dan pesan selama pelaksanaan PKKP 2022