P R O L O G U E

8.2K 469 20
                                    


•••

"Sajak Kecil Tentang Cinta"
Karya : Sapardi Djoko Damono

Mencintai angin harus menjadi siut
Mencintai air harus menjadi ricik
Mencintai gunung harus menjadi terjal
Mencintai api harus menjadi jilat

Mencintai cakrawala harus menebas jarak

Mencintai-mu harus menjelma aku
•••

Kira-kira begitulah puisi yang dia baca. Sesuai genre nya, Alm Sapardi Djoko Damono mengemasnya dengan sangat baik membuat siapapun yang membacanya terenyuh. Sangat menenangkan, bak mendengar lantunan air yang tenang.

"Gimana? Keren 'kan?" tanya lelaki itu kepada ku.

Aku pun bertepuk tangan gembira. "Yey hebat! Keren! Kamu tahu dari mana puisi kayak gini?"

Lelaki itu bergaya seolah paling hebat.

"Pasti keren lah. Kan aku yang baca. Hehe," pujinya pada dirinya sendiri.

"Bukan buatan kamu 'kan?"

"Aku mana punya bakat bikin puisi. Bakatku cuman jadi pacar kamu aja," ucapnya seraya terkekeh.

"Hilih," umpatku seraya memutar bola mata.

"Hehehe. Kamu tahu tak apa arti dari puisinya?"

Aku pun menggeleng mantap. "Nggak tahu, kenapa?"

"Puisinya bilang, 'seseorang yang sedang jatuh cinta akan melakukan dan menjadi apapun untuk melekat dengan pasangannya'."

Aku mendeham, menyimak ucapannya.

"Kadang manusia itu terpaku dengan hal yang dia suka. Sifat itu bisa membuat seseorang menjadi egois. Hanya teringin memiliki segalanya, tanpa pernah mau menoleh kesekitar. Apalagi, soal cinta. Sampai sini kamu paham nggak?"

"Hm... iya."

Lelaki ku kini menyadarkan aku tentang suatu hal. Tentang seperti apa aku dahulu saat sedang jatuh cinta dan se-egois apa aku sampai mengorbankan perasaan orang lain.

Kala itu semuanya nampak menakjubkan di awal, tapi sekarang aku menyesalinya.

Siapapun, akan menjadi apapun untuk orang yang dia suka. Tentang cinta, hidup, keluarga dan sebagai nya, semuanya berkaitan. Baik buruk nya tidak pernah di pikirkan. Tapi penyesalan selalu ada di ujung sana. Menunggu, alih-alih nanti nya kita sadar bahwa terlalu fanatik akan sesuatu, tidak akan pernah berakhir indah.

•••
Ini di dedikasikan untuk manusia paling ber harga dalam hidup ku. Semoga kalian selalu berbahagia
•••

BE YOUR EVERYTHING

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 01, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Be your everythingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang