https://ebooks.gramedia.com/id/buku/bulan-terbelah-di-langit-amerika
Anadifatul chusnia
Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Novel ini menceritakan kisah Hanum dan Rangga ketika di Amerika. Tokoh utama dalam novel ini adalah hanum dan Rangga. Dan mereka berdua adalah sebagai pasangan suami istri berkeyakinan islam yang tinggal di Amerika, lalu pindah Eropa. Novel bulan terbelah dilangit Amerika diterbitkan pada tahun 2014 oleh PT Gramedia Pustaka.
Hanum dan Rangga dengan gamblang menggambarkan bagaimana umat Islam di belahan dunia lain berusaha mempertahankan eksistensinya. Dengan masalah yang berbeda, bahkan masalah yang lebih kompleks, mereka bertahan di tengah mayoritas yang mencemooh mereka. Jauh berbeda dengan Muslim Indonesia, yang merupakan mayoritas. Maka secara tidak langsung, Hanum dan Rangga mencoba mengajak umat Islam Indonesia untuk menjadi agen Islam yang rahmatan lil alamin dengan pemahaman yang coba mereka bagikan melalui buku ini.
Novel ini mengangkat tema tentang dunia tanpa islam adalah dunia tanpa kedamaian. Alur dari novel bulan terbelah dilangit amerika adalah alur maju. Cerita yang disajikan berdasarkan rentetan waktu peristiwa. Adapun tahap dalam alur ini tahap penyituasian, tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian. berikut ulasannya :
a) Tahap penyituasian merupakan tahap awal yang melandasi sebuah cerita. Pada novel ini, tahap penyituasian terjadi pada saat Hanum sedang memasak di rumahnya di Wina mendapatkan telepon oleh Gertrud, dan saat berbincang Gertrud mengatakan bahwa ada hal yang sangat penting telah terjadi.
b) Tahap pemunculan konflik terjadi di kala Hanum menemui Gertrud di ruang kerjanya seperti permintaannya di telepon. Kemudian Gertrud memberitahu hal yang menjadi sangat penting yaitu salah satunya Hanum harus menulis sebuah artikel yang bertemakan "Akan lebih baikkah dunia ini jika tanpa Islam?". Hal tersebut memicu konflik dalam diri Hanum sehingga akhirnya Hanum setuju karena dirinya tak ingin ada orang yang merusak agama kepercayaannya hanya untuk sebuah bisnis.
c) Tahap peningkatan konflik terjadi ketika Hanum sedang mencari narasumber untuk artikel yang di carinya. Hingga akhirnya dia bertemu dengan Michael Jones di dalam aksi demontrasi. Akan tetapi karena aksi demonstrasi yang memuncak, Hanum menjadi terpisah dengan suaminya Rangga.
d) Tahap klimaks terjadi ketika Hanum bertemu dengan Azima Hussein atau Collins. Situasi seperti ini menjadi puncak dari berbagai peristiwa dikarenakan pertemuan Hanum dengan Azima bersedia menjadi narasumbernya dengan membuka banyak penjelasan untuk Hanum.
e) Tahap penyelesaian terjadi disaat Brown menyampaikan peristiwa yang sesungguhnya saat 11 September 2001 di depan para hadirin maupun televisi yang telah tersembunyi selama delapan tahun.
Latar yang di pakai yaitu latar tempat yaitu di Winna, Austria, Amerika sampai Washington DC. Dan untuk latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Di tahun 2001 sampai 2009. Sudut pandang dalam novel bulan terbelah di langit amerika adalah sudut pandang orang pertama. Gaya bahasa yang digunakan lugas dan indah serta mengalir. Dan juga sangat mudah di pahami dan banyak kata-kata romantis. Amanat dari novel ini adalah a) Jangan Menyerah untuk Meraih Kesuksesan. b) Hargai Kepercayaan Agama Orang Lain. c) Menjaga Lisan untuk Kebaikan. d) Jangan Membenci Karena Rasa Sakit. e) Menjalankan Hidup Berdasarkan Ajaran Agama.
Unsur ekstrinsik dari novel yaitu terdapat Nilai moral yang terkandung dalam novel ini yaitu terlihat dari sikap Getrund yang ingin mengabulkan semua keinginan terakhir dari sang ibu. Selain itu, rasa tanggung jawab terhadap tugas yang telah di berikan menjadi sikap moral yang patut di contoh. Adapun nilai sosial novel ini banyak tokoh yang suka saling tolong menolong terhadap sesama seperti Philips Brown. Juga sikap Hanum yang membantu Getrund yang terlibat masalah dan Hanum membantu menyelesaikan masalah tersebut. Nilai budaya Budaya Indonesia yang selalu menyapa dengan ramah selalu di lakukan Hanum di negara orang lain sekalipun dan itu merupakan budaya dari Indonesia. Saling toleran dalam beragama, selalu berserah diri kepada Tuhan atas pekerjaan yang dilakukan, serta kepercayaan dan keteguhan hati yang di pilih merupakan nilai agama yang sangat baik dari novel ini.
Kelebihan dari novel ini yaitu: a) Memiliki tema islam kontemporer sehinggabanyak peminatnya apa lagi di negara yang mayoritas islam seperti Indonesia.b)Latar yang diceritakan membuat pembaca merasa masuk ke dalam cerita karena dijelaskan secara rinci.c) Gaya penulisan sangat diminati. Selain kelebihan novelbulan terbelah dilangit Amerika juga memiliki kelemahan yaitu a) Tidak sertamerta buku ini diterima pembaca yang memiliki keyakinan berbeda. b) Beberapamenggunakan bahasa asing bagi yang tak paham akan merasa kebingungan. c) Kurangterlalu apik saat mencerirakan bahwa ternyata simbol-simbol dan ruh islamterpampang jelas di Supreme Court Alias Mahkamah Agung Amerika
KAMU SEDANG MEMBACA
opini sastra Novel,Cerpen dan puisi
Romanceberisi sebuah gagasan atau pemikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan tertentu terhadap suatu hasil karya sastra. opini sastra novel yang pertama berjudul Perahu Kertas karya Dewi Lestari . Perahu Kertas adalah sebuah novel romansa re...