Materi Kepenulisan 1

9 5 0
                                    

🧚🏻‍♀: Halloo guyss.. saya bela akan membawa materi kepelulisan tentang "LANGKAH-LANGKAH AWAL PENULIS SEBUAH CERITA" simak baik-baik yaa!

4 Mei 2023

***

°🧚🏻‍♀..Ada yang pernah mendengar yang namanya ide? Traveling? Stuck? Belajar? Dan apresiasi?

Pasti pernah. Dimana pun pasti pernah dengar yang saya sebutkan atau mungkin pernah kalian rasakan.

°🧚🏻‍♀..Ide? Ide perlu kita tunggu, tunggu aja pasti ide akan datang. Biarkan ide yang menghampiri kita, kita bisa saja yang mencari ide untuk di jadikan tambahan dalam tulisan karya kita.

Ide itu sebenarnya mudah untuk di cari, apa lagi kita benar-benar menghayati keberadaan nya saja. Ide ini berhubungan erat dengan yang namanya *TRAVELING*

Kenapa?

°🧚🏻‍♀...Apa hubungannya?

Okay next.

Dengan traveling kita pasti memiliki sebuah cuitan yang tiba-tiba masuk ke otak.

"Ah ide harus buat ini di cerita aku."

Atau mungkin begini

"Ide nya aku dapat. Di cerita aku harus ada apa yang aku pikirkan."

Selain berguna untuk mencari ide, traveling juga bagus untuk kesehatan mental kita yang mungkin tertekan dengan dunia sekolah, percintaan, atau keluarga?

°🧚🏻‍♀..Lalu apa juga hubungan traveling dengan stuck? Apa itu stuck?

Stuck atau biasa di sebut dengan WB (Writer Block) di mana penulis mengalami kebuntuan dalam menuangkan ide nya sendiri.

Okay, kata-kata sudah ada, tapi susah untuk di rangkai menjadi lebih baik atau menjadi sebuah kalimat.

Stuck ini bisa di alami oleh siapa saja. Stuck juga bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Hingga menyebabkan terjadinya terbengkalai sebuah karya tulis.

Paham kan tentang writer block atau WB (stuck)


°🧚🏻‍♀..Nanti ide tersebut kalian bisa rangkai menjadi sebuah kalimat di narasi. Asalkan tidak bertele-tele, monoton, tidak bosan di baca dan bahasanya mudah dipahami ya..

Sebenarnya jadi penulis itu tidak susah-susah banget, asalkan ada niat, minat, tekad pasti mudah mencapai apa yang kalian inginkan.

Ingin menerbitkan buku? Harus ada niat.

Ingin karya tulisnya di baca orang? Harus tekad/banyak-banyak promosi.

Ingin karya tulis di pinang penerbit? Harus ada percaya diri.

Belajar? Kita perlu belajar kah walaupun sudah senior?

°🧚🏻‍♀..Kalau tidak belajar. Mau jadi apa kita? Gelandang? Ya pastinya kita sebagai anak remaja ingin masa depan yang cerah bagaikan lampu rumah yang 5 Watt itu.

Kalau kalian belajar, siapa yang akan membawa masa depan? Siapa yang bawa bangga? Siapa yang bawa diri kalian menjadi tinggi?

Biarkan orang lain menghina dan lain sebagainnya, kita cuma fokus pada tujuan bukan pada mulut lemes mereka yang tidak berkaca diri.

°🧚🏻‍♀..Oh ya. Tentang apresiasi? Kalian harus beri semangat pada diri kalian sendiri.

"Aku pasti bisa menerbitkan buku. Aku pasti bisa kayak penulis favorit kalian. Aku pasti bisa buat cerita aku menjadi layak di baca. Aku pasti bisa cerita aku di filmkan."

Dukung diri kalian ya. Jangan lembek.

Jadi. Apabila kalian sudah ada ide yang tiba-tiba masuk, entah kalian lagi jalan-jalan ke mana gitu, hangout bareng BESTIE mungkin.

Kita harus menyiapkan sebuah bahan atau alat tulis untuk mencatat ide tersebut.

Kenapa harus di catat? *KARENA IDE ITU BAGAIKAN JELANGKUNG. DATANG TAK DI UNDANG, PERGI TAK DI ANTAR.*

*Alat-alat yang bisa di gunakan*

1. Kertas + bolpoin
2. Catatan keep
3. Word / wps

°🧚🏻‍♀..PERSIAPKAN BEBERAPA HAL BERIKUT!!

▶️ Bahan Sebelum Menulis : Ini penting, kalau enggak ada bahan sebelum menulis, apa yang kalian tulis di cerita itu? Enggak sedikit banyak yang ngeluh karena susah menuangkan kalimat pertama lho, bahkan ada yang membatalkan niat nulis.

A. Menentukan Ide : Setiap orang punya cara sendiri mendapatkan ide. Ide datangnya cepat, pergi pun cepat kayak jelangkung. Jadi jangan di abaikan, nanti bisa di susun dan jadikan satuan cerita.

2. Menentukan Kerangka Tulisan : Kerangka fungsinya mengarahkan penulis biar fokus ke cerita itu, enggak melenceng ke sana ke sini.

3. Menyiapkan Bahan : Bahan ini seperti persiapan tokoh, watak, sifat, suasana setting dan lainnya.

*LANGKAH-LANGKAH MENULIS :*

➡️ Tentukan apa yang pengen kamu tulis.
➡️ Latihan menulis sebelum itu.
➡️ Nikmati proses menulis dengan senang.
➡️ Bereksperimen sebelum menulis.
➡️ Riset lebih dahulu karena itu penting.
➡️ Minta teman kalian untuk baca tulisan mu dan mintai saran lebih dulu sebelum publish.
➡️Cari mentor dalam menulis atau kelas penulisan lengkap.
➡️ Jangan menyerah sebelum mencoba.
➡️ Review tentunya.
➡️ Publish setelah semuanya yakin.

🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀🧚🏻‍♀

..Oke, sekian terimakasih dari saya, maaf jika ada kesalahan/typo dalam materinya.

Materi Kepenulisan Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang