Di tgl 11 oktober 2022.
'Assalamualaikum ada yang sedang cari kerja? Posisi admin.'
Pesan singkat dari salah satu manager magang online ku waktu itu.
Oiya aku sampai lupa untuk cerita kenapa aku bisa magang online di perusahaan daerah ibu kota.
Awalnya aku di tawarkan wali kelas ku waktu kelas 3 SMK. Aku di tawarkan untuk kerja disana posisi sebagai admin accounting. Walaupun ini magang namun ini bisa jadi pengalaman ku di dunia kerja.
Singkat cerita nya aku siap sedia untuk magang di perusahaan itu, karna masih sekolah jadi aku dan 5 teman ku magang online. Kebanyakan yang ikut magang online ini teman sekelas ku, jadi aku ga begitu canggung kerjanya. 3 minggu aku menjalankan magang ini lumayan dapat gaji dan nilai plus serta pengalaman. Alhamdulillah sedikit bisa membantu perekonomian keluarga ku.
Lanjut...
'Waalaikumsalam bu saya siap'
Dengan cepat aku balas pesan itu. Dan ternyata loker itu jauh dari tempat tinggal ku. Di Tanggerang Selatan-BSD.
'saya butuh senin ini, akan di kontrak 3 bulan dulu jika bagus akan di perpanjang dan ini bagus kesempatan untuk berkarir buat kalian yang new comer di accounting , saya yang akan coach langsung, tempat di Tanggerang.' balasan dari manager itu.
Kaget dan aku langsung diam bisu.
"Jauh banget dong ternyata di Tanggerang. Boleh ga ya? Ini kesempatan sii kapan lagi aku keterima kerja, aku takutnya masih lama keterima kerja. Tapi aku coba dulu aja deh minta izin mamah bapa, sapa tau bisa ya kan?" ucapku sambil terus memegang handphone ditangan kiri ku.
Disaat mamah ku pulang kerja aku bergegas bilang loker itu.
"Mah, aku dapet loker dari manager aku dulu waktu magang online" ucapku sambil nahan takut.
"Dimana?" jawab mamahku.
"Di Tanggerang" ucapku sambil tersenyum lebar.
"Aduh jauh, nanti disana sama siapa? Nge kost atuh?"
"Iya ngekost lah masa bulak balik" bantahanku.
"Sama siapa disana?"
"Sama ada temen kelas yang sama siap juga"
"Di izinin buat kerja disana gitu temen kamu" mamahku mulai gelisah.
"Belum tau juga"
"Gamau ahh, mamah ga ngizinin kamu. Tanggerang keras, jauh juga. Mamah gamau jauh dari kamu. Coba tanya bapa kalo di izinin terserah kamu, tapi mamah belum bisa jauh dari kamu." jawaban mamahku membuat aku bingung harus apa.
"Tapi di jamin, kost-an di bantuin cari, pokonya tinggal kerja aja. 3 bulan dulu kalo bagus di perpanjang." aku meyakinkan mamahku
"Mamah belum siap kamu jauh-jauh. Kamu perempuan, disini juga banyak perusahaan. Kamu anak pertama, tempat curhat mamah, kalo kamu pergi kesana mamah sama siapa" ucapku mamah ku dan seketika menangis.
Aku pun ikut menangis karna melihat mamah mulai tersedu-sedu menangis.
"Ini kesempatan mah, kapan lagi bisa dapet kerja"
"Disini banyak, ngapain harus jauh-jauh. Sabar nanti juga dapet disini yang deket. Intinya mamah belum bisa ngelepas kamu buat ngerantau."
Skakmattt...
Dalam hati "iya juga kalo aku pergi tega banget ya ninggalin mamah sendiri. Mana adik-adik aku masih kecil, kalo mamah bapa kerja jauh mereka siapa yang urus"
Bingung juga tapi ini kesempatan ku. Aku ingin kerja disana siapa tau aku bisa sukses disana.
"Tolong aku harus apa" dalam hatiku sambil terus menangis dan mamah terus bilang kalo dia belum siap untuk itu semua.
Pecah air mataku ketika mamah terus menangis tak berhenti saat aku memaksa dan meyakinkan nya agar bisa mengizinkan ku.
Malam nya mamah ngobrol dengan bapa. Menceritakan semua nya untuk merantau.
"Sif, kamu yakin mau kerja jauh disana" ucap bapa dengan pelan.
"Sif yakin pak, kapan lagi sif bisa kerja jauh. Siapa tau bisa sukses disana" jawabku sambil terus menunduk.
"Coba kamu sholat malem dulu, minta yang baik sama Allah. Jujur bapa belum ngizinin kamu, tapi kalo emang Allah ngasih itu, bapa bisa apa. Silahkan" kata bapa dengan tegas.
Aku hanya terdiam dan melakukan semua perintah bapa. Aku banyak berdoa dan sholat malam.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hidup di perantauan
Short StorySepenggal kisah nya ada disini, selama menjadi anak rantau di usiaku yang masih cukup muda. Hanya ini yang bisa aku ceritakan.