Bedah Buku
"Already Know"
Karya ayaaJOY●●●
• [ Blurb ] •
[Fiksi Remaja] Mischa menyukai Barra, tapi ia tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga membuatnya susah untuk menunjukkan perasaannya. Di sisi lain, ia tahu Barra sangat populer. Bagaimana tidak, cowok itu memang sangat tampan. Apalagi, ketika Mischa mengetahui ada siswi di sekolahnya yang dekat dengan Barra. Tak hanya itu, di tengah masalahnya dengan Barra dan ibunya, Niki hadir di hidupnya bagai dewa penyelamat.
• [ Kelebihan ] •
a) Bahasanya sangat ringan, alurnya juga menarik. Per bab singkat katanya, jadi mudah dipahami dan enak dibaca karena nggak terlalu panjang.
b) Pertama kali baca sudah dibikin penasaran dan curiga dengan si tokoh. Aku terutama karena suka good girl ketemu bad boy jadi nikmatin banget alurnya. Bahasanya ringan tapi tidak terkesan terlalu apa ya namanya receh. Jujurly aku lebih suka bahasa yang lumayan baku, tapi aku tidak merasa terganggu saat membaca Already Know. Aku terutama suka Mischa dan bertanya-tanya apakah Barra ternyata buruk seperti yang telah diperingatkan.
• [ Kekurangan ] •
a) Usahakan kosisten dalam menggunakan kosa kata baku atau tidak baku, dan lebih memperhatikan aksi dari tokoh baik dinarasi atau dialog. Penjelasan tentang ekspresi tokoh, masih kurang dan tanda bacanya sedikit berantakan ( jika dalam dialog tidak ada dialog tag, maka harus titik bukan koma. Atau, jika diberi dialog tag diakhir harusnya koma bukan titik.
b) Kekurangan paling kentara ada di penulisan dialognya. Aku ambil contoh :
Mischa melihat ke samping, tepat di kedua mata cowok itu, "Pakai aja!"
Mischa mengerjapkan mata beberapa kali, sebenarnya ia tidak memerlukan ini. Tapi ketika melihat Barra, ia tahu cowok itu ingin bermaksud baik.
"Makasih," Mischa tersenyum lebar.
Dialogyang atas ditulis setelah narasi. Aturannya jika bukan dialog tag maka narasiditutup dengan titik bukan koma.
Mischa melihat ke samping, tepat di kedua mata cowok itu. "Pakai aja!"
Terus yang ke dua itu juga bukan dialog tag jadi dialong diakhiri titik bukan koma.
"Makasih." Mischa tersenyum lebar.
Ada juga kesalahan di elipsis seperti contoh di bawah :
Barra meletakkan gelasnya, ia menyenderkan punggungnya pada sofa. "Hobi. Itu hal yang kebanyakan cowok ataupun cewek pasti punya. Siapa tahu hobi kita sama..."
Elipsis seharusnya ditulis setelah spasi dan kalau di akhir kalimat maka harusnya diakhiri titik atau koma tergantung. Jadi di atas seharusnya.
"Hobi. Itu hal yang kebanyakan cowok ataupun cewek pasti punya. Siapa tahu hobi kita sama ...."
Dan beberapa penggunaan ke dan di yang salah tapi mungkin itu hanya karena typo.
• [ Saran ] •
a) Perhatikan tanda baca, perbanyak narasi, seimbangkan aksi dan tag di dialog. Dan, perjelas gestur atau pergerakan antar tokoh, supaya lebih dapet feel dan kesan romantisnya.
b) Belajar penulisan dialong itu sih yang paling terlihat. Untuk pemilihan gaya bahasa dan semuanya aku suka :)
• [ Kesan ] •
a) Ceritanya asik, ada bagian yang menegangkan juga dan seperti terbawa masuk ke dalam alurnya. Terus juga ada bagian yang lucu, jadi waktu dibaca nggak ngebosenin.
b) Kesan yang paling aku rasakan adalah bagaimana jika seorang gadis polos tertarik dengan cowok nakal. Ha, premis ini tidak pernah membosankan, meski dari blurb aku curiga akan ada cinta segitiga. Hum tidak sabar untuk melihat cerita ini selesai yay.
Salam Manis,
Tim Romantory●●●
KAMU SEDANG MEMBACA
Recensio Book
De TodoKali ini, Black Pandora Club menghadirkan kemudahan bagi kalian para pembaca Wattpad untuk mengenal karya-karya master piece dari para member BPC, hanya dengan melalui satu "portal teleportasi" saja. Eits, tunggu dulu. Portal teleportasi? Yaps! Kont...