Sasuke hanya bisa bergidik saat dia merasakan sisa-sisa terakhir kehadiran Orochimaru menghilang dari pikirannya. Sepanjang pertempuran mereka, Orochimaru berusaha menyerang tubuhnya, dalam upaya terakhir untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Untungnya cukup, atau begitulah harapan Sasuke, dia mampu memenangkan pertarungan keinginan yang berkecamuk entah berapa lama.
Yang benar-benar bisa dia ingat adalah pemikiran terus-menerus tentang Naruto, cahaya yang terus memacunya melawan pertarungan tunggalnya dengan sannin di dalam pikirannya. Dan sekarang, untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, dia merasa… bebas, seolah-olah selubung kabut gelap telah diangkat dari matanya.
Dia tidak lagi menanggung beban balas dendam. Namun… hidupnya terasa hampa… kosong. Dia harus bersyukur, karena dia telah dibebaskan dari nasib buruk pembantaian yang menimpa sebagian besar Uchiha. Tapi mengapa dia merasa begitu… terkuras… begitu hampa dari kehidupan dan energi?
" Heheheh, lambat sekali, Sasuke! Ayo!"
Kilatan wajah menyeringai cerah muncul di benaknya, suara main-main itu bergema di kamar gelap kamar Orochimaru tempat dia sekarang berdiri, tidak bergerak, menatap langit-langit; tidak yakin ke mana harus pergi dari sekarang.
" Apa? Kau masih membuatku menunggu, bajingan?"
Suara menyebalkan itu terus terngiang di telinganya dan dia tahu apa yang harus dia lakukan selanjutnya. Dengan tekad yang baru menyala di matanya, dia mengumpulkan persediaan apa pun yang tersisa, melihat untuk terakhir kalinya ke aula gelap tempat persembunyian yang kosong sebelum melakukan perjalanan keluar.
-ooo-
Sasuke berhasil mencapai Konoha dalam waktu singkat dan dia hampir lupa bagaimana menikmati sinar matahari di kulitnya, sinar matahari yang sama yang sekarang mengingatkannya pada satu tujuan utama dalam pikirannya. Dia menyelinap melewati para penjaga yang malas saat mereka bercanda satu sama lain, melemparkan genjutsu pada satu-satunya penjaga yang cukup waspada untuk menangkapnya, dan melewati jalan-jalan yang sudah dikenalnya seolah-olah dia hanyalah seorang genin sederhana.
Dia bergerak melewati toko ramen tua yang familiar dan halaman pelatihan tua yang membawa gelombang nostalgia pada Uchiha muda. Dia mencatat bagaimana tempat itu masih belum banyak berubah dan suasana yang akrab masih terasa, meskipun kali ini, terasa sedikit lebih dingin dan lebih menjemukan, seolah-olah itu mungkin mengingat betapa suramnya Konoha dulu. Itu sebelum dia bertemu dobe-nya.
Dan meski begitu, Konoha hanya tampak bersinar untuknya saat mereka berlatih bersama, atau saat mereka menjalankan misi. Dia tidak sabar untuk menghidupkan kembali pertemuan rahasia mereka sekali lagi, tidak sabar untuk merasakan sinar matahari pirang asin di bibirnya saat tiang berubah menjadi sesuatu yang lebih.
Dia mencoba menenangkan jantungnya yang berdegup kencang saat dia menaiki tangga yang sudah dikenalnya yang telah terukir di benaknya. Dia biasa melakukan perjalanan ke aula yang sama setiap kali dia hanya ingin melihat dobe-nya tidur, melihat bocah laki-laki yang damai dari jendelanya yang terbuka dengan sembarangan; mengagumi bagaimana bulan bersinar saat memantul dari kulit perunggu cokelatnya.
Antisipasi mencengkeram seluruh tubuhnya sekarang saat dia semakin dekat dengan tempat yang ditakdirkan, ruangan yang menyimpan begitu banyak kenangan. Dan tanpa ragu, dia mengetuk, ingin bertemu cintanya sekali lagi.
Dia tidak keberatan jika Naruto marah padanya. Kebencian, cinta, atau kesedihan, dia akan mengambil semua yang harus diberikan Naruto, selama dia bisa mendapatkan bola mataharinya kembali dalam hidupnya lagi, memberikan kilau bulannya melalui malam yang dingin dan sepi.
Dia bisa membayangkannya sekarang.
Safir biru pekat itu menyala dengan amarah. Membebaninya karena pergi. Pipi montok yang halus itu diwarnai merah ketika si pirang mencoba mengatur napas dan bibir itu… oh bibir yang lezat dan tak terbendung yang membawa sedikit miso. Dia tidak sabar untuk mendengar dari mereka suara yang sangat dia rindukan di malam-malam kesepiannya yang dingin sendirian di sel Orochimaru.
KAMU SEDANG MEMBACA
Naruto : Õtsutsuki Ñaruto
FanficBagaimana jika kurama mendapatkan transfer memori masa depan naruto?, lalu apakah yang akan terjadi ? " Akhirnya, kamu siap untuk bangun. Semua persiapan telah dilakukan. Dasar sudah diletakkan di depan kita. Dan aku akan mengembalikanmu akhirnya ke...