keunikan pemilihan nama tokoh dalam Novel Perahu Kertas

274 10 12
                                    


https://id.wikipedia.org/wiki/Perahu_Kertas_%28novel%29 

                                                                      karya: Ayu Rafika Ningtyas

Novel Perahu Kertas merupakan karya Dewi Lestari.Perempuan ini terkenal dengan karya-karyanya yang unik.Nah, PerahuKertas ini adalah novel dengan kisah cinta yang tidak biasa. Novel ini mengusung tema yang unik, yaitu kisah cinta laki-laki dan perempuan dalamdiam, namun pada suatu masa perasaan bukanlah suatu hal yang harus dipandang denganlogika dan takdir jadi penentu dari kisah ini (cinta).Dee terlihat kreatif dalam pemberian nama tokoh dalam setiap karyanya seperti Tokoh perempuan ini bernama Kugy dan yang laki-lakibernama Keenan Dari nama tokohnya saja sudah dapat dikatakan bahwa karya Deememang unik.Tokoh Kugy digambarkan sebagai seorang perempuan yang urakan, bercita-citamenjadi penulis dongeng dan merasa dirinya dalah agen Neptunus. Sekilas novel ini tampaktidak mementingkan citra diri dan gengsi seseorang yang hidup didunia modernitas danhedonis seperti sekarang.Neptunus di sini bukanlah nama planet ke-8 dari matahari dalamtata surya melainkan nama dewa penguasa lautan bagi bangsa Romawi. Tokoh Kugymemeliki kebiasaan menulis surat kepada Neptunus lewat tulisannya pada secarik kertas yangkemudian dibentuk menjadi perahu kertas dan dihanyutkan ke laut. Tokoh ini dengankemampuannya menulis dongeng ia mengetahui betul bahwa kebiasaannya itu adalah suatuhal yang sia-sia karena Neptunus itu mungkin tidak pernah ada dan hanyalah dongeng.TokohKugy yang bercita-cita menjadi penulis dongeng dinyatakan bukanlah suatu hal yangrealistis. 

              Melalui tokoh Kugy sepertinya pengarang menyampaikanpemberontakannya terhadap dongeng-dongeng yang telah punah dan menginginkan dongengitu hidup kembali dalam kehidupan masyarakat. tokoh Kugy dan Keenanmemiliki perjalanan kisah cinta menarik sehingga menjadikannya novel ini sesuatu atau"istimewa". Kedua tokoh ini saling jatuh cinta tetapi apa yang mau dikata, konteks untukmenyatakan cinta itu tak pernah ada. Ketika harapan dan keinginan mereka tak sejelandengan realitas sehingga realitas menuntut mereka untuk hidup dalam perasaan masingmasing. Kugy dengan kehidupannya (memutuskan putus dengan pacarnya, sibuk kuliah,bekerja, kemudian punya pacar lagi dengan perasaan cinta kepada Keenan yang tak pernahhilang). Demikian pula dengan Keenan (kuliah, melukis, punya pacar, putus denganpacarnya, menghilang selama bertahun-tahun, kemudian pacaran dengan orang lain bukanKugy lagi denganperasaan cinta tetap kepada Kugy).Pengarang dengan lincahnya berasumsi bahwa hati tak pernah memilih tapi hati dipilih.Hal ini memiliki maksud bahwa saat kedua tokoh ini memilih untuk tidak bersatu dalam cintayang tak akan pernah hilang dalam hati mereka, namun takdir itu menyatakan hati itu dipilih.Hati Kugy sudah dipilih Keenan dan begitu sebaliknya.Realitas yang terjadi dalam novel iniadalah kehidupan tokoh Kugy dan Keenan. Kugy dengan kemampuan menulis terutamamenulis dongeng namun dalam realitas kehidupan tokoh tersebut ia tidak dapat berkaryamelalui hobinya itu, ia malah menulis cerpen dengan tema yang diangkat dari kisah cintaremaja hingga terbit dimajalah. Sedangkan Keenan memiliki kemampuan melukis, malahkuliah jurusan managemen di Fakultas Ekonomi. Terkadang pelayaran kehidupan menentangcita atas diri kita sendiri. Sepertinya Dee menyampaikan bahwa terkadang apakah kita harusmenjadi bukan diri kita dulu untuk mencapai apa yang kita citakan. 

      Membaca novel Perahu Kertas seperti halnya sebuah perahu berlayar

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

      Membaca novel Perahu Kertas seperti halnya sebuah perahu berlayar. Dalamperjalanan membacanya ada saja yang kau temukan terutama diksi-diksi yang baru sehinggasaya sebagai pembaca penasaran apa makna dari diksi tersebut. Misalnya ada Mother Alien,hunusan pedang es, bulan-perjalanan-kita, sakola alit, kebohongan gigantis, agen NonAquarius, arisan toilet, oasis dan lainnya. Frasa-frasa ini di letakkan sebagi subjudul dalamnovel ini. Perahu Kertas banyak mengajarkan arti kehidupan kepada kita. Arti kerelaanhati untuk menerima karena cinta tak kesampaian. Perahu Kertas memperlihatkan bagaimanamimpi itu harus di perjuangkan. Bagaimana cinta dalam menemukan takdirnya? Bagaimanacinta dalam keluarga? Bagaimana hidup diwarnai dengan persahabatan. Itulah PerahuKertas menjadi objek metaforik bagi novel ini. Perahu kertas menjadi benang merah untukmerangkai potongan-potongan (gelombang, riak air, layar) menjadi kisah apik dan menarik. 

Novel inimengajarkan kita untuk bisa lebih bersabar, lebih bersemangat dalam meraih mimpi-mimpikita. Selain itu, novel ini juga memuat nilai positif dan makna kehidupan yang bisa berceritatentang kehidupan remaja pada umunya. Novel ini mengajarkan kita harus yakin dengan apayang kita lakukan.Bahwa menjadi diri sendiri itu bebas dalam berkarya namun kepuasan hatidan menyenangkan orang banyak itu hasil yang berharga yang tak ternilai harganya. Novelini juga menjelaskan arti persahabatan yang sesungguhnya dan pendewasaan timbul dariseorang remaja yang menghargai arti kehidupan danpersahabatan. Dengan latar tempat,waktu dan suasana yang ada pada novel ini para pembaca seolah-olah terlibat dalam ceritatersebut. Novel ini begitu inspiratif, dapat dijadikan sebagai motivasi kita dalam meraihmimpi-mimpi kita sendiri.Dalam penggambaran alur dan tokohnya tidak membingungkandan begitu jelas serta mudah dipahami para pembacanya. Dunia khayal yang biasanyadianggap mustahil terjadi namun di novel ini diceritakan khayalan itu suatu saat bisa terjadi. namun Dalam novel ini ada beberapa bagian cerita yang dirasa monoton dan terlalu banyaklatar belakang tempat yang digunakan dapat membuat pembaca menjadi bosan dalammendalami novel tersebut.


opini sastra Novel,Cerpen dan puisiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang