「26」Nakiri Ayame (2), 2021-2022 Stuff

47 4 0
                                    

written jan 2 . 2023
published jan 2 . 2023

Hello semua!
Post orang yang bangkit dari kubur hahahahaa!!
Seriously, kuliah ngambil banyak waktu, jadi kemaren ditinggal dulu wattpadnya. Ngambar sih lanjut, tapi buat nulis itu masih susah. Ini juga nyolong waktu yang seharusnya ngerjain laporan buat sidang pertengahan Januari biar bisa nulis wattpad.

Agak bingung mau mulai dari mana, karena banyak yang terjadi di dunia art 2 tahun terakhir ini. Pandemi merupakan pisau bermata dua bagi saya, karena saat pandemi saya dapat waktu untuk belajar menggambar digital. Tetapi selama pandemi juga sebuah entitas disempurnakan untuk menggantikan saya dalam menggambar, AI. Well, karena topik itu berat jadi saya putuskan ga bakal bahas itu disini hahaha. Sebagai programmer dan artist, agak aneh rasanya di posisi ini. Yang bisa saya sampaikan adalah, jangan sampai kita jadi generasi terakhir yang bisa menggambar full artwork tanpa bantuan mesin itu, jangan sia - siakan kemampuan otak manusia dalam berimajinasi. Let's leave it at that, kayanya ga bakal bahas AI lagi disini haha.

Yosh! jadi selama 2 tahun ngilang wattpad sebenarnya ga terlalu banyak full artwork yang jadi karena sibuk, ada kira kira 10 gitu, tapi yang bener serius kira - kira cuma 5. Artwork hasil study sama sketch sih lumayan banyak, tapi kayanya ga worth ditunjukkin disini. Oh, dan situs - situs saya juga banyak yang berubah, berganti, atau dihapus, karena saya belum pakai juga situsnya. Saya sadar bahwa jangan pikirkan hal yang seperti itu dulu, yang penting sekarang fokus memperbagus art nya dulu, baru nanti bikin situs dan info commission. Sebagai anak laki - laki yang nanti harus bekerja, kegiatan menggambar dijadikan hobi dahulu, terus pelan - pelan dijadiin pekerjaan utama, jika bisa. Yang pasti, jangan berhenti menggambar. Ga sia - sia sih, bikin situs dan bikin sheet commission kemaren. Soalnya hasil research nya penting, dan researchnya juga dilakuin pas kuliah di suspend karena pandemi. jadi waktu well spent.

▼▼▼▼▼▼▼▼▼

Hmmmm... agak bingung gambar mana yang duluan di tunjukkin hehe.
Jadi yang ini aja dulu, Ayame Nakiri! (lagi)

Hmmm coba saya ingat - ingat dahulu cerita saat menggambar ini, soalnya ini gambar lama juga hehe

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Hmmm coba saya ingat - ingat dahulu cerita saat menggambar ini, soalnya ini gambar lama juga hehe...
Ini salah satu gambar favorit saya, karena hasil warna kulit dan bajunya tepat seperti yang saya inginkan. OH! saya ingat cerita gambarnya, ini pas Ayame ga sengaja nyuci airpodnya, jadi saya jadiin gambar wkwkwk. saya denger dia nyuci nya dari twitter dia bukan youtube jadi ga banyak yang ngambarin, jadi saya gambarin deh. 

Matanya juga saya suka banget! beberapa pewarnaan di mata menggunakan brush yang awalnya pake yang medium opacity, terus di color pick hasil goresannya di base color, lalu di lanjutin ngewarnain pake brush yang full opacity! salah satu metode color blending yang saya pake untuk sekarang.

Coloringnya skin yang ini (2021?) saya pelajari dari rurudo, tetapi coloring rambut masih berantakan. Selama ini saya banyak belajar mewarnai skin, dan baru akhir - akhir ini saya belajar mewarnai mata dan rambut (mempelajari NUYA dan ATDAN, kemarin).

Hasil awal wajah gambar ini tidak terlalu bagus karena pikiran saya clouded dengan pekerjaan kuliah wkwkwk. Jadi saya staring art rurudo untuk waktu yang lama agar bisa meresapi wajah cute itu gimana. Setelah itu barulah bener wajahnya.

Waktu itu sebagai eksperimen saya kurangi qualitynya untuk post, supaya pas diload di twitter dia cepat load dan viewer ga pergi. Dan secara teori menurunkan kualitas sedikit untuk gambar yang belum godlevel seperti ini bisa nyembunyiin kekurangannnya di kontras antara outline dan coloring. Tapi sepertinya yang berpengaruh cuma ke load speed, dan bukan kontras. (scale ratio from original data jadi 50% dan bukan 100%):

 (scale ratio from original data jadi 50% dan bukan 100%):

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

▼▼▼▼▼▼▼▼▼

Dan yang kedua adalah, gambar yang saya buat untuk mengingat Kiryu Coco, saat dia memutuskan untuk graduate. Saya tidak terlalu mendalami Coco, tapi dia tetap bagian penting Hololive,  dan saya sering menonton dia saat Asacoco pertama disiarkan.

Waktu itu saya tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan gambar yang sesuai dengan style saya biasanya (well, sampai sekarang saya bisa bilang saya belum punya style)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Waktu itu saya tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan gambar yang sesuai dengan style saya biasanya (well, sampai sekarang saya bisa bilang saya belum punya style). Jadi saya pakai MMD untuk referensi pose, dan warna unsaturated karena unsaturated lebih mudah dikontrol untuk waktu yang sedikit itu.


▼▼▼▼▼▼▼▼▼

Akhir - akhir ini saya banyak copy study, yaitu mengopi, mengtrace, meniru gambar orang lain untuk belajar. Selama ini saya post di akun pribadi Instagram yang saya set privasi nya ke private, untuk mengurangi faktor masalah karena gambar yang saya pelajari milik orang lain. Saya melakukan copy study karena belum sempat untuk buat full artwork yang hasil pemikiran sendiri. Jadi, daripada ngga ngambar sama sekali, mending mempelajari art artist besar kan? Beberapa study saya juga saya buat timelapse nya, siapa tahu nanti bisa di post disini :)

Saya juga mau minta maaf kalau ada komentar yang saya belum sempat balas atau tidak terbaca... karena saya masih noob juga kalo masalah menulis. 

itu aja dari saya,

Terima kasih sudah datang! jangan lupa vote dan comment ya~ 😅


AR_E ArtBookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang