Octagon 3 - 157 : Sejarah

225 35 54
                                    

Sengaja, memisahkan diri, Hongjoong langsung mencapai kamarnya di bawah, sembari membawa jaket dan segelas alkohol untuk menemani bersama. Meninggalkan jelasnya Yunho, Juyeon dan Hyunjae, yang masih bersama di area luar dari rumah santai, di jembatan tepatnya.

Segera Hongjoong menaruh jaket di atas kasur, sembari langsung meraih MacBook di atas mejanya—masih dengan satu tangan memegang gelasnya. Hongjoong langsung menyalakannya, sesegera mungkin, dan kemudian merogoh flashdisk di dalam jaket tersebut, tepat saat ia duduk di kasur, secara bersila dan memangku laptopnya.

Satu tangannya masih memegang gelas, satu tangannya yang lain mulai memasukkan flashdisk kecil berwarna hitam tersebut ke dalam lubang USB agar dapat terbaca.

Ada beberapa detik, laptopnya membutuhkan waktu untuk membaca. Seolah berat; tak biasanya seperti ini.

Sambil menyesap gelasnya, Hongjoong pun mulai membuka drive untuk disk-nya, menekan pada satu-satunya folder, dan kemudian mendapati apa saja yang terdapat di dalamnya.

Potongan-potongan dokumen, berbentuk gambar dalam format HEIF terdapat di sana. Dokumen; tampak seperti dokumen rahasia, dengan beragam tajuk di dalamnya.

Hongjoong menekan dari yang paling ujung.

Pieterszoon van Gernandt: Saudagar Belanda Pendiri Batavia

Oke... van Gernandt...

Hongjoong mengingatnya, samar. Sejarah bukan pelajaran favoritnya dan kebetulan, di sekolahnya tak ada pelajaran sejarah. Hongjoong hanga bertemu saat SD dan SMP, walau begitu, mengingat SD-nya juga tak sepenuhnya di Khatulistiwa, jadi Hongjoong tak tahu banyak.

Lagipula... ini terlalu jauh? Berapa ratus tahun lalu? Lebih dari seratus lima puluh? Atau dua ratus? Entah.

Pieterszoon van Gernandt: Penjahat Perang atau Pendiri Batavia?

Pieterszoon van Gernandt; "Pahlawan Nasional" yang Ditolak Bangsanya Sendiri

Lang Genocide: The Son of Pieterszoon van Gernandt Committed Mass Murder

Sentralisme Kekuasaan Pemerintah Raffles van Gernandt

Raffles van Gernandt, Pelopor Kekejaman Masa Penjajahan

Hongjoong membacanya, semua, satu per satu, dengan inti di dalam catatannya. Untuk mencerahkannya mengenai; siapa sang Ibu sebenarnya.

Ini... yang ingin Woobin tunjukkan...?

Mungkinkah memang... kedua orang tuanya tak berniat memberitahunya?

Genosida Sepanjang Teluk Vaste Barat sampai Timur

Willem Cornelis van Gernandt, Penyebab Penjajahan Khatulistiwa Berjalan Panjang

Kerja Rodi Belanda: Sang Perealisasi, Willem Cornelis van Gernandt

Pieter Brune van Gernandt; Pencetus Perbudakan Masa Penjajahan

Hancurnya Vaste Barat dan Vaste Timur; Mengapa Vaste Tengah tak Tersentuh?

Vaste Tengah tak tersentuh?

✔️ OCTAGON 3: THE INNER CIRCLE PT. 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang